8 Tips Membuat Instagram Bisnis Menarik untuk Bisnis Anda

8 Tips Membuat Instagram Bisnis Menarik untuk Bisnis Anda

Menjual suatu produk atau mempromosikan sebuah brand secara online sekarang ini jauh lebih mudah dan efektif hanya dengan memanfaatkan akun Instagram bisnis. Berbeda dengan akun Instagram pribadi, akun Instagram bisnis memiliki sejumlah fitur pendukung yang dapat Anda optimalkan untuk mendongkrak bisnis Anda. Selain bantuan penggunaan fitur khusus ini, Anda juga wajib membuat Instagram bisnis menarik. Seperti apa cara menggunakan instagram bisnis agar akun Instagram bisnis Anda tampil lebih menarik di mata audiens? Berikut informasinya. 

Tips Membuat Instagram Bisnis Menarik

Menentukan Target Audiens

Tips Membuat Instagram Bisnis Menarik
istockphoto

Hal pertama yang wajib Anda lakukan sebelum memulai ‘memoles’ feeds Instagram agar Instagram Anda dapat tampil menarik adalah menentukan target audiens. Anda harus mengetahui siapa saja yang akan menjadi target audiens sebelum Anda mengunggah postingan plus membuat Instagram bisnis menarik. 

Apa sih signifikansi dari menentukan target audiens? Target audiens ini penting agar Anda mengetahui target audiens mana saja yang akan Anda tuju. Jadi tak hanya memiliki konten yang eye-catching, akan tetapi juga jelas kalangan audiens yang akan menjadi target Anda. 

Lakukan riset untuk mendapatkan audiens yang tepat. Biasanya hal ini dapat dilakukan dengan menyesuaikan bidang bisnis atau produk yang akan Anda promosikan. Sebagai contoh, Anda saat ini sedang merintis bisnis makeup untuk kalangan remaja. 

Agar relevan dengan produk yang dijual, target audiens yang paling tepat adalah audiens dengan rentang usia 16-20 tahun, pelajar atau mahasiswa, mempunyai keterkaitan dengan makeup yang ramah dengan kulit remaja.

Atau Anda bisa mengecek kompetitor Anda yang mempunyai kriteria produk yang sama. Jadikan konten dan target audiens kompetitor sebagai inspirasi Anda. Tak hanya itu, terkait dengan membuat Instagram bisnis menarik, Anda boleh mengadopsi cara kompetitor menyajikan konten, membangun engagement, dan bagaimana cara mereka memperkuat branding. 

Optimalkan Profil Akun Instagram Bisnis

Cara membuat Instagram bisnis menarik yang kedua adalah dengan cara mengoptimalkan profil Instagram bisnis. Anda para pengguna Instagram bisnis tentunya tahu bahwa bagian bio pada profil Instagram bisnis hanya bisa diisi maksimal 150 karakter saja. Oleh karenanya, Anda harus pintar mengoptimalkan space yang ada untuk memperkenalkan sekaligus mempromosikan brand atau produk Anda ke para audiens. 

Baca juga: Cara Membuat Instagram Bisnis

Tips yang satu ini memang tricky. Akan tetapi tidak ada salahnya Anda untuk mengaplikasikan cara ini. Tujuannya jelas agar para audiens penasaran dengan brand atau produk. Beruntung jika para audiens ini ingin lebih tahu lagi soal produk atau brand Anda. 

Bio pada akun Instagram bisnis Anda bisa ditambahkan dengan deskripsi, keunggulan, tawaran promo atau diskon yang akan menarik para audiens yang mengakses akun Instagram bisnis Anda. Alternatif lainnya untuk ditambahkan pada bio akun Instagram Anda adalah dengan menggunakan hashtag. 

Hashtag ini sangat efektif untuk menarik banyak user-generated content sekaligus melacak sejauh mana produk atau brand milik Anda di mata para audiens. 

Mengatur Jadwal Unggahan

Menurut sebuah riset, ada waktu ideal untuk mengunggah konten, baik konten yang berupa foto maupun video. Waktu ideal untuk memposting sebuah konten adalah sekitar jam 9 pagi sampai jam 11 siang. Meski begitu, jangan lantas menjadikan waktu-waktu ini menjadi patokan Anda. Mengapa? 

Alasannya adalah tidak semua jenis bidang bisnis memiliki target audiens yang sama. Begitu juga dengan treatment yang akan Anda implementasikan untuk membuat Instagram bisnis menarik.

Agar Anda tahu waktu yang paling tepat untuk mengunggah foto atau video adalah dengan sering melakukan uji-coba hingga berkali-kali. Lalu, Anda dapat menganalisa hasilnya melalui Fitur Insight yang ada pada Instagram bisnis.

Dari fitur ini Anda akan mengetahui kapan audiens sedang dalam mode online; apakah tergolong ramai atau tidak. Nah, setelah mengetahui tren waktu yang tepat untuk mengunggah postingan, langkah selanjutnya adalah dengan membuat atau menyusun jadwal posting.

Nah, saat akan mulai menyusun jadwal posting, Anda dapat memanfaatkan tools. Fitur tools ini akan membantu Anda untuk mengunggah konten Anda. Adapun beberapa tools yang biasa digunakan untuk mengunggah posting adalah ScheduGram, Hootsuite, ViralTag, dan Later. 

Mulai Buat Konten Menarik

Sebagai platform bisnis online yang mengandalkan konten visual, sangat penting rasanya untuk menyiapkan berbagai konten yang sangat menarik dengan tujuan untuk memikat hati audiens. Buatlah kesan yang mendeskripsikan keunggulan dan persona brand, produk, atau bisnis.

Selain itu, postingan yang akan diunggah tidak harus selalu berisi promosi brand atau produk Anda. Ada banyak variasi konten yang bisa Anda unggah agar membuat Instagram bisnis menarik, terutama untuk menarik para audiens. Berikut beberapa referensi variasi konten yang bisa Anda jadikan sebagai konten alternatif. 

Repost Foto Audiens

Salah satu trik untuk membuat Instagram bisnis menarik dari segi konten adalah dengan me-repost audiens. Ide postingan ini menandakan bahwa Anda sangat peduli dan mengapresiasi audiens Anda. Postingan semacam ini berpotensi untuk dipromosikan balik oleh para audiens Anda. Cara ini sangat efektif untuk membangun sebuah engagement sekaligus untuk menambah jumlah followers. 

Oh iya, ngomongin soal menambah followers, memang ada cukup banyak trik cara meningkatkan jumlah followers Instagram bisnis Anda. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa followers. 

Para penyedia jasa beli followers biasanya menawarkan banyak pilihan paket. Semakin tinggi harga suatu paket, biasanya jumlah followers yang ditawarkan juga akan semakin banyak; bisa mencapai ratusan jumlah followers.

Membuat IGTV atau Video

IGTV

Ide konten lainnya yang bisa Anda coba unggah adalah berupa IGTV atau video yang berisi konten informatif yang ujung-ujungnya memperkenalkan dan mempromosikan produk atau brand Anda. Berbeda dengan fitur video sebelumnya yang durasinya hanya dibatasi 1 menit saja, tidak dengan fitur IGTV atau video yang satu ini. Durasinya bisa mencapai 1 jam. Tentu fitur video baru ini sangat efektif dan sangat membantu Anda untuk dapat lebih bebas mengeksplorasi konten video Anda. 

Ide-ide video atau IGTV yang bisa Anda jadikan referensi antara lain video endorsement, tutorial, BTS, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Keuntungan Instagram Bisnis

Giveaway & Promosi & Diskon

Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa konten Instagram bisnis Anda tak melulu harus berupa konten produk atau brand Anda. Unggah sebuah konten yang kiranya dapat membuat audiens terkesan dan senang. Salah satunya adalah dengan memberi diskon, promo, atau giveaway. Trik ini cukup efektif untuk membuat Instagram bisnis menarik

Instagram Stories

Instagram Stories

Dilansir dari Niagahoster, ada sekitar 39% audiens Instagram bisnis menyukai fitur Instagram stories. Oleh karenanya Anda harus memanfaatkan fitur ini sebagai media untuk membuat Instagram bisnis menarik. Anda bisa bagikan Instagram stories Anda dengan konten secara live dengan durasi maksimal 24 jam. 

Ada banyak opsi konten yang bisa Anda bagikan via Instagram Stories. Misal konten tentang testimoni brand atau produk, promosi produk terbaru, video BTS, diskon, promo, giveaway, FAQs, CTA (call to action), dan video tutorial. 

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.