6 Keuntungan Instagram Bisnis, Wajib Simak!

6 Keuntungan Instagram Bisnis, Wajib Simak!

Siapa yang tak familiar dengan Instagram. Media sosial yang satu ini merupakan salah satu media sosial paling banyak penggunanya. Ada ratusan juta akun Instagram yang terhitung dari awal perilisan hingga saat ini. Baru-baru Instagram telah memperbaharui beberapa fitur agar semakin mempermudah para penggunanya untuk menjual produk atau brand mereka melalui Instagram bisnis. Tentu ada banyak keuntungan Instagram bisnis lainnya yang mungkin belum diketahui oleh Anda. Kira-kira apa saja keuntungannya? Simak informasinya berikut ini. 

6 Keuntungan Instagram Bisnis

Memudahkan Promosi

6 Keuntungan Instagram Bisnis
Gambar oleh Dean Moriarty dari Pixabay

Keuntungan Instagram bisnis yang pertama adalah memudahkan promosi brand atau produk yang tengah kita usung. Bukan rahasia lagi bahwa penggunaan media sosial, terutama Instagram, sebagai media promosi suatu brand atau produk sudah menjadi hal biasa. Jutaan pebisnis telah melakukannya.

Ada sebuah trik yang sangat recommended untuk dicoba. Trik-nya adalah menjalin kerjasama dengan pihak Instagram untuk mempromosikan produk atau brand Anda. Memang untuk menjalankan trik ini Anda perlu mengeluarkan biaya. Akan tetapi, dampak positif yang akan Anda terima nantinya akan segera terlihat. Dengan layanan iklan dari Instagram, jangkauan promosi untuk produk atau brand Anda akan semakin luas. 

Langkah utama yang harus Anda lakukan untuk menggunakan layanan iklan dari Instagram adalah mempersiapkan konten (foto atau video) untuk dijadikan iklan. Lalu, tentukan audiens yang dapat mengakeses iklan produk atau brand milik Anda. Nah, ketika bisnis yang Anda geluti ini sudah mulai berkembang, jangan lupa sisihkan budget untuk mengupgrade iklan produk atau brand Anda.

Praktis dengan Adanya Fitur Insight 

Fitur Insight
sproutsocial.com

Tak seperti akun Instagram pribadi, Instagram bisnis telah dilengkapi dengan fitur-fitur pendukung. Salah satunya adalah fitur Insight atau dalam bahasa indonesia diartikan sebagai wawasan. Fitur yang satu ini sangat berguna bagi Anda yang ingin memantau perkembangan bisnis Anda melalui data statistik yang ada. 

Fitur Insight ini dapat menampilkan data statistik jumlah followers, jumlah tayangan, kiriman, jumlah total klik surel, jumlah klik situs, jumlah klik telepon, level jangkauan profil, dan impresi profil. Menariknya lagi, Anda juga dapat mengakses audiens siapa saja yang telah melihat profil Instagram bisnis Anda berdasarkan gender, usia, dan lokasi. Ini adalah keuntungan Instagram bisnis yang kedua.

Baca juga: konten Instagram Bisnis 

Jangkauan Luas

6 Keuntungan Instagram Bisnis
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Keuntungan Instagram bisnis yang ketiga adalah Anda memiliki jangkauan pasar yang jauh lebih luas. Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan akun Instagram bisnis sebagai media promosi, audiens akan cenderung tertarik untuk mengakses Instagram bisnis Anda. Alasannya, dengan menggunakan akun Instagram bisnis, Anda akan terlihat profesional dan meyakinkan. 

Akan jauh lebih baik lagi jika Anda sambungkan akun Instagram bisnis Anda dengan akun Facebook. Tujuannya adalah agar jangkauan pasar Anda semakin luas. Potensi akan respon terhadap konten dan potensi akan interaksi juga akan semakin besar. 

Optimalkan fitur kategori bisnis pada bagian profil pada akun Instagram bisnis Anda. Fitur kategori ini akan membantu akun Instagram Anda terlihat profesional. Anda bebas memilih kategori bisnis yang ada pada bagian bawah profil. Pilihlah kategori bisnis sesuai dengan bidang bisnis yang sedang Anda tekuni. Adapun pilihan kategori pada sebuah akun Instagram bisnis antara lain merk dan produk, buku dan majalah, organisasi dan perusahaan, musik, bisnis lokal, olahraga, film, televisi, profesi, blog, dan situs. 

Fitur Alamat dan Kontak 

Perbedaan lainnya antara akun Instagram pribadi dan akun Instagram bisnis adalah adanya fitur kontak dan alamat. Fitur ini menjadi bagian dari konten profil. Cara menambahkan alamat dan kontak pada profil sangatlah mudah. Cukup klik pengaturan akun lalu pilih kolom alamat dan kontak. 

Alamat yang sudah Anda tambahkan pada profil akun Instagram bisnis Anda akan secara otomatis dapat dideteksi oleh para audiens. Dengan demikian, audiens yang tertarik dengan brand atau produk Anda akan jauh lebih mudah untuk mencari lokasi bisnis Anda. 

Ada juga sebuah akses yang dinamakan tombol tindakan yang dapat menghubungkan akun Instagram bisnis Anda dengan layanan online yang Anda miliki. Misal internet banking, mobile banking, e-money, dan lain sebagainya. 

Mampu Ketahui Waktu yang Tepat untuk Posting

mobile 2598295 1920

Keuntungan Instagram bisnis yang kelima adalah Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah sebuah konten. Mengetahui timing yang tepat untuk memposting suatu konten menjadi hal yang penting dan wajib dipikirkan matang-matang. Dengan memilih timing yang tepat, potensi konten untuk dilihat oleh audiens menjadi lebih besar. Instagram bisnis cukup membantu Anda kapan sebaiknya Anda mulai mengunggah konten baru saat sebagian besar audiens dalam kondisi online.

Dengan memanfaatkan fitur Insight, Anda dapat dengan mudah mengecek data statistik jam dan hari yang paling optimal untuk mengunggah sebuah konten. Dengan patokan data ini, konten yang baru saja Anda unggah kemungkinan besar akan mendapat respon dengan jumlah yang banyak. Atau minimal akan ada banyak audiens yang mengakses konten Instagram Anda. 

Keuntungan Instagram bisnis yang ada kaitannya dengan penggunaan Fitur Insight juga dapat terlihat dari mudahnya Anda dalam mengenali dan menganalisa data para followers melalui profile mereka. Tak hanya itu, Fitur Insight juga mampu mengoptimalkan Anda dalam memenej konten.

Tambah Followers

Keuntungan Instagram bisnis yang terakhir dan yang paling signifikan hasilnya adalah bahwa akun Instagram bisnis mampu menjadi cara menaikkan jumlah followers instagram bisnis. Meski kini telah banyak penyedia jasa followers, sah-sah saja jika Anda mencoba trik yang satu ini: lengkapi bio dengan mencari contoh bio instagram bisnis yang menarik, profil, dan gunakan fitur Insight.

Apabila Anda telah mengaplikasikan tiga kunci di atas, namun hasilnya masih kurang optimal, Anda bisa coba manfaatkan jasa beli followers yang saat ini begitu marak. Pastikan Anda memilih jasa beli followers yang terbaik dan terpercaya agar hasilnya pun tak mengecewakan. 

Jasa beli follower biasanya akan menawarkan aneka pilihan paket dengan harga yang bervariasi. Semakin tinggi harga yang dibandrol, artinya semakin banyak jumlah followers yang dapat Anda beli. Alhasil, Instagram bisnis milik Anda pun akan tampak kredibel di mata audiens.

Baca juga: Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis

Mengapa jumlah followers itu penting? Karena jumlah followers pada sebuah akun Instagram bisnis akan menentukan kualitas dan kredibilitas bisnis yang ada pada akun tersebut. 

Demikian pembahasan singkat mengenai beberapa keuntungan Instagram bisnis di era serba online ini. Rupanya hanya melalui media sosial Instagram bisnis, suatu bisnis kecil memiliki kesempatan untuk berkembang menjadi bisnis besar hanya dengan memenej isi dari Instagram bisnis. 

Selain memenej konten yang akan diunggah ataupun konten yang telah ada, Anda juga dapat mengoptimalkan peran akun Instagram bisnis Anda dengan cara memanfaatkan semua fitur pendukung Instagram bisnis. Anda bisa cek langsung fitur apa saja yang dapat Anda manfaatkan untuk mengoptimalkan peranan Instagra bisnis untuk bisnis impian Anda. Selamat mencoba.

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.