Sampai Beli, Apakah Followers itu Penting?

Sampai Beli, Apakah Followers itu Penting?

Mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Instagram bisnis berbeda dengan Instagram pribadi. Keduanya sungguh berbeda. Perbedaan nampak pada fitur-fitur yang bisa dimanfaatkan sebagai fitur pendukung bisnis penggunanya. Bagaimana dengan followers, apakah followers itu penting? Sama seperti media sosial lainnya, Instagram menjadikan jumlah followers sebagai salah satu unsur penting agar akun Instagram bisnis yang Anda kelola tetap eksis di dunia maya. 

Lantas, seberapa pentingkah followers bagi pelaku bisnis yang memanfaatkan akun Instagram bisnis sebagai media digital marketingnya hingga banyak pelaku usaha yang memanfaatkan jasa followers untuk mendongkrak jumlah followers-nya? Berikut beberapa alasannya.

Apakah Followers itu Penting?

vApakah Followers itu Penting?

Mendongkrak Kepercayaan para Konsumen

Apakah followers itu penting? Pertanyaan ini kerap memenuhi pikiran banyak orang, terutama mereka yang penasaran akan peranan followers pada sebuah akun Instagram bisnis. Jelas jumlah followers pada akun Instagram bisnis memiliki peran yang sangat penting. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapat dari banyaknya followers yang mengikuti akun Instagram bisnis Anda. 

Para audiens umumnya akan lebih percaya pada akun Instagram bisnis yang memiliki jumlah followers banyak. Jumlah followers ini dapat menjadi sebuah indikator bahwa online shop atau bisnis lainnya yang memanfaatkan akun Instagram bisnis sebagai media promosi agar rate penjualan dapat meningkat. Semakin banyak jumlah followers pada sebuah akun Instagram bisnis, online shop yang Anda kelola semakin terpercaya. 

Berpeluang Menjadi Influencer

Memiliki jumlah followers banyak rupanya juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk menjadi seorang influencer. Hal ini mau tak mau harus menuntut Anda untuk terus kreatif dan inovatif agar kualitas diri Anda berkembang dan lebih baik. 

Sebagai influencer tentu Anda harus rutin membuat konten yang menginspirasi para followers Anda. Apalagi jika Anda memiliki suatu bisnis. Manfaatkan bisnis Anda ini untuk memberi pengaruh dan inspirasi pada para followers Anda, terutama melalui produk atau brand yang Anda kelola.

Apakah followers itu penting dalam hal ini? Tentu saja. Followers Anda dapat dijadikan sebagai target bisnis Anda. Demikian juga dengan para followers Anda yang secara berkala bisa mendapatkan banyak manfaat dari inspirasi yang telah Anda telurkan. Dengan kata lain, Anda dan followers Anda adalah pihak yang saling diuntungkan. 

Jangan lupa untuk membagun interaksi dengan para followers Anda melalui konten, simbol love, dan kolom komentar yang tersedia di akun Instagram bisnis. Ajak para followers Anda ini untuk berpendapat mengenai berbagai unggahan yang telah berhasil diposting. 

Baca juga: Tips Membuat Instagram Bisnis

Untuk menjaga kepercayaan para followers Anda, ajak para followers Anda ini untuk mengomentari postingan yang ada di akun Instagram bisnis Anda. Jangan lupa untuk mencari kebutuhan mereka. Beri informasi yang kiranya dapat menjawab kebutuhan dan permasalahan mereka.

Mendapat Banyak Klien

Jawaban lain dari apakah followers itu penting lainnya adalah tentu dengan banyaknya followers yang mengikuti akun Instagram bisnis Anda, jelas dapat meningkatkan peluang untuk menambah klien bisnis Anda. Hal ini masih ada kaitannya dengan pentingnya kepercayaan yang melekat pada diri para followers Anda.

Bagi mereka yang bukan followers Anda, hal pertama yang akan mereka pertimbangkan untuk mengakses Instagram bisnis Anda adalah alasan mengapa jumlah followers Anda terhitung banyak. Kira-kira hal apa yang membuat jumlah followers Anda terus meningkat.

Memang ada banyak penyebab seseorang memutuskan menjadi follower sebuah akun Instagram bisnis. Salah satunya adalah tampilan profil dan bio Instagram bisnis yang menarik dan sangat relevan dengan produk, jasa, atau brand yang sedang dipromosikan. 

Profil dan bio yang berkualitas akan cenderung lebih mudah untuk menarik minat banyak audiens. Bahkan bisa saja audiens ini akan rela menjadi followers untuk dapat terus update akan konten-konten yang dibagikan pada akun Instagram bisnis yang baru mereka ikuti. Jangan lupa untuk mengintegrasikan Instagram bisnis Anda dengan akun Facebook Page Anda. Tujuanya jelas: untuk memperluas jangkauan audiens. 

Traffic Mudah Meningkat

Apakah followers itu penting? Sangat penting. Followers pada sebuah akun Instagram bisnis juga dapat berpengaruh pada traffic atau kunjungan audiens di media sosial Instagram bisnis Anda itulah banyak orang mencari cara untuk menaikkan jumlah followers instagram bisnis mereka. Traffic perlu menjadi perhatian Anda terlebih jika Anda melihat ada peluang besar untuk memperluas pangsa pasar dan target audiens di akun Instagram bisnis Anda.

Anda sudah pasti membutuhkan traffic yang tinggi untuk memunculkan peluang ini. Kami beri contoh berikut: Anda memiliki website sebuah toko online. Anda kemudian memerlukan ‘trigger’ agar banyak orang berminat untuk mengunjungi website Anda. 

Nah, media Instagram bisnis ini adalah media yang kuat untuk memancing audiens agar bersedia mengakses website toko online Anda. Dengan melalui Instagram bisnis Anda ini, akan muncul peluang untuk terjadi kunjungan bahkan transaksi di website toko online Anda. Atau minimal para pengunjung Anda ini membaca konten marketing yang sudah Anda buat dan Anda posting sebelumnya di halaman website toko online Anda. 

Baca juga: Cara Membuat Instagram Bisnis

Hanya dengan bermodalkan followers dari akun Instagram bisnis, artinya Anda kini telah mendapatkan traffic organic tanpa harus beriklan. Tentu saja ini akan sangat membantu Anda untuk berhemat, terutama hemat terkait dengan pengeluaran marketing. 

Di era serba digital ini, kini ada banyak cara untuk mendapatkan banyak followers yang bisa Anda manfaatkan. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan jasa beli followers yang sedang marak saat ini. Harga per paket-nya tak begitu mahal. Namun dampaknya sangat masif untuk meningkatkan traffic dan rate penjualan.

Mempercepat Konversi Rate Penjualan

Apakah followers itu penting juga bisa dibuktikan dari hal konversi penjualan. Ketika suatu akun Instagram bisnis dengan jumlah followers banyak akan secara otomatis menaikkan konversi penjualan. Apalagi jika traffic yang Anda punya sudah dalam tahap konsiderasi. Anda tentunya akan jauh lebih mudah untuk mengarahkan para followers Anda ini ke tahap pembelian alias transaksi. Perulangan pembelian juga dapat terjadi. Tak hanya oleh satu follower saja; bisa saja lebih dari satu follower.

Tahap ini menandakan bahwa Anda telah mendapat kepercayaan dari followers Anda. Dengan modal kepercayaan dan jumlah followers yang banyak, rasanya akan cukup mudah bagi Anda untuk mendapatkan banyak konsumen. Brand yang Anda usung pun akan terus berkembang dari masa ke masa. Tiap masa Anda juga akan berpotensi mendapatkan followers baru yang siap Anda jadikan sebagai targeted audience selanjutnya.

Demikian lima jawaban paling relevan dari pertanyaan apakah followers itu penting bagi sebuah bisnis. Faktanya memang berkata demikian; ada begitu banyak keuntungan yang dapat Anda peroleh dengan modal jumlah followers banyak.

Mengetahui signifikansi followers pada sebuah bisnis, tak perlu ragu lagi untuk manfaatkan akun bisnis Instagram guna dapatkan kesuksesan melalui bisnis impian Anda. Catatan tambahan, usahakan untuk menciptakan sebuah brand yang dapat memberikan informasi positif dan manfaat khususnya bagi para followers Anda. 

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.