6 Fitur Instagram Bisnis Gratis untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

6 Fitur Instagram Bisnis Gratis untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis Online Anda

Tahukah Anda bahwa kini pengguna Instagram dapat mengganti akun Instagram pribadinya menjadi akun Instagram bisnis yang jauh lebih efektif untuk optimalkan kegiatan bisnis online para penggunanya. Dan kabar baiknya, akun Instagram bisnis ini telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang bermanfaat untuk memaksimalkan peluang untuk meningkatkan penjualan suatu produk atau mengembangangkan sebuah brand. Fitur Instagram bisnis ini terdiri dari beberapa fitur baru dan ada juga beberapa berupa fitur lama.  

Ragam Fitur Instagram Bisnis

Sejumlah fitur Instagram bisnis ini gratis! Cara implementasinya juga cukup mudah dan dampaknya sungguh efektif dan masif. Dengan memanfaatkan fitur-fitur gratis ini, Anda dapat tingkatkan rate penjualan produk atau jasa Anda tanpa harus menggunakan iklan. Ada juga fitur tertentu yang dibuat untuk menarik perhatian audiens; mereka lalu digiring untuk dijadikan sebagai followers baru atau minimal sebagai targeted customers.  

Dengan cara yang simpel ini, potensi untuk dapatkan followers baru pun akan relatif lebih mudah.  Gratis pula! Namun apabila Anda memiliki target jumlah followers dalam waktu yang singkat, jasa followers tampaknya akan menjadi opsi yang paling direkomendasikan sebagai cara menaikkan jumlah followers instagram bisnis.

Kembali ke bahasan fitur Instagram bisnis, ada beberapa fitur pada Instagram bisnis yang sebaiknya Anda manfaatkan untuk sukseskan digital marketing Anda. Untuk lebih detailnya, berikut kami bahas satu per satu khusus untuk Anda. 

Fitur Insta Story

Ragam Fitur Instagram Bisnis

Fitur Instagram bisnis ini bukanlah fitur baru. Fitur yang sama juga muncul di Instagram pribadi. Tampilannya yang unik dan dapat diisi untuk berbagi konten foto dan video, tentu fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda jadikan sebagai media perkenalan sekaligus promosi produk atau brand Anda.

Ada banyak pilihan filter pada fitur ini. Anda dapat memanfaatkan filter agar tampilan foto atau video yang akan Anda unggah via Instastory tampak jauh lebih menarik. Insta Story kini semakin berkembang. 

Pemilik akun Instagram bisnis bahkan dapat berinteraksi via fitur Instagram bisnis ini dengan para followers. Buatlah konten Insta Story yang mampu memancing para audiens, baik followers maupun non-followers, untuk menyampaikan opini mereka. Misal dengan share konten yang berisi QnA atau polling. Tak hanya itu, fitur Instagram bisnis yang dinamakan Fitur Instagram Story ini juga sangat efektif untuk meningkatkan jumlah penjualan produk. 

Fitur Highlights

Ragam Fitur Instagram Bisnis

Fitur Instagram bisnis lainnya yang tak kalah pentingnya untuk dicoba adalah fitur highlights. Sebagai pengguna media sosial Instagram, Anda tentu tahu bahwa Insta Story hanya dapat menyimpan video atau foto yang diposting selama 24 jam saja. Namun jika Anda merasa ada beberapa konten Insta Story dianggap penting dan sewaktu-waktu dapat diakses oleh para followers, simpan saja konten tersebut di Fitur Highlights. 

Caranya sangat mudah. Cukup memilih konten yang akan disimpan lalu pilih HIGHLIGHTS di bagian bawah. Dan apabila Anda ingin mencari Instastory yang sudah tersimpan lama, Anda bisa mengeceknya di bagian folder Archive yang terletak di sebelah kanan profil Instagram bisnis Anda. 

Fitur Live Instagram

Live Instagram
buffer.com

Instagram Live juga tak kalah menariknya dengan Fitur Insta Story dan Highlights. Fitur Instagram bisnis ini justru memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh kedua fitur di atas. Tepat sekali. Kelebihan dari fitur ini adalah Anda dapat lebih dekat dengan para followers Anda. Kedekatan terjalin dari interaksi yang terjadi secara langsung dengan para followers.

Bahkan Anda dapat secara langsung melakukan promosi produk atau jasa Anda kepada audiens yang menonton Anda. Sebutkan keunggulan produk atau jasa Anda secara detail. Bila perlu, adakan sesi tanya jawab dengan para audiens. 

Baca juga: Apakah Followers itu Penting?

Fitur Instagram Insights

instagram inshight
shoppinglinks.com

Khusus pada akun Instagram bisnis, terdapat sebuah fitur yang dinamakan Fitur Insights yang berguna untuk mengidentifikasi performa akun Instagram Anda secara akurat dan realtime. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda dapat mulai melakukan analisa seputar data audiens yang tertarik dengan produk Anda, terutama dari reaksi pasca Anda mengunggah sebuah konten. 

Masih melalui fitur Instagram bisnis yang disebut Instagram Insights ini, Anda juga dapat mengupdate informasi pengunjung profil akun Instagram bisnis Anda secara lengkap, mulai dari kategori usia, gender, lokasi, dan lain sebagainya. 

Anda dapat menjadikan fitur Insight ini sebagai bahan evaluasi untuk memperbaiki metode dan media marketing yang tepat agar banyak audiens yang tertarik dengan produk atau jasa Anda. 

Fitur Hashtag

Tentu para pengguna Instagram tak asing dengan istilah hashtag. Fitur Instagram bisnis yang satu ini sangat membantu para calon konsumen untuk mendapatkan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Fitur ini dinilai sangat efektif dan precise untuk mempertemukan calon konsumen dengan para pelaku usaha seperti Anda. 

Sayangnya tak mudah untuk menentukan hashtag yang optimized dan unik. Pasalnya, telah ada jutaan hashtag yang sudah pernah dipakai dari awal kemunculan akun Instagram bisnis. Perlu diingat bahwa hindari menggunakan tagar yang berlebihan sebab selain akan mengganggu kenyamanan para audiens, hasilnya pun tidak akan efektif. 

Fitur Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah sebuah fitur baru pada akun Instagram bisnis yang sangat memudahkan para penggunanya untuk memposting konten foto yang dapat disisipi tag harga dan produk di dalamnya. Saat tag harga atau tag produk ini diklik oleh audiens, mereka akan langsung diarahkan ke website atau blog toko online yang menjadi pusat penjualan produk tersebut. 

Agar fitur ini tetap aktif, Anda harus selalu menggunakan akun Instagram bisnis. Jadi, bagi Anda yang berminat untuk menggunakan fitur Instagram bisnis ini, pastikan Anda telah menggunakan akun Instagram bisnis sebagai salah satu media digital marketing Anda. 

Sekedar informasi tambahan, pada akun Instagram bisnis, Anda akan menemukan pilihan Shopping di bagian pengaturan. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah mengintegrasikan akun Instagram bisnis Anda dengan katalog. 

Setelah semua proses ini telah berhasil dilakukan, Anda kemudian akan melihat opsi untuk melakukan tag produk saat Anda akan mengunggah sebuah konten foto pada akun Instagram bisnis Anda. Sangat mudah, bukan?

Demikian informasi menarik dan bermanfaat seputar 6 fitur Instagram bisnis yang wajib Anda coba. Akan ada keuntungan yang Anda dapat dengan melibatkan penggunaan fitur-fitur ini. Yang jelas, tiap fitur memiliki peranan yang berbeda, namun memiliki satu tujuan, yaitu membantu mengoptimalkan ajang promosi produk atau brand, membangun interaksi dengan para calon konsumen, dan menciptakan peluang untuk terjadi transaksi dengan para calon konsumen.

Meski singkat, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat, terutama bagi Anda yang saat ini baru merilis suatu bisnis (pemula) atau bagi Anda para pebisnis senior yang baru akan mencoba digital marketing melalui pemanfaatan akun Instagram bisnis.