Ampuh! 17 Cara Menaikan Jumlah Followers Instagram Bisnis

Cara Menaikan Jumlah Followers Instagram Bisnis
pixabay.com

Di era serba digital ini, media sosial memiliki peranan yang sangat besar bagi kehidupan sebagian besar masyarakat kita. Tak hanya sebatas media hiburan dan informasi saja, ada beberapa jenis media sosial tertentu yang dimanfaatkan sebagai media promosi bisnis. Nah, ngomongin soal media sosial yang dimanfaatkan sebagai media promosi, Instagram yang merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan adalah jagonya. Caranya yaitu dengan menaikan jumlah followers. Ada cukup banyak cara menaikan followers Instagram bisnis dengan mudah dan cepat. Namun cara-cara ini harus dilakukan dengan cara yang tepat agar hasilnya pun optimal. Dan berikut cara-caranya.

Cara Menaikan Jumlah Followers Instagram Bisnis

Menggunakan Hashtag di Postingan

Ampuh! 17 Cara Menaikan Jumlah Followers Instagram Bisnis
istockphoto

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis yang pertama adalah dengan menggunakan hashtag yang tepat pada setiap postingan Instagram. Cara ini sangat efektif karena mampu membuat postingan yang kita unggah dapat dijangkau lebih banyak pengguna Instagram lainnya. Bahkan oleh mereka yang bukan followers Instagram kita. 

Hashtag yang kita tuliskan bukan sembarang hashtag. Gunakan hashtag yang relevan dengan topik, produk, jasa, atau bisnis kita. Hindari menggunakan hashtag yang sebelumnya sudah populer atau sudah digunakan hingga ratusan atau ribuan kali oleh orang lain. 

Ada cara yang paling efektif untuk bisa mendapatkan hashtag yang tepat. Caranya yaitu dengan menggunakan tool yang dapat memberikan rekomendasi kalimat atau frase hashtag yang paling relevan. Sebut saja contohnya tool Iconosquare dan tool Webstagram. 

Gunakan Hashtag di Instagram Stories

instagram stories
buffer.com

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis yang kedua adalah dengan menyematkan hashtag di Instagram Stories. Sebagai pengguna media sosial Instagram, kita tentunya kerap melihat stories teman-teman di akun Instagram kita. 

Nah, kita juga dapat memanfaatkan Instagram stories kita sebagai media promosi bisnis kita. Kita juga bisa manfaatkan fitur ini untuk menjangkau para calon followers baru kita. Saat kita menggunakan hashtag, Instagram stories kita akan secara otomatis muncul di akun para pengguna Instagram yang mengklik hashtag kita. Semakin banyak jumlah pengguna Instagram yang mengklik dan melihat stories kita, semakin besar peluang kita untuk mendapat potential customers.

Simpan Instagram Stories di Fitur Highlights

highlight
backlightblog.com

Agar Instagram stories yang pernah kita share dapat dilihat sewaktu-waktu oleh para pengguna Instagram, simpan Instagram Stories kit di Fitur Highlights. Fitur ini memang sangat bermanfaat saat ada pengguna Instagram yang mengakses profil Instagram kita untuk membuka atau melihat stories yang sudah pernah diposting. Barangkali saja mereka tertarik dengan produk atau jasa yang ditawarkan kita.

Baca juga: Cara Membuat Ruang Belajar Nyaman

Tag Lokasi Postingan Instagram Kita

location

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis yang keempat adalah dengan memberi tag atau pin lokasi postingan kita. Misal, online shop kita berbasis di Jakarta, kita bisa gunakan tag Jakarta agar akun Instagram kita dapat dengan mudah ditemukan oleh semua pengguna Instagram yang tinggal di ibu kota.

Pilih Filter Instagram yang Tepat

Juno IG Filter
ollows.com

Sebagai pengguna media sosial, pastinya kita tahu bahwa Instagram menyediakan cukup banyak filter yang memang dibuat khusus untuk menjadikan foto dan video menjadi lebih baik. Filter yang tersedia juga sangat menarik dan unik. Karena pilihan filter-nya sangat banyak, kita harus memilih satu yang paling tepat untuk postingan atau stories kita.

Berdasarkan data yang telah dihimpun oleh Iconosquare, ada beberapa jenis filter di Instagram yang paling sering digunakan oleh komunitas pengguna Instagram di dunia. Filter-filter tersebut antara lain filter normal, Juno, dan Clarendon. 

Dan menariknya lagi, Iconosquare juga dapat mengidentifikasi secara pasti jenis filter yang disukai oleh para followers kita. Kita bisa manfaatkan kesempatan ini untuk menarik minat para followers kita. Caranya, gunakan filter yang sama dengan filter favorit followers kita. 

Manage Postingan dengan Tepat 

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis yang keenam adalah dengan memanage postingan dengan tepat. Pilih waktu yang tepat untuk memposting feed Instagram yang baru. Agar lebih efektif, manfaatkan profil bisnis agar kita bisa gunakan fitur Instagram Analytics. Fitur ini sangat berguna untuk mengetahui waktu yang paling tepat untuk melakukan posting di akun Instagram kita. 

Dengan memanfaatkan fitur ini, postingan kita akan muncul saat followers kita sedang online. Momen seperti ini tentu akan menjadi momen yang sangat tepat untuk mendapatkan banyak komentar dan like. 

Semakin tinggi traffic atau interaksi yang melibatkan akun Instagram kita, semakin besar pula kemungkinan feeds kita akan terus eksis dan berpeluang akan muncul di bagian explore Instagram. Kemungkinan besar jumlah followers juga akan bertambah jika mereka tertarik dengan produk atau jasa yang kita promosikan melalui feeds Instagram kita.

Baca juga: Rekomendasi Printer Murah

Jalin Interaksi dengan Followers Kompetitor Kita

Masih ada kemungkinan bahwa para followers kompetitor bisnis kita juga akan melirik produk atau jasa yang kita pasarkan. Hal ini disebabkan oleh karena produk atau jasa yang kita tawarkan ini serupa dengan produk atau jasa milik kompetitor kita. 

Followers kompetitor kita bisa saja akan menyukai produk atau jasa kita. Mereka berpotensi menjadi followers kita karena kita juga menawarkan produk atau jasa yang serupa dengan akun-akun Instagram kompetitor kita. Mereka akan jadikan akun Instagram kita sebagai referensi. 

Ada trik jitu agar mereka menjalin interaksi dengan kita. Caranya yaitu dengan melakukan interaksi terlebih dengan mereka. Misal dengan memberi like atau mengirim komentar kepada mereka. Dengan cara ini, kemungkinan besar mereka akan mengakses profil kita.

Atau kita juga bisa gunakan trik yang satu ini, yaitu mem-follow akun Instagram mereka agar mereka follback kita. 

Jasa Endorsement

Endorsement
food.detik.com

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis kita yang ke delapan adalah dengan menggunakan jasa endorsement. Kita bisa manfaatkan seorang influencer yang kiranya mempunyai pengaruh dan jumlah followers banyak.

Alokasikan sejumlah dana untuk kerjasama ini. Meski budget yang kita keluarkan relatif besar, feedback yang akan kita dapatkan jauh lebih besar. Dengan modal review positif plus kalimat-kalimat promosi dari influencer, para followers dari influencer tersebut kemudian akan penasaran dengan produk atau jasa kita. Bahkan bisa saja nantinya followers dari influencer tersebut akan follow akun Instagram kita dan menggunakan jasa atau produk kita. 

Bagikan Giveaway

giveaway
istockphoto

Trik dengan membagikan giveaway juga masuk dalam salah satu cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis kita. Siapa yang tak ingin mendapatkan produk gratis, pasti semua orang menginginkannya. Apalagi cara mendapatkannya sangat mudah.

Kita juga bisa gunakan trik ini untuk menarik minat para followers dan pengguna Instagram lainnya. Misal, untuk mendapatkan giveaway, kita mengajukan syarat untuk mem-follow akun Instagram kita terlebih dahulu, lalu men-tag beberapa pengguna Instagram lainnya di postingan tersebut. Dengan cara ini, kita akan mendapatkan followers baru dengan mudah. 

Minta Dukungan dari Kawan-Kawan Terdekat untuk Follow Instagram Kita

follow
istockphoto

Cara yang satu ini adalah cara yang paling mudah untuk naikan jumlah followers di akun Instagram bisnis kita. Kamu bisa minta kawan-kawan dekat dan keluarga untuk follow akun Instagram kita. Akan jauh lebih baik lagi jika kawan-kawan dan keluarga kita mempromosikan Instagram kita.

Beli Followers

Cara lainnya untuk menaikan jumlah followers di akun Instagram bisnis kita yaitu dengan cara beli followers. Cara yang satu ini memang sangar praktis namun perlu keluarkan biaya. Harga yang ditawarkan oleh jasa followers instagram sangat beragam. Harga di jasa followers ini pastinya akan disesuaikan dengan jumlah followers yang kita butuhkan.

Gunakan Username yang Mudah dan Menarik

Karena akun Instagram yang kita gunakan adalah akun Instagram bisnis, maka username yang kita buat sebaiknya username yang menarik dan mudah diingat. Hindari menggunakan username asal-asalan. Sama seperti kita ketika akan membuat alamat email untuk perusahaan.

Bila perlu buat username yang singkat dan mudah diingat. Gunakan nama perusahaan kita sebagai username akun Instagram bisnis kita. Apabila nama perusahaan kita panjang, gunakan nama versi singkatnya sebagai username akun Instagram bisnis kita. 

Pilih Foto Profil yang Relevan

kisspng logo computer icons instagram blog 5b2900cddbfed2.9954081315294138379011

Foto profil juga ikut andil dalam meningkatkan jumlah followers Instagram bisnis kita. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk memilih foto profil yang tepat dan relevan dengan bisnis kita. Pilih satu foto yang mewakili perusahaan kita. Pilihlah foto yang secara kualitas memiliki resolusi yang baik agar tampilan foto di profil di Instagram bisnis kita juga menarik. 

Lengkapi Bio

Cara menaikan jumlah followers Instagram bisnis paling ampuh adalah dengan melengkapi Bio. Kolom Bio ini terletak tepat di bawah foto profil. Nah, bagian ini sangat penting karena dari kolom Bio ini, para pengguna Instagram lainnya dapat mengenal sekaligus mendapatkan gambaran singkat mengenai bisnis yang kita jalankan.

Melihat pentingnya kolom Bio ini, kita memang tidak boleh ragu untuk membuat profil singkat mengenai perusahaan dan jasa/ produk yang kita tawarkan. Akan jauh lebih baik lagi jika kita tambahkan link situs atau website perusahaan kita agar pengguna Intagram lainnya juga dapat mengakses situs resmi perusahaan kita. 

Buat Tampilan Instagram Semenarik Mungkin

Misal soal pemilihan tema. Kita bisa gunakan warna-warna pastel sebagai warna tema untuk online shop kosmetik kita. Kemudian manage konten atau feeds Instagram dengan baik. Misal, konten yang kita posting adalah konten-konten yang berisi informasi seputar kecantikan, tips dan trik terkait dengan kecantikan, dan masih banyak contoh lainnya.

Selain akan membuat feeds tampak rapi, cara ini juga sangat membantu kita untuk mempromosikan produk atau jasa kita. Para followers atau pengguna Instagram lainnya pun akan senang melihatnya.

Rutin Posting

post
www.theverge.com

Susun jadwal posting sesuai dengan riset yang telah kita lakukan sebelumnya. Jadwal posting juga sebaiknya disesuaikan dengan target pasar yang sudah kita tentukan. Posting di waktu yang tepat di mana para followers kita dalam kondisi online. 

Posting Konten yang Berkualitas

Daya tarik utama pada media sosial Instagram adalah visual, baik berupa foto maupun video. Elemen ini tentu berperan aktif dalam menggaet banyak followers. Misalnya begini, akun Instagram bisnis dengan feeds yang menarik tentu akan lebih dilirik dibandingkan dengan akun Instagram bisnis yang dari aspek tampilan feeds tampak biasa-biasa saja. Para pengguna Instagram pun enggan untuk mengaksesnya. 

Hindari memasang foto atau video yang pernah diupload sebelumnya karena hanya akan mengurangi nilai kualitas Instagram bisnis kita. 

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.