skip to Main Content

Mengenal fungsi CCTV dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi CCTV saat ini sangatlah banyak dan beragam. Anda bisa memperoleh berbagai manfaat dari berbagai fungsi yang ditawarkan. Kamera pengawas pada awalnya digunakan sebagai alat tambahan untuk meningkatkan keamanan kediaman, kantor serta gedung lainnya.

Fungsi CCTV
Proses Pemasangan CCTV

Namun, fungsi dari kamera pengintai semakin bertambah karena bisa digunakan untuk berbagai hal lainnya. Bahkan dengan semakin maju teknologi saat ini, CCTV dapat dipasang dimana saja sesuai kebutuhan masing-masing.

Bagi anda seorang kepala keluarga ataupun pegawai akan membutuhkan kamera pengawas di rumah dan kantor. Untuk pemiliki perusahaan akan membutuhkan alat yang sama dibagian gudang atau inventory. Untuk manajemen mall akan membutuhkan hal yang sama pada lokasi parkir. Sedangkan untuk kepolisian dan pemerintah membutuhkan CCTV ini untuk menegakkan hukum dan mengawasi arus lalu lintas.

Fungsi CCTV ini tidak hanya bisa menjadi kamera pengintai namun juga bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal lainnya. Oleh karena itu, memasang alat ini dikediaman masing-masing sangatlah dianjurkan karena anda dapat memperoleh berbagai keuntungan. Selain itu masih banyak fungsi lain dari kamera pengawas ini, seperti:

1. Mudah Digunakan Karena Terdiri Dari Dua Pilihan

Easy
Pengawasan Melalui Smartphone

Kamera pengawas digunakan untuk mengawasi keadaan sekitar untuk meningkatkan keamanan. Untuk mempermudah penggunaannya anda bisa memilih satu dari dua tipe CCTV yaitu wireless atau memakai kabel. Dengan adanya pilihan tersebut anda bisa melakukan pemasangan dengan mudah.

Dari dua tipe kamera pengintai tersebut dapat diketahui bahwa fungsi CCTV ini adalah kemudahan dalam penggunaannya. Tentu pemakaian alat ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, keuangan, area yang ingin dicover dan lain sebagainya.

Jika memakai CCTV wireless maka anda telah menghemat biaya pemasangan dan perangkat tambahan karena tidak memerlukan kabel koaksial sehingga terlihat lebih rapi. Namun, untuk tingkat keamanan penuh anda bisa memakai yang menggunakan kabel karena dapat dipasang dengan aksesoris lainnya untuk menunjang performa.

2. Fungsi CCTV Ini Hanya Bisa Diakses Oleh Orang Tertentu

Akses
Akses CCTV Dapat Dibatasi

Salah satu fungsi dari CCTV ini adalah keamanan akses pada kamera pengawas tersebut. Saat ini kamera pengintai tidak hanya dapat disambungkan ke DVR dan LCD tapi juga langsung ke smartphone masing-masing.

Jadi, dengan memilih CCTV yang tepat anda bisa mengawasi rumah, kantor atau area lain yang diinginkan kapanpun dan dimanapun melalui smartphone masing-masing. Bahkan beberapa produk menawarkan penyimpanan via cloud sehingga bisa didownload sewaktu-waktu.

Tentu anda perlu tahu cara setting kamera pengawas dengan smartphone tersebut agar tidak bisa digunakan oleh orang lain. Anda bisa bertanya kepada teknisi ketika pemasangan ataupun kepada penjual dan distributor ketika membeli kamera pengawas tersebut.

3. Meningkatkan Keamanan

Fungsi CCTV
Memperkuat Keamanan di Berbagai Gedung dan Ruangan

Fungsi lain dari CCTV adalah meningkatkan keamanan rumah, gedung, gudang, kantor ataupun bangunan lainnya dengan baik. Karena anda bisa melakukan pengawasan 24 jam selama 7 hari tanpa henti dengan memakai alat ini.

Anda bisa melakukan pemasangan pada sudut ruangan yang sulit diperhtikan oleh orang-orang. Ketika terekam tindak kejahatan anda bisa melaporkan hal tersebut kepada pihak berwajib. Untuk meningkatkan keamanan ini anda bisa memakai kamera pengawas dengan fitur night vision, motion sensor dan infra merah untuk pengawasan terbaik di malam hari. baca juga rekomendasi jasa cctv karawang legal dan profesional.

4. Fungsi CCTV Untuk Mencari Barang

Barang hilang
Mengetahui Barang Hilang atau Tercecer

Fungsi lain dari CCTV adalah mencari barang yang hilang ataupun tercecer. Karena ada kalanya anda lupa menaruh barang terutama benda-benda kecil ketika tidak berada lagi tempatnya semula. Ketika hal ini terjadi, anda bisa memeriksa hasil rekaman kamera pengawas dengan seksama.

Hal yang sama juga bisa dilakukan pada barang yang tercecer atau tertinggal baik itu dirumah sendiri, kantor ataupun tempat umum. Inilah salah satu alasan mengapa memasang CCTV sangat dianjurkan. Karena ketika anda menyadari kehilangan barang, anda tinggal menuju bagian keamanan dan menyatakan masalah anda.

Pihak keamanan kemudian akan menghubungi bagian barang hilang kemudian kamera pengawas untuk memeriksa apakah barang anda sesuai dengan deskripsi yang diberikan. Jika barang tersebut dalam jangkauan security maka barang anda dapat dikembalikan. Jika dibawa orang lain, anda bisa meminta bukti data untuk diajukan ke pihak berwajib.

Untuk penggunaan rumah sendiri tentunya lebih mudah dilakukan. Ketika barang tersebut hilang, anda tinggal melihat footage rekaman sesuai dengan perkiraan waktu hilang yang anda ketahui. Setelah yakin dan tahu lokasinya segera temukan barang tersebut.

5. Barang Bukti Atas Tindak Kejahatan

Fungsi CCTV
Hasil Rekaman Bisa Menjadi Barang Bukti yang Kuat

Fungsi CCTV lainnya adalah bisa dijadikan sebagai bukti kejahatan yang sangat kuat dimata petugas keamanan dan hakim. Karena hasil rekaman yang dilengkapi dengan waktu dan tanggal sangat sulit untuk direkayasa. Jadi, bisa dipastikan rekaman tersebut otentik. Untuk memperkuat pernyataan tersebut pihak kepolisian akan meminta pendapat ahli tentang keabsahan rekaman tersebut.

Jadi, memasang kamera pengawas di kediaman, kantor atau gedung lain sangatlah bermanfaat. Karena dapat menjadi alat untuk mengurangi tindak kejahatan dan kriminal baik itu ringan ataupun berat. Selain itu, anda dan orang lain yang memakai CCTV dapat bergerak dengan lebih leluasa karena merasa aman dari berbagai tindak kejahatan.

Baca juga : Mengenal beberapa model terbaru CCTv Hikvision

Itulah 5 fungsi CCTV yang perlu untuk anda ketahui. Setelah mengetahui hal tersebut, anda mungkin akan lebih tertarik untuk memasang alat ini. Anda bisa memilih berbagai merek kamera pengawas yang ada seperti Sony, Samsung, Hikvision dan lainnya. Karena dengan bantuan alat tersebut keamanan rumah, keluarga dan harta menjadi lebih terjamin.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top