skip to Main Content
5 Trend/Strategi Internet Marketing Terbaru #Update

5 Trend/Strategi Internet Marketing Terbaru #Update

Mencoba mengimbangi lanskap Strategi Internet Marketing Terbaru yang berubah dengan cepat bisa jadi sulit. Sepertinya setiap tahun ada teknik atau tren baru yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menjangkau pasar dan menang dalam persaingan.

Namun apakah itu penting? Mari kita lihat lebih dalam.

Trend bukan berarti kewajiba. Perusahaan Anda tidak perlu mengejar tren untuk eksistensi digital yang efektif dan terjebak dalam permainan yang tidak berujung. Setidaknya Anda tidak harus mengikuti semua tren.

Namun, bukan berarti juga lengah. Pelaku bisnis dan para pemasar perlu terus mengawasi lanskap. Lalu mengadopsi strategi internet marketing terbaru. Di mana jika hal itu masuk akal untuk bisnis Anda.

Pada tahun ini, kita akan melihat pertumbuhan pesat dalam sejumlah strategi berbeda.

Beberapa strategi itu telah mengalami pertumbuhan yang konsisten selama bertahun-tahun. Yang lain baru mengenal tempat kejadian dan baru saja memulai kenaikan mereka di dunia digital. Namun, semuanya akan memainkan peran kunci dalam industri internet marketing, ke depan.

Trend/Strategi Internet Marketing Terbaru

Ada banyak sumber yang mungkin dapat menjadi refrensi dalam mengikuti trend/strategi internet marketing terbaru. Namun beberapa yang akan kita bahas berikut ini, cukup penting untuk mulai dipelajari. 

Apa saja itu? Berikut diantaranya;

Inbound Marketing

Inbound Marketing adalah teknik pemasaran untuk menarik calon pelanggan ke produk dan layanan melalui konten marketing, media sosial, SEO (Search Engine Optimazion), hingga membangun pencitraan merek bisnis.

Baca juga: Apa itu inbound marketing?

Inbound Marketing cenderung berbeda dengan strategi pemasaran konvensional. Dimana terjung langsung kelapangan, menyasar sebanyak-banyaknya calon pelanggan, tanpa mempertimbangkan minat dan kecendrungan mereka.

Dalam strategi pemasaran ini, fokus ditempatkan pada konten yang dibuat dan nilai yang dapat ditawarkan kepada pelanggan Anda.

Industri ini bergerak menuju satu arah dan naik lebih ke tingkat yang lebih tinggi melalui produksi konten yang dipersonalisasi, tidak jauh dari itu.

Inbound Marketing adalah tentang bagaimana menarik audiens berdasarkan nilai yang berikan, bukan berdasarkan seberapa baik Anda dapat mengganggu proses pemikiran mereka dengan iklan yang menarik.

Perlu diketahui, orang-orang sudah bosan dengan iklan. Otak mereka hampir ‘hang’ akibat dijejali materi iklan dari berbagai media yang muncul setiap detik di depan mereka.

Inbound Marketing adalah strategi pemasaran yang memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang. Dimana dapat membantu memposisikan perusahaan untuk kesuksesan yang berkelanjutan.

Menurut laporan State of Inbound 2018 HubSpot, 55% pemasar mengatakan bahwa pembuatan konten blog adalah prioritas pemasaran inbound utama mereka pada tahun 2018.

Dan itu sepertinya, tidak akan berubah pada tahun 2020. Karena lebih banyak perusahaan membuat komitmen jangka panjang untuk menghasilkan lebih banyak konten dan strategi Inbound Marketing.

Video Marketing

Selama bertahun-tahun para pakar pemasaran telah menjadi puitis. Melihat jelas tentang potensi Video Marketing.

Ketika internet dan perangkat berkecepatan tinggi yang mampu melakukan streaming video HD menjadi semakain umum di tengah masyarakat, masuk akal bahwa perusahaan akan menemukan cara-cara baru dan inovatif untuk memanfaatkan media bagi keuntungan bisnis mereka.

Itu pada tahun 2010. Dan saat ini,  pemasaran video semakin terlihat siap untuk melakukan pertumbuhan besar dimasa mendatang.

Baca juga info bisnis berikut ini:

Itu terlihat, bagaimana pemasar terus memprioritaskan konten video daripada jenis konten lainnya. Setelah menonton video, 64% pengguna lebih cenderung membeli produk secara online.

Menonton video online semakin tertanam dalam budaya di seluruh dunia. Setiap hari, lebih dari 100 juta jam konten video ditonton di Facebook.

Pada tahun-tahun selanjutnya, kita akan melihat video marketing terus tumbuh dengan cepat. Terlalu berharga bagi perusahaan yang memiliki anggaran untuk menghasilkan video profesional untuk mengabaikan fakta ini.

Selengkapnya, baca: Apa itu Video Marketing?

Growth Hacking

Jika Anda memperhatikan tren terbaru dalam industri pemasaran digital belakangan ini, Anda mungkin telah mendengar cukup banyak tentang istilah Growth Hacking.

Growth Hacking atau peretas pertumbuhan adalah seseorang yang menggunakan strategi kreatif berbiaya rendah untuk membantu bisnis memperoleh dan mempertahankan pelanggan. Kadang-kadang peretas pertumbuhan juga disebut growth marketers (pemasar pertumbuhan).

Kata peretas, memang terlihat seperti sesuatu yang menjurus lebih pada jalan pintas.

Jika Anda tidak mengetahui apa yang dibutuhkan Growth Hacking, berikut akan dijelaskan secara singkat gambarannya.

Dalam Growth Hacking, setiap strategi yang Anda jalankan, alat yang Anda instal, dan teknik yang Anda gunakan untuk mendapatkan daya tarik diinformasikan oleh keinginan Anda untuk tumbuh. Seringkali, dalam Growth Hacking, proses tradisional harus menerima kenyataan duduk di kursi belakang untuk pencapaian.

Growth Hacking memandang lanskap internet marketing sebagai medan pertempuran dan melihat pekerjaan mereka sebagai hasil pertempuran di medan pertempuran itu dan naik di atas persaingan berapa pun biayanya. Mereka menggunakan data sebagai senjata dan kreativitas mereka sebagai kendaraan.

Growth Hacking sering menggunakan teknik kreatif, yang dikenal sebagai “peretasan,” yang membantu perusahaan untuk mendorong adanya permintaan dan pertumbuhan.

Seringkali, strategi ini berada di area abu-abu moral, yang merupakan salah satu alasan mengapa peretasan pertumbuhan tetap berada di pinggiran, jika disebut sebagai strategi.

Namun, perusahaan melihat hasil yang dapat diberikan oleh praktik tersebut dan menginginkannya, itulah sebabnya kita akan melihat Growth Hacking mengambil lompatan yang lebih besar ke dalam arus utama lingkaran pemasaran pada tahun ini dan selanjutnya.

Baca: apa itu Growth Hacking

Chatbot Marketing

Chatbot Marketing adalah praktik otomatisasi pemasaran yang masih relatif baru di kancah internet marketing. Meski demikian, strategi tersebut memiliki potensi yang sangat besar dan telah mendapat perhatian yang cukup pada tahun 2019 lalu. Sehingga kami berpikir bahwa strategi tersebut harus berdiri sendiri dalam daftar ini.

Chatbots hanyalah bot yang dapat mengadakan percakapan dengan pelanggan. Chatbots Facebook adalah yang paling populer. Mereka menggunakan platform Facebook Messenger untuk menerima umpan balik dari pelanggan, menyampaikan informasi penting, dan memandu pengguna melalui perjalanan pembeli.

Facebook Messenger memiliki lebih dari 2 miliar pengguna pada tahun 2019 dan platform ini sangat kurang dimanfaatkan berdasarkan jangkauannya.

Bahkan dengan Facebook yang mengesahkan penggunaan Facebook Messenger untuk bisnis (dan meluncurkan seluruh platform untuk mengelola interaksi tersebut) perusahaan masih melihat chatbots sebagai semacam tontonan.

Itu akan berubah pada 2020 dan masa akan datang, ketika kesadaran yang meningkat dari 2019 mulai mengalir ke aplikasi dunia nyata yang akan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Otomasi Pemasaran

Otomatisasi pemasaran adalah kain yang ditenun di seluruh industri internet marketing.

Otomasi merembes ke setiap strategi, menyediakan cara-cara baru bagi perusahaan untuk menumbuhkan hubungan dengan prospek tanpa harus mendedikasikan waktu dan upaya yang sama seperti dulu.

Namun, otomasi pemasaran adalah strategi tersendiri. Ketika Anda membuat keputusan untuk menempatkan fokus Anda pada sistem otomatisasi, itu menjadi bagian besar dari semua yang Anda lakukan.

Otomasi pemasaran telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan tidak menunjukkan tanda-tanda melambat saat memasuki tahun 2020. Dan mungkin terus untuk masa akan datang.

Pemasaran yang Didukung AI

AI /Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan) adalah hal besar baru dalam dunia marketing saat ini dan sangat mungkin untuk berkembang secara aktif selama tahun-tahun berikutnya. Menurut Forbes, 83% bisnis menganggap AI sebagai salah satu prioritas strategis terpenting mereka.

Dan mereka yang sudah menerapkannya, melihat hasil yang luar biasa – dan ini tidak berlebihan. Eksekutif dari 54% bisnis yang memiliki AI, mengkonfirmasi bahwa produktivitas bisnis mereka telah tumbuh, dan kemungkinan akan terus tumbuh.

Menurut penelitian oleh Market and Markets, pasar AI akan tumbuh menjadi industri senilai $ 190 miliar pada tahun 2025 mendatang.

Apa artinya?

Ini berarti bahwa adopsi AI ke dalam bisnis harus ada dalam daftar rencana strategi internet marketing Anda. Jika sekarang ini adalah topik yang sulit, Anda harus mulai dengan membiasakan diri.

Setelah Anda melakukan riset, pertimbangkan prioritas dan tantangan Anda dan pilih apa yang ingin Anda mulai fokus. Beberapa opsi yang mungkin termasuk pengenalan wajah, email dinamis, UX yang lebih baik dan banyak hal lainnya lagi.

Tren Marketing Lama

Saat ini akan menjadi masa yang menarik dalam dunia internet marketing. Ketika perusahaan terus bergulat untuk mendapatkan eksistensi digital, mereka menggunakan tren terbaru dalam upaya untuk meningkatkan pertumbuhan mereka dan memahami dengan kuat posisi mereka saat ini.

Search Engine Marketing

Strategi internet marketing lama dan diprediksi akan terus eksis dimasa sekarang dan mungkin untuk waktu yang lama, salah satunya adalah SEO (Search Engine Marketing). Ini adalah tentang strategi bagaimana bisnis atau merek atau situs Anda muncul dan mendapat peringkat di mesin pencari.

Sepanjang orang masih menggunakan alat pencari seperti Google, Yahoo, Bing, Ask, dan teman-temannya yang lain, dalam mencari kebutuhan mereka di internet, maka melalui jasa SEO karawang akan menjadi salah satu stategi internet marketing ampuh dan pilihan efektif untuk digunakan.

Menurut Ariko tim SEO Expert di Garuda Website untuk strategi internet marketing di Indonesia, SEO saat ini tengah memasuki kondisi perkembangan signifikan. Ini terjadi karena pertumbuhan pemahaman pelaku bisnis tentang pentingnya eksistensi bisnis di internet itu sendiri.

Mungkin anda tertarik dengan artikel berikut : Rekomendasi Jasa SEO terpercaya di indonesia

budiiklas

Hay. Perkenalkan saya BUDI IKLAS PURNAMA
Senang sekali melihat anda membaca hasil karya tulisan saya diatas,
Saya seorang penulis dan sebagai freelancer pada beberapa bidang jasa usaha,
Semoga penyajian Gambar, Video, Ide, Gaya dan Sudut pandangan penulisan artikel diatas dapat mencerminkan kompetensi diri saya.
Tak ada Janji manis atau bujuk rayu yang dapat saya tawarkan kepada anda untuk Sebuah karya : "Jasa menulis artikel, Web-Design, SEO Optimization dan Jasa Perawatan Website". Temukan saya di situs berikut ini " www.garuda.website ""

This Post Has One Comment
  1. Hi would you mind sharing which blog platform you’re using?
    I’m going to start my own blog in the near
    future but I’m having a difficult time making a decision between BlogEngine/Wordpress/B2evolution and Drupal.

    The reason I ask is because your layout seems different then most blogs
    and I’m looking for something completely unique.
    P.S My apologies for getting off-topic but I had to ask!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top