Cara Memilih CCTV untuk rumah dan toko anda

Cara memilih CCTV merupakan hal yang penting terutama bagi anda yang sedang mencari dengan kriteria tertentu. Cara ini diperlukan agar anda bisa membandingkan satu produk kamera dengan produk lainnya serta menentukan pilihan dari perbandingan tersebut.

Cara Memilih CCTV
Memilih CCTV

Karena, terdapat banyak produk CCTV dengan berbagai merek, fungsi, kemampuan, bahan material, serta harga yang sangat beragam. Banyaknya merek yang ada tentu menyulitkan sebagian besar orang karena bingung akan memilih produk mana yang terbaik.

Oleh karena itu, cara serta kiat dalam memilih CCTV sangat dibutuhkan agar anda bisa menentukan kriteria barang yang dibutuhkan. Tentu kriteria ini harus disesuaikan dengan kebutuhan, keuangan serta penggunaannya karena setiap kategori barang memiliki fitur dan penempatan yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, anda harus mempertimbangkan beberapa hal dibawah ini sebelum memilih CCTV tersebut, yaitu:

Sesuaikan dengan Kebutuhan Penggunaan

Cara Memilih CCTV
Pertimbangkan Berdasarkan Kebutuhan

Sebelum memilih produk dengan merek tertentu, anda harus mengetahui apakah kamera pengintai yang akan digunakan untuk pemakaian indoor ataupun outdoor. Karena produk ini memakai bahan dan teknologi yang berbeda. Baca juga : Manfaat CCTV Bayi di era moderen

Contohnya saja CCTV type outdoor harus tahan terhadap air, debu serta mampu menangkap gambar dan video dengan jernih untuk area yang luas. Sedangkan yang berjenis indoor lebih fokus pada ketahanan akan debu dan kameranya harus memiliki infrared sehingga bisa memantau ruangan walaupun dalam keadaan gelap sekalipun.

Tentunya setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Bagi perkantoran mungkin lebih membutuhkan type indoor, sedangkan kebutuhan pribadi serta warehouse akan membutuhkan baik indoor maupun kamera berjenis outdoor. Karena itu perbedaan kebutuhan merupakan cara memilih CCTV yang paling utama untuk anda pertimbangkan.

Berdasarkan Merek dan Harganya

Uang
Pertimbangkan Berdasarkan Harga

Kiat memilih CCTV berikutnya adalah dengan membandingan harga barang tersebut berdasarkan merek dan fungsinya. Kamera pengintai saat ini merupakan barang yang biasa digunakan baik di rumah, toko, kantor, bahkan dijalan raya. Karenanya permintaan akan produk ini selalu meningkat dari waktu ke waktu.

Hal ini tentu berdampak pada peningkatan jumlah CCTV serta merek yang ada dipasaran. Tentu hal ini cukup menyulitkan terutama bagi anda yang kurang paham perbedaan setiap merek serta memiliki budget terbatas.

Karenanya anda perlu membandingkan setiap merek berdasarkan produk dan kisaran harganya. Karena setiap CCTV dilengkapi dengan fitur dan fungsi tambahan tertentu yang bisa menyebabkan harganya menjadi mahal. Bagi anda yang memiliki dana terbatas maka bisa memilih merek Hikvision, Dahua, TP-link dan lainnya terlebih dahulu. Anda bisa menggantinya suatu saat nanti ketika memiliki dana lebih.

Kebutuhan Channel Pada DVR

Cara Memilih CCTV
Contoh DVR Dari hikvision

Cara memilih CCTV berikutnya adalah dengan mempertimbangkan berapa banyak titik lokasi pemasangan. Karena kamera pengintai tersebut harus dipasangkan pada DVR (Digital Video Recorder) agar dapat beroperasi dengan baik.

Masalahnya adalah setiap DVR hanya dapat menampung channel dengan jumlah tertentu (4, 8 atau 16). Jika ada kemungkinan untuk menambah kamera dimasa depan maka lebih baik membeli DVR dengan channel banyak, daripada harus mengganti DVR tersebut di masa depan.

Perhatikan Spesifikasi Kamera

Periksa
Periksa Spesifikasi

Salah satu penyebab perbedaan harga pada CCTV adalah spesifikasi kameranya. Karena semakin mahal barang tersebut maka kameranya akan semakin canggih. Jadi, jangan heran jika anda menemukan dengan resolusi HD 1080p namun harganya di atas 500 ribu atau bahkan jutaan. Karena itu pasti dilengkapi dengan infrared atau motion detection.

Namun, ada kalanya CCTV mahal tapi kamera yang terpasang jelek sehingga anda akan merugi. Beberapa produk merek terkenal seperti Samsung, Sony, Hikvison, TP-Link dan lainnya justru memiliki kamera yang baik bahkan dengan harga ringan sekalipun.

Karena itu, kiat memilih CCTV berikutnya adalah memeriksa spesifikasi kamera berdasarkan merek terkenal. Karena, merek pasti menjamin kualitas sehingga produknya dipastikan tidak akan mengecewakan.

Kiat Memilih CCTV Berdasarkan Kapasitas Rekaman

Cara Memilih CCTV
Pertimbangkan Media Penyimpanan

Salah satu cara memilih CCTV adalah dengan melihat kapasitas rekaman yang ditawarkan. Karena setiap kamera dapat dihubungkan dengan HD (Harddisk) sebagai media penyimpanan video. Karena beberapa produk dapat menyimpan file rekaman selama seminggu, sebulan atau lebih.

Tentu semakin lama rekaman yang dilakukan maka kebutuhan media penyimpanan akan semakin besar. Namun, anda bisa memilih barang sejenis ini yang memakai MicroSD sebagai media penyimpanan. Karena MicroSD ini harganya lebih murah, mudah dipasang, serta mudah disambungkan dengan perangkat lainnya.

Akan tetapi, pemakaian MicroSD mungkin hanya dapat bertahan selama beberapa hari. Sedangkan untuk penggunaan ruangan besar lebih baik memakai CCTV yang memiliki kapasitas penyimpanan yang besar.

Daya Listrik Cadangan

UPS
Pertimbangkan Daya Cadangan

Cara memilih CCTV berikutnya adalah adanya slot untuk pemakaian daya cadangan seperti UPS. Karena barang ini hanya dapat beroprasi ketika ada listrik, jadi ketika terjadi pemadaman listrik maka CCTV tersebut ikut mati. Jika hal ini terjadi maka keamanan yang anda harapkan akan sirna.

Oleh karena itu, upaya pertama untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan UPS sebagai daya cadangan. Jadi, rumah, toko ataupun kantor anda akan selalu aman bahkan disaat terjadi pemadaman listrik oleh PLN. Baca juga : Tips memilih jasa pasang cctv karawang

Cara Memilih CCTV Melalui Garansi

Cara Memilih CCTV
Pertimbangkan Garansi yang Ditawarkan

Cara memilih CCTV berikutnya adalah dengan mempertimbangkan garansi yang diberikan. Garansi ini sangat penting terutama ketika anda membeli CCTV berharga jutaan. Karena dengan adanya garansi anda bisa melakukan klaim perbaikan ataupun penggantian dengan unit baru sesuai dengan ketentuan yang telah ditentukan pada garansi tersebut.

Nah, itulah berbagai kiat dan cara memilih CCTV yang bisa anda jadikan acuan ketika akan membeli produk tertentu. Tentu dengan mengetahui cara tersebut anda dapat membeli produk kamera pengintai terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan masing-masing.

Tinggalkan komentar