skip to Main Content
Persyaratan Rt Rw Net | Perlukah Izin Resmi? Yuk Cari Tau !

Persyaratan Rt rw net | Perlukah Izin Resmi? Yuk cari tau !

Persyaratan Rt rw net sangat penting mengingat layanan bisnis internet ini merupakan konsep usaha swadaya masyarakat,

Bentuk kegiatan usaha ini cenderung banyak di jumpai dibeberapa sudut daerah. Namun perlu anda ketahui bahwa untuk memulai usaha atau kegiatan seperti ini terdapat hal yang perlu anda perhatikan yaitu PERIZINAN (Perizinan/ ijin rt rw net),

Untuk memperoleh ijin tersebut tentunya harus memiliki kualifikasi persyaratan. Lalu bagaimana persyaratan Rt rw net untuk mendapat izin ?

izin bisnis rt rw net

Kegiatan usaha bertema Layanan jasa internet ini memang mengundang banyak kontroversi dikalangan pelaku kegiatan tersebut, ada yang bimbang karena terlanjur berjalan, ada juga yang perlahan mengikuti prosedur dan ada pula sebagian dari mereka tidak mengindahkan segala bentuk informasi pemberitaan yang ia dapatkan dari berbagai sumber tentang perizinan prinsip penyelenggaraan layanan internet.

Sebagai contoh kasus dibeberapa tahun kebelakang, Telah ditangkap pelaku bisnis rt rw net dibengkulu yang terancam hukuman penjara 6 tahun, simak beritanya disini .

Menurut pandangan penulis, langkah tersebut terlalu ambisius sebagai aparat penegak hukum langsung tangkap begitu saja. Tanpa ada mekanisme himbauan, teguran berikutnya bimbingan.

Namun demikian banyak juga kegiatan rt rw net ini yang sudah lulus dan memiliki Izin prinsip internet salah salah satu nya adalah Provider internet Unina Net dari Karawang, anda boleh searching digoogle.

FAQs – tentang persyaran rt rw net

Seperti apa perizinan bisnis Rt rw net ?

Anda tidak perlu ragu melakukan bisnis yang anda kerjakan jika itu merupakan tindakan bisnis yang benar dan tidak melawan hukum. Sebagai dasar membuat perizinan pastikan terlebih dahulu bahwa anda Penduduk warga negara Indoesia yang telah memiliki identitas KTP. Selengkapnya, teruslah membaca !

simak Bagaimana cara perizinan dan persyaratan rt rw net !

Jika anda adalah pelaku kegiatan bisnis internet tersebut, perlu anda simak beberapa hal standar per- izinan / persyaratan rt rw net yang perlu anda ketahui.

Setidaknya setelah anda membaca halaman ini, sebuah upaya kecil tentang perizinan dan persyaratan Rt rw net dapat anda lakukan serta menjadi pedoman pandangan anda meskipun tahapannya sangat jauh untuk mendapat Sertifikat Pengesahan dari Dinas Kominfo, berikut in beberapa hal yang perlu anda persiapkan, :

  • SITU (Surat izin tempat usaha)
  • SIUP (Surat izin usaha perdagangan)
  • TDP (Tanda daftar perusahaan)
  • NPWP Pribadi
  • AKTA PENDIRIAN dari Notaris
  • NPWP BADAN

Nah Perizinan diatas adalah perizinan standar pelaku bisnis di indonesia, baik jasa perdagangan, jasa pekerjaan, atau jasa perdagangan barang terlihat maupun tak terlihat.

Lebih lanjut mengenai perizinan layanan internet lainnya atau tentang persyaratan Rt rw net diantaranya :

  • Menyerahkan salinan Profile Perusahaan
  • Mendaftar sebagai Keanggotaan APJII (Asosiasi Penyelenggara Internet Indonesia)
  • Mengikuti program pengujian (ULO) Uji Layak Operasional dari Kominfo
  • Dan telah mengajukan formulir izin prinsip ke Dinas perhubungan

Anda juga mungkin perlu tahu lebih jauh tentang Apa itu bisnis Rt rw net ?,

Tutorial lengkap membangun bisnis rt rw net

Itulah beberapa persyaratan Rt rw net di indonesia yang dapat penulis uraikan secara kontekstual, semoga dapat memberi pandangan untuk anda.

Prolog – tentang regulasi pelaksanaan bisnis Rt rw net

Internet merupakan satu sajian layanan yang bermanfaat, banyak informasi yang didapat dari layanan tersebut, Rt rw net memberikan suatu hal berarti ditengah masyarakat. Baik itu masyarakat kota, daerah maupun diperkampungan.

Hadirnya bisnis layanan internet atau rt rw net ini memberi pandangan baru untuk masyarakat, menawarkan solusi internet dengan tarif murah dan terjangkau. Semoga pemerintah dapat menetapkan regulasi yang dapat di baca dan diperhatikan secara seksama oleh pelaku bisnis rt rw net.

Hal tentang perizinan rt rw net ini mungkin dapat anda ditempuh, namun memiliki proses yang panjang. Semoga dapat menjadi ringkas ya !

@sugibarbarcheat-com di karawang

Apa yang harus dilakukan terkait persyaratan rt rw net diatas?

Namun demikian, ada baiknya untuk anda yang sudah terlanjur menjalankan bisnis tersebut tanpa standar perizinan apapun, segeralah melakukan ijin seperti diuraikan diatas. setidaknya anda bisa lakukan perlahan untuk perizinan lainnya di waktu mendatang.

Kami akan sangat senang jika anda meninggalkan komentar tentang artikel berjudul persyaratan Rt rw net ini. Nantikan artikel menarik lainnya dari kami.


BACA JUGA ARTIKEL KAMI LAINNYA :

Mengenal bisnis wifi voucher

This Post Has 10 Comments
  1. Sangat membantu sekali. dan makin semangat makasih om Sangat membantu sekali. dan makin semangat makasih om ditunggu kunjungan baliknya top list

  2. Makasi min, informasinya.
    Jadi bagaimana donk kalau usaha kita masih kecil dan modal minim apakah usaha rt/rw net ini bisa di lanjut.

  3. Jika ada warga nasyarakat yang ketenangannya terganggu akibat adanya wifi bisa ditutup usahanya dan dituntut sexara hukum ?

    1. Itulah perlunya sosialisasi dengan warga setempat. sebagai pelaku usaha yang legowo tentunya mendengarkan apa yang menjadi persoalan dalam kegiatan yang sedang dijalani. berbicara tentang tuntutan hukum, perlu diketahui apa yang menjadi dasarnya. tidak semua persoalan atas kerugian salah satu pihak dapat dibawa kerana hukum dan terkadang bisa diselesaikan dengan musyawarah, tetapi juga tidak sedikit hal ini menjadi salah satu bentuk tindakan hukum yang merujuk pada ketidaknyamanan lingkungan.
      Perlu juga digaris bawahi – Ketika anda sudah memiliki izin prinsip penyelenggaraan internet tentunya sudah pasti memiliki pernyataan lingkungan setempat yang ditanda tangani rt/rw dan sepengetahuan kelurahan ketika itu. Ijin prinsip internet yang dimaksud telah cukup melalui banyak tahapan demi tahapan kongkret yang dikeluarkan oleh kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia melalui APJII (Asosiasi penyelenggara jasa internet indonesia)
      Semoga dapat membantu dan mohon maaf bila salah pandangan.

  4. Pingin adain RT RW net buat desa saya yg coverage providernya sangat minim (cuma ada indihome dan quota usernya pun katanya sudah full), niatnya saya cuma pingin buat keluarga dan kerabat sekitar sini saja tanpa saya ambil untung, tapi baca ginian yg ada legalitasnya jadi ngeri, apalagi kalau sampai-sampai dituntut sama pengusaha warkop-warkop free wifi karena terganggu dengan rt rw net ._.

    BTW saya beberapa bulan lalu pas kerja ada info kalau SIUP dan TDP nggak perlu lagi untuk bidang usaha, sekarang disatukan jadi NIB (Nomor Induk Berusaha), tapi nggak tau juga kalau tetap wajib ada SIUP dan TDP untuk hal ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top