skip to Main Content
Mengenal Bisnis WiFi Voucheran

Mengenal Bisnis WiFi Voucheran

Bisnis WiFi tentunya memiliki berbagai macam bentuk. Ada yang berupa warnet (warung internet), RT/RW net, langganan WiFi atau hotspot serta internetan dengan voucher WiFi. Semua jenis bisnis internet di atas sah-sah saja dilakukan asalkan tidak melanggar peraturan yang ada.

Bisnis WiFi
Voucher WiFi

Bisnis wifi voucher, apa itu ?

Sebenarnya bisnis ini telah banyak diterapkan, dan salah satu perusahaan yang sering menerapkan hal ini adalah Telkom Indonesia. Biasanya Telkom sering membuat WiFi corner disekitar halaman kantornya. Cara kerjanya dengan memasang wifi.id yang kemudian para pengguna harus membayar voucher agar dapat menggunakan internet tersebut.

Kecepatan internet voucheran ini lumayan baik, karena terdapat batasan (dari segi bandwidth dan waktu) dalam pemakaiannya. Namun, kecepatan jaringannya akan semakin baik jika penggunanya tidak banyak.

Bisnis WiFi voucheran lebih baik dan murah jika dibandingkan dengan warnet. Karena anda tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli perlengkapan komputer lagi. Sedangkan pengguna dapat memakai komputer ataupun laptopnya untuk memakai internet ini.

Konsumen yang Dituju Untuk Bisnis WiFi

Konsumen
Berbagai Jenis Konsumen

Sebelum memulai bisnis ini, anda harus mencari tahu kriteria konsumen apa yang menjadi target. Karena konsumen yang berbeda akan memberikan bentuk pemasaran dan tarif voucher yang berbeda pula. Beberapa konsumen yang dapat anda coba adalah:

Pelajar dan Mahasiswa

Konsumen satu ini memiliki peluang terbesar agar anda dapat memperoleh keuntungan yang besar dari bisnis internet ini. Karena pelajar dan mahasiswa membutuhkan internet untuk mengerjakan tugas, mencari informasi, mencari hiburan, download atau bermain game.

Selain itu jumlah pelajar dan mahasiswa semakin meningkat dari tahun ke tahun sehingga prospek bisnis ini tetap cerah untuk beberapa tahun ke depan. Anda bisa menerapkan bisnis voucher WiFi ini di satu lokasi khusus ataupun di kos-kosan. Bahkan anda bisa melakukannya diarea yang lebih luas seperti lingkungan RT dan RW.

Karyawan dan Orangtua

Konsumen potensial berikutnya adalah para orangtua serta karyawan kantoran. Keduannya membutuhkan internet untuk melakukan pekerjaan ketika selesai bekerja atau bagi mereka yang ingin lembur di rumah.

Selain itu, para orangtua membutuhkan internet untuk komunikasi, mencari informasi, belajar dan hiburan. Karena orangtua saat ini banyak menonton video edukasi dan religi melalui Youtube untuk siraman rohani. Jadi, walaupun tidak mengikuti suatu kajian atau ceramah para orangtua tetap dapat belajar agama dengan baik melalui internet.

Harga Jual Voucher Untuk Bisnis WiFi

Bisnis WiFi
Harga Voucher

Bisnis WiFi voucheran ini tentunya memakai voucher sebagai produk yang dijual. Voucher ini berisikan ID dan password agar pengguna dapat memakai WiFi tersebut. Anda bisa menerapkan harga voucher berdasarkan beberapa kategori, seperti:

  • Harian, harga voucher sekitar Rp 3000-Rp 5000
  • Mingguan, harga voucher berkisar Rp 10.000-Rp 30.000
  • Bulanan, harga voucher berkisar Rp 50.000-Rp 100.000

Harga voucher ini bisa anda atur sesuka hati, namun anda perlu memperhatikan konsumen tujuan. Jika pelajar dan mahasiswa maka harga yang ditetapkan harus sangat terjangkau. Jika orangtua dan karyawan anda bisa menjual voucher tersebut sedikit lebih mahal.

Untuk memperoleh untung yang besar, anda harus fokus pada banyaknya pelanggan dan bukan pada mahalnya harga voucher. Agar hal ini dapat terlaksana, maka anda harus memberikan pelayanan dan kualitas internet yang baik.

Peralatan Untuk Bisnis WiFi Voucheran

Bisnis WiFi
Peralatan Membuka Bisnis WiFi Voucheran

Bisnis WiFi voucheran dapat bekerja dengan baik jika peralatan yang digunakan sesuai dan berfungsi dengan baik. Peralatan ini harus lengkap adanya karena berkaitan satu sama lain. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah:

1. Modem

Sebelum membeli modem anda harus memilih ISP apa yang akan digunakan. Berapa ISP yang dapat anda gunakan adalah:

  • Indihome
  • MyRepublic
  • First Media, dan
  • MNC Play

Setiap ISP pasti memberikan modem ketika akan dipasang ditempat yang anda inginkan. Jika arena yang dijangkau cukup luas maka disarankan untuk membeli modem tambahan. Modem tambahan ini berfungsi sebagai access point sehingga anda memiliki beberapa titik hotspot.

2. Router

Alat ini sangat penting untuk bisnis WiFi karena bisa dipakai sebagai manajemen bandwidth sehingga trafik data tidak membludak tiba-tiba. Selain itu, router bisa dipakai untuk penyambung jaringan internet ke access point melalui modem dengan memakai kabel LAN.

Router yang disarankan memakai mikrotik karena settingannya cukup lengkap sehingga anda bisa membuat voucher WiFi dengan jangkauan waktu dan kecepatan tertentu. Tutorialnya juga cukup banyak di internet baik dalam bentuk video ataupun tulisan sehingga anda tidak akan kesulitan ketika melakukan pengaturan.

4. Kabel LAN dan RJ45

Kabel LAN yang sudah dilengkapi dengan RJ 45berfungsi untuk menyambungkan satu peralatan dengan peralatan lainnya. Anda juga bisa memakai kabel ini langsung ke laptop pengguna namun tidak disarankan karena akan kelihatan kumuh karena kabel akan membelit kemana-mana dan tidak praktis.

Baca juga seputar tips membangun bisnis wifi : membangun bisnis wifi rt/rw net hingga mahir

5. Komputer atau Laptop

Dua peralatan ini memiliki peranan penting karena digunakan untuk melakukan monitoring, pengaturan mikrotik WiFi, dan lainnya. Perangkat ini harus memiliki spesifikasi tertentu agar dapat berjalan dengan baik. Tentu lebih baik jika spesifikasinya di atas standar karena anda bisa menggunakannya untuk hal lain.

6. UPS Untuk Bisnis WiFi

UPS merupakan perlatan opsional namun berperan cukup penting. Karena dengan adanya UPS atau genset dapat mencegah peralatan yang dipakai mati tiba-tiba ketika terjadi pemadaman listrik. Alat ini tidak hanya menjaga kualitas peralatan lainnya tapi juga dapat menjadi cadangan daya listrik sehingga usaha anda dapat aktif 24 jam.

7. Printer

Printer dipakai untuk mencetak kartu voucher WiFi. Kartu inilah yang kemudian anda jual kepada para pelanggan. Anda bisa menjual voucher tersebut dengan harga yang berbeda-beda bergantung kepada penggunaan (harian, mingguan atau bulanan).

Bisnis WiFi dengan voucheran ini sangat menarik bukan?. Anda juga bisa menjual minuman, snack, token listrik, pulsa dan lainnya sambil menjalankan usaha ini. Jadi, anda bisa memiliki penghasilan lebih banyak disamping melakukan bisnis internet.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top