(10) Tips & tutorial membangun Rt Rw NET | Bisnis wifi rumahan

Bisnis internet wifi rumahan kerap menjadi ide usaha menarik dibeberapa kalangan masyarakat. Kegiatan bertema “Jasa layanan internet” ini banyak dikembangkan menjadi sebuah bisnis internet wireless yang dikenal dengan “Rt/Rw net”

Simak sajian lengkap tentang bagaimana membangun Rt rw net sebagai bisnis wifi rumahan, Artikel ini memberikan pandangan tentang apa itu rt rw net, sejarah, cara kerja hingga implementasi atau penerapan konsep bisnis itu sendiri.

FAQs

Apa itu jaringan Rt/rw net ?

Menurut sejarahnya, Rt/rw net adalah sebuah kegiatan membangun jaringan komputer yang tumbuh dari prinsip gotong royong masyarakat, dimana peruntukannya meliputi lingkungan Rt sampai kepada wilayah Rw setempat dengan media kabel dan beberapa diantaranya menggunakan teknologi wifi pada pita frekwensi 2.4 Ghz sebagai alat penghubungnya.

wireles wireless rt rw net

Apa tujuan Rt/rw net ?

Jika dilihat dari sudut pandang arti Rt/rw net diatas, tujuannya tidak lain adalah “Turut serta dalam membangun jaringan internet murah ditengah masyarakat dengan biaya gotong royong, serta membangun sebuah wadah yang sadar akan kehadiran dan manfaat internet”

Apakah Rt rw net ilegal ?

Menurut Handoyo taher, Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan APJII, dikutip dari website portal resmi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, “Kegiatan Rt/rw net sewajarnya harus memenuhi regulasi seperti Legalitas usaha (Badan usaha), memiliki NPWP, dan Pengusaha kena pajak (PKP) serta membayar BHP USO senilai 1.75% dari pendapatan kotor jasa komunikasi yang dijualnya”. Itu yang pertama…
Berikut ini cuplikan singkatnya

regulasi aturan dasar bisnis wifi rt rw net

Apa saja kebutuhan alat Rt/rw net ?

Untuk membangun layanan ini, diperlukan beberapa infrastruktur seperti router, Access point, managemen internet seperti mikrotik, dan beberapa hal lain yang akan dibahas dibawah ini, lebih dari sekedar infrastruktur tentunya dalam membangun layanan ini diperlukan etos kerja dan kompetensi yang tinggi dari pelaku kegiatan usaha Rt rw net itu sendiri.

Pada artikel ini dijelaskan secara lengkap mengenai seluruh konsep bisnis rt/rw net termasuk permodalan, kebutuhan alat, perijinan dan lain hal.

Teruslah membaca,.

Fenomena Internet ditengah masyarakat

Internet Kini menjadi kebutuhan masyarakat.

Dengan layanan tersebut masyarakat mendapatkan banyak manfaat akan kebutuhannya, diantaranya berbagi informasi kepada kerabat, sodara, teman maupun rekan bisnis.

Lebih dari sekedar berbagi informasi, Layanan teknologi informasi ini memberikan begitu besar kemudahan seperti :

Pembelanjaan produk berbagai kebutuhan, melakukan pembayaran rutin, memberikan sajian berupa layanan berita bahkan mendapat layanan hiburan berupa game dan layanan tontonan video pada platform Youtube salah satunya.

Dasar

INTERNET menjadi gerbang penghubung antar masyarakat, “Kemudahan berinteraksi menjadi prinsif utama hadirnya teknologi ini”, tumbuhnya Ekosistem antar masyarakat menjadi fakta utama dibalik sebuah manfaat layanan internet .

Landasan

Sulitnya dibeberapa daerah mendapatkan akses internet menjadi halangan masyarakat dalam berinteraksi secara luas, Terbatasnya coverage signal yang disediakan Provider menjadi hambatan besar masyarakat, dimana mereka cenderung mengandalkan signal seperti HSPDA atau signal berteknologi hybrid 4G sebagai fasilitas internet pada umumnya.

Walaupun demikian layanan yang diberikan Provider dibatasi dengan system Quota yang harganya bervarisi dengan ukurannya Gigabyte, teknik limitasi Quota tersebut merupakan strategi purnajual sebuah Perusahaan provider mobile internet pada umumnya.

Tujuan

Dengan peluang tersebut diatas, maka tepat sekali rasanya masyarakat berfikir memberikan layanan internet di lingkungannya melalui Layanan Rt/Rw net atau dikenal dengan nama Bisnis wifi rumahan.

UNGGULAN PRODUK Rt/rw net :

Umumnya semua pengguna diberikan akses tanpa Quota dan akses 24 jam tanpa batas, harga yang lebih terjangkau serta dapat dibayar secara gotong royong.


Mari kita mulai .. !

MEMBANGUN RT RW NET

Langkah kerja

Sebagai gambaran bisnis rt/rw net ini memiliki skema seperti dijelaskan berikut ini :

“Membangun sebuah Gateway dengan sumber internet pihak kedua, dimana selanjutnya dikembangkan menggunakan infrastuktuk jaringan Nir kabel (wifi) sehingga dapat digunakan oleh masyarakat, perorangan, maupun kelompok tertentu”.

Perlu anda perhatikan, untuk memulai kegiatan bisnis ini, dipastikan terlebih dahulu bahwa anda telah memiliki sumber internet seperti dijelaskan diatas.

Dimana anda telah berlangganan internet melalui sebuah provider baik itu dengan Media kabel Satelit atau Optik. Anda boleh pilih salah satu.

Umumnya tarif biaya berlangganan bulanannya berkisar antara 300 – 400 rb/bulan

Konsep bisnis

Bisnis ini terdiri dari 2 Kategori, diantaranya :

(1) Bisnis wifi rumahan dan

(2) Bisnis Rt rw net.

Namum keduanya mempunyai konsep serupa, dimana perbedaannya adalah pada infrastruktur, permodalan dan jarak jangkauan nya.

(1) BISNIS WIFI RUMAHAN

BISNIS WIFI RUMAHAN, Pasti sepintas anda pernah mendengarnya, tidak perlu modal besar untuk usaha jenis ini, anda hanya memerlukan Sumber internet dan beberapa perangkat saja seperti :

Router Wifi (Access Point) & Mikrotik

Perhatikan skema ilustrasi gambar dibawah ini :

skema wifi rt rw net mikrorik
ilustrasi 1

Kedua perangkat tersebut jika ditotalkan biayanya berkisar 800 ribu sampai 1 juta, itupun jika menggunakan mikrotik. Bayangkan jika tidak menggunakan mikrotik, investasi yang dikeluarkan bahkan dibawah 500 ribu. Sungguh hemat bukan ?

gambar wifi rt rw net
ilustrasi 2

Sebagai rekomendasi, Usahakan menggunakan Mikrotik.

Kenapa harus menggunakan mikrotik ?. dibawah ini dijelaskan fungsi dan manfaat yang didapatkan dari perangkat tersebut. Hal ini bersifat opsional, jika merasa ingin berhemat tentu saja tidak perlu menggunakan perangkat tersebut.

Router wifi (Acces point)

Apa itu router wifi ?
Perangkat ini disebut juga sebagai access point. Dimana fungsinya memancarkan sinyal digital wireless yang dapat diterima pada laptop Ipad android dan sebagainya.
Banyak jenis farian router wifi yang dapat anda temukan di pasaran dengan brand atau merek yang aneka ragam.

Diantaranya TP-link, Netis, D-link, Tenda, Toto-link, Cisco, Huawei, Ubiquity-AP dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa contoh penampakan gambarnya :

Semua perangkat access point wireless diatas umumnya bekerja pada frekwensi frekwensi 802.11c Dimana pada frekwensi tersebut dapat diakses menggunakan perangkat seperti Tablet Ipad Android Laptop dan sebagainya.

MIkrotik

Mikrotik dalam hal ini berperan sebagai manajemen internet,
Lengkapnya mikrotik dalam layanan bisnis wifi rumahan ini fungsinya sebagai pengelolaan trafik, memberi batasan kecepatan, dan lebih dikhususkan untuk membuat username dan pasword account pelanggan.

mikrotik routerboard wifi
contoh gambar mikrotik

Beberapa rekomendasi jenis mikrotik dapat anda gunakan adalah sebagai berikut, Mikrotik Rb 941 Rb 750 Rb 750 r2 harganya berkisar 500-700 ribu rupiah

(2) Bisnis Rt rw net

Bisnis RT/RW NET Konsepnya sama namun terdapat beberapa infrastruktur tambahan seperti tiang monopole (lihat gambar 1), atau tiang triangle (lihat gambar 2 dibawah) dan infrastruktur tambahan lainnya.

Hal ini bertujuan agar jangkauan sinyal yang dihasilkan lebih jauh dan tentunya semakin besar potensi masyarakat ikut serta bergabung sebagai pelanggan rt rw net anda.

Rt/rw net sedikit berbeda dengan bisnis wifi rumahan, dari aspek permodalan cenderung lebih padat modal, Namun jika cerdas secara manajement,

” Skala usaha ini bisa mendapat banyak keuntungan tiap bualnnya, dan bisa balik modal kurang dari satu tahun, bahkan jauh lebih singkat dari itu “

tiang monopole wifi
gb.4 tiang monopole
bisnis wifi tower 2
gb.5 tiang triangle

Selain memberikan layanan internet kepada lingkungan sekitar, atau lingkungan Rt Rw setempat, Layanan ini idelanya mampu memberikan akses ke plosok desa melalui infrastruktur teknologi wifi ke beberapa daerah tertentu.

(Akan tetapi dengan jangkauan terlalu jauh tersebut maka keluar dari topik membangun layanan internet pada lingkungan Rt dan Rw). Namun pilihan tetap di tangan anda.

Sebagai tips nya, silahkan kurangi nilai konstan Tx-power pada masing masing perangkat wifi melalui fitur menu pada Router wifi. atau gampangnya posisikan antena tidak terlalu tinggi, agar membran signalnya tidak terlalu luas.

Dengan algoritma seperti gambaran diatas, tidak menutup kemungkinan dapat melayani permintaan berlangganan baik itu untuk kantor kelurahan, Institusi, Instansi, Warnet perkantoran pertokoan dan lain sebagainya.

Persiapan & implementasi

Berikut ini tahapan perencanaan yang dapat dilakukan

(1) Cari Provider internet murah

Mulailah mencari provider di kota anda, dan lakukanlah pendaftaran menjadi pelanggan mereka. Saat ini banyak penyedia layanan internet via kabel optik dengan harga yang variatif.

Lakukan perbandingan harga dan produk yang ditawarkan antar beberapa penyedia layanan internet fiber optik.

(2) Buat Strategi

Pada tahap ini anda harus melakukan perencanaan tentang strategi bisnis rt rw net, diantaranya :

  • Lakukan riset tentang cara mendapatkan pelanggan
    – Misalkan promosi (tidak dibebankan biaya awal untuk 20 pelanggan pertama)
  • Lakukan riset tentang harga jual
    – Simak : Contoh penerapan harga jual internet wifi rumahan
  • Lakukan analisa tentang biaya biaya operasional untuk 1 – 3 bulan kedepan
  • Rencanakan jumlah target pelanggan anda dalam 1 – 3 bulan kedepan
  • Rencanakan tentang biaya SDM jika anda memiliki karyawan
  • Lakukan Analisa, Kapan anda BALIK MODAL ?

(3) Pahami topologi jaringan rt/rw net

Sebelum lebih jauh, silahkan pahami tentang topologi bagaimana produk internet wifi bisa diterima oleh sebuah perangkat dan dapat digunakan sebagaimana mestinya oleh manusia.

(4) Let`s Do it !

Jika telah menguasai tiga poin diatas, Lakukanlah bisnis wifi ini dengan strategi sederhana dengan cara interaksi sosial, tawarkan kepada tetangga dan lingkungan terdekat anda.

Langkah ini bertujuan sebagai media sponsoring dan kadang disebut media Mulut ke mulut, Semakin banyak masyarakat mengetahui tentang produk wifi anda, dengan seperti itu banyak kemungkinan anda mendapat peluang terbesar lainnya.

Lakukan media komunikasi lainnya tentang bisnis wifi Rt rw net ini kepada orang yang berpengaruh, seperti orang internal di kelurahan, atau di dalam sebuah instasi lainnya seperti sekolah, koperasi, warnet dan lain sebagainya.

(5) Pertanyaan Umum

Dimana saya bisa mendapatkan paket perangkat Rt rw net ?

SIMAK :
Paket Server Rt rw net
Dapatkan tips Rahasia & Manajemen jika anda order Paket server rt rw net dari kami.

Tips penting tambahan

Saat anda terjun melakukan kegiatan bisnis wifi diatas, perlu rasanya anda memperhatikan hal-hal dibawah ini :

  1. Rencanakan Tujuan bisnis anda
  1. Lakukan Riset & Compare serta analisa modal yang diperlukan
  1. Perhitungan Cashflow atau tingkat balik modal
  1. Tiga poin diatas telah dibahas, dan ketika usaha mulai berkembang
    perlu juga anda lakukan perizinan. simak Persyaratan Rt rw net
  1. Dan bagian terpenting lainnya adalah Layanan diskusi atau konsultasi.
    Silahkan tinggalkan keluh kesan, pandangan anda, atau pertanyaan umum seputar Rt rw net pada komentar dibawah.

Sampai pada bagian ini kita semua telah menyimak tahapan dasar memulai bisnis wifi rumahan dan usaha rt/rw net. masih banyak atikel lainnya untuk membantu anda dalam menjalankan usaha cerdas ini.

*Konsultasi gratis

WhatsApp

11 pemikiran pada “(10) Tips & tutorial membangun Rt Rw NET | Bisnis wifi rumahan”

    • siap segera dibuatkan, artikelnya memang belum kumplit. ditunggu yahh.
      Mohon berikan email yang valid biar tau ada pemberitahuan posting terbaru

      Balas
  1. makasih gan, ditunggu postingan sambungannya. pengen belajar lebih banyak, biar tipis kantong yang penting semangat cari tau. wokwokwok

    Balas

Tinggalkan komentar