skip to Main Content
Perangkat Internet Beserta Fungsinya (penjelasan)

Perangkat internet beserta Fungsinya (penjelasan)

Perangkat internet merupakan peralatan yang sangat penting agar jaringan internet dapat berfungsi dengan baik. Peralatan ini memiliki bentuk, nama dan fungsi yang berbeda-beda. Setiap peralatan ini merupakan satu kesatuan sehingga jika salah satunya tidak ada maka jaringan internet akan terhambat.

Perangkat Keras Akses Internet
Contoh beberapa Perangkat internet

Perangkat internet atau yang biasa dikenal dengan hardware merupakan komponen utama yang dapat disentuh karena memiliki bentuk fisik. Perangkat ini cukup beragam, sehingga anda perlu mengetahui hal ini beserta dengan fungsi-fungsinya, diantaranya :

Modem

Modem
Contoh dari Modem

Modem merupakan perangkat internet yang paling utama. Karena modem fungsinya untuk menerima sinyal analog kemudian diubah menjadi sinyal digital. Kemampuan modem ini berguna agar anda dapat mengakses internet di komputer atau laptop masing-masing.

Walaupun demikian, modem ini memiliki dua fungsi tambahan. Pertama, menerima signal inputl dari provider internet seperti Indihome, MyRepublic, First Media dan lainnya. Kedua, membuat device yang tersambung terhubung dengan koneksi internet.

Modem saat ini sudah sangat beragam, dahulu modem memiliki model seperti USB stick dan harus dihubungkan ke port USB yang ada. Namun, saat ini terdapat model wireless. Setiap modem ini memakai model ASDL yang berguna sebagai penghantar jaringan sehingga jaringan internet dapat terhubung kepada sekelompok atau satu device dengan baik.

Access Point Hardware Internet

Perangkat internet berikut ini memiliki fungsi yang tidak kalah pentingnya. Secara ringkas access point dapat diartikan sebagai hotspot atau titik adanya jaringan internet. Hotspot ini biasanya menggunakan jaringan wireless dan dapat menjangkau jarak tertentu.

Tentunya anda dapat mengatur password agar hotspot ini tidak mudah digunakan oleh orang lain. Internet yang dipancarkan dari hotspot dapat tersambung ke berbagai device seperti laptop, smartphone, tab dan lainnya dengan mudah.

Router Hardware Internet

Hardware internet satu ini merupakan komponen penting dalam penyaluran jaringan internet. Router (penghala dalam bahasa indonesia) berfungsi untuk mengirimkan jaringan internet dengan lebih efisien, sehingga kualitas internet selalu baik dan kencang.

Router tersebut memiliki table routing yang merupakan daftar tujuan akses jaringan internet. Jadi, suatu device tidak akan menerima jaringan internet jika tidak terdaftar dalam table routing. Table routing ini dapat diatur dengan mudah, namun hal ini bergantung dari jenis router yang digunakan.

Wireless Network Adapter

Perangkat Keras Akses Internet
Contoh Wireless Adapter Untuk PC atau Laptop

Jenis perangkat internet yang satu ini memiliki peranan penting agar komputer dapat menerima jaringan internet dengan baik. Namun, sekarang modem telah dilengkapi dengan wireless adapter sehingga tidak perlu membelinya secara terpisah. Selain itu, hampir semua laptop yang ada telah dilengkapi dengan hardware ini.

Server Perangkat Keras Akses Internet

Hardware Internet
Server Room

Hardware internet berikut ini memiliki peranan yang luar biasa pentingnya. Server fungsinya sebagai bank data yang berfungsi sebagai menyimpan berbagai data dan mengirim data tersebut ketika dibutuhkan oleh pengguna melalui jaringan internet.

Karena itu, tanpa adanya server anda tidak dapat menemukan berbagai informasi atau konten apapun walaupun jaringan internet yang dimiliki sangat baik. Posisi server juga menentukan kecepatan akses data karena semakin dekat dengan server maka akses jaringan melalui internet akan semakin cepat.

Kabel Jaringan

Perangkat internet yang satu ini tidak kalah pentingnya dengan perangkat internet lainnya. Perangkat ini fungsinya untuk menyalurkan jaringan internet ke berbagai lokasi dengan melalui perantara kabel. Penggunaan kabel ini dapat disesuaikan baik untuk kebutuhan pribadi ataupun perkantoran.

Kabel ini juga digunakan sebagai penghubung jaringan internet pada hotspot ataupun modem. Kemudian kedua perangkat ini akan menyalurkannya kembali ke device lain melalui Wireless atau kabel LAN.

Komputer atau Laptop

Komputer dan Laptop
Komputer dan Laptop

Perangkat internet berikut ini tentu sudah banyak dikenal oleh para pengguna. Karena tanpa bantuan komputer, laptop, smartphone ataupun tab anda tidak bisa menikmati jaringan internet tersebut walaupun kecepatan datanya ratusan MB.

Namun, untuk mengakses internet dibutuhkan peralatan tambahan seperti wireless adapter pada komputer agar dapat menangkap jaringan tanpa kabel data. Anda juga harus mengetahui spesifikasi komputer atau laptop tersebut dengan baik agar dapat mengoperasikan software seperti Mozilla, Chrome atau Internet Explorer dengan baik.

Anda juga perlu memeriksa port USB yang ada pada pc atau laptop ini. Hal ini penting jika anda akan memakai modem USB ataupun kabel LAN. Karena percuma membeli modem tersebut jika port USB atau kabel LAN tidak ada, sehingga anda harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli modem wireless atau MiFi.

Antena Tambahan Hardware Internet

Antena
Antena Penangkap dan Penguat Jaringan Internet

Perangkat internet berikut ini sangat berguna bagi anda yang tinggal di pinggiran kota atau lokasinya tertutup oleh bangunan tinggi. Karena dua hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas jaringan internet yang diterima.

Antena ini bersifat tambahan karena tidak dibutuhkan pada lokasi yang sinyal jaringannya kuat. Walaupun demikian, anda dapat mempertimbangkan hardware ini jika memiliki masalah sulit sinyal karena dua hal sebelumnya. Adapun fungsi antena ini antara lain:

  • Menangkan sinyal jaringan yang lokasinya jauh
  • Memperkuat sinyal jaringan yang ada sehingga lebih stabil dan cepat

Antena eksternal ini banyak digunakan untuk pemakaian mobile broadband dengan pemancar wireless seperti smartphone android ataupun modem. Walaupun bersifat tambahan, antena ini akan berubah menjadi prioritas jika anda akan membuka usaha RT/RW net.

Nah, itulah 8 perangkat internet yang perlu anda ketahui. Hal ini sangat penting dan berguna khususnya bagi anda yang ingin membuka usaha warnet atau RT/RW net. Karena dengan mengetahui hal tersebut, anda dapat mempersiapkan segala sesuatunya agar jaringan internet yang diperoleh berkualtias tinggi.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top