5 Aplikasi untuk Belajar Gratis untuk Para Pelajar SMA

5 Aplikasi untuk Belajar Gratis untuk Para Pelajar SMA

Pandemi akibat serangan wabah Virus Corona memang berdampak sangat luas, termasuk di ranah pendidikan. Selama masa pandemi, kegiatan belajar-mengajar dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing siswa. Beruntungnya saat ini telah hadir banyak pilihan aplikasi untuk belajar gratis sebagai salah satu tips belajar dirumah. Aplikasi-aplikasi ini dibuat untuk semua jenjang pendidikan, termasuk SMA. Kira-kira apa saja nama aplikasinya? Berikut kami bagikan informasinya. 

Aplikasi untuk Belajar Gratis untuk Para Pelajar SMA

Zenius

Aplikasi untuk Belajar Gratis untuk Para Pelajar SMA

Aplikasi untuk belajar gratis secara online yang pertama adalah Zenius. Aplikasi yang satu ini memang sangat terkenal di Indonesia. Melalui aplikasi ini, siswa dan guru dapat memanfaatkan fitur-fitur yang ada untuk memudahkan proses belajar. 

Aplikasi ini dapat digunakan oleh semua kalangan siswa, mulai dari siswa SD hingga siswa SMA. Sudah banyak siswa yang menggunakan aplikasi ini telah berhasil meraih impian mereka berkuliah di universitas favorit. 

Sebagai salah satu aplikasi belajar online terbaik di Indonesia, Zenius menyediakan banyak sekali media pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Salah satunya adalah media video yang jumlahnya mencapai 80.000. Menariknya lagi, video-video ini dapat kita akses secara gratis.

Baca juga: Penyebab Sulit Memahami Pelajaran

Selain media pembelajaran yang berupa video, ada juga media belajar lainnya yang dibuat dalam bentuk soal-soal sesuai dengan mata pelajaran. Ribuan soal ini dapat kita manfaatkan untuk menguji kemampuan akademik kita. 

Jika kita ingin berlangganan, kita akan mendapatkan lebih banyak keuntungan. Salah satunya adalah jangkauan akses yang lebih luas namun dengan harga yang relatif terjangkau. Materi yang disediakan untuk para pelanggan dan non-pelanggan tentu saja dibedakan. Khusus untuk para pelanggan, materi yang tersedia jauh lebih lengkap. 

Zenius sendiri mempunyai sebuah blog yang membahas beragam isu terkini namun dari sudut pandang pengetahuan. Jadi hanya dengan membaca konten blog Zenius, kalian dapat mengetahui berbagai fenomena dan mengkritisinya secara objektif. 

Ruangguru

Ruangguru

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi untuk belajar gratis yang satu ini. Ruangguru adalah aplikasi belajar online yang sedang hits saat ini. Materi dan metode belajar yang ditawarkan sungguh kreatif dan fun; benar-benar menjadikan kita, para siswanya, menjadi suka dan semangat untuk belajar.

Aplikasi yang dirilis tahun 2016 lalu ini memiliki fitur yang sangat lengkap dan informatif. Sama seperti Zenius, Ruangguru juga menyediakan ribuan video belajar online yang disampaikan dengan sangat jelas dan menarik oleh kakak-kakak tutor yang cerdas. 

Ruangguru didapuk sebagai platform pendidikan online yang berlandaskan skill academy, yaitu kemampuan digital yang dimiliki oleh para siswanya. Sungguh menarik, bukan? Tiap kelas daring nantinya akan didampingi oleh satu kakak tutor yang memiliki skill mengajar yang sangat mumpuni. 

Jika kalian tertarik untuk mencoba menggunakan aplikasi untuk belajar gratis yang satu ini, langsung saja unduh aplikasinya di smartphone kalian secara gratis. Kalian juga bisa berlangganan dengan potongan harga yang cukup besar. 

Pahamify

Pahamify

Nah, aplikasi untuk belajar gratis yang satu ini sedikit berbeda. Pahamify sendiri merupakan sebuah aplikasi belajar berbasis digital yang menawarkan berbagai jenis pembahasan soal dan materi semua jenis mata pelajaran. 

Ada beragam pilihan fitur yang bisa kalian pilih. Namun ada satu fitur yang menjadi unggulan, yaitu fitur yang berisi kuis-kuis digital yang cukup mudah dan ringan untuk dijawab. Nah, soal-soal pada kuis digital ini tentu bisa kalian manfaatkan sebagai penguji kemampuan dasar akademik kalian. 

Pada saat sesi penyampaian materi, akan dilengkapi dengan video yang berisi penjelasan secara rinci mengenai segala hal yang ada kaitannya dengan materi tersebut. Ini hanya salah satu fitur saja; masih banyak fitur lainnya yang tak kalah menarik untuk dicoba. 

Baca juga: Cara Membuat Ruang Belajar Nyaman

Pahamify masuk dalam daftar aplikasi untuk belajar gratis dengan rating yang tinggi. Salah satu faktor penyebabnya adalah fitur interface-nya yang sangat nyaman plus matei-materinya yang sangat lengkap. 

Ada juga fitur Flash Card yang menjadikan para siswa lebih mudah dalam menghafal berbagai jenis materi pelajaran. Bagaimana, tertarik untuk segera mengunduhnya?

Brainly

brainly

Selain Ruangguru, Pahamify, dan Zenius, ada juga pilihan aplikasi untuk belajar gratis lainnya yang sepertinya sangat menarik untuk dicoba. Aplikasi ini dinamakan Brainly. Dari konsep belajar yang ditawarkan oleh aplikasi ini jelas sangat berbeda. Brainly terkenal sebagai aplikasi tanya-jawab yang bisa dibilang serupa dengan Yahoo Answer. Hanya saja sesi tanya-jawab pada aplikasi ini difokuskan pada tanya-jawab yang ada kaitanya dengan materi pelajaran. 

Kalian sebagai users juga bisa mengunggah soal lalu menemukan berbagai macam alternatif jawabannya di aplikasi ini. Jawaban-jawaban dari pertanyaan yang telah berhasil diunggah berasal dari para users aplikasi ini.

Selain konsep tanya-jawab, Brainly juga menyediakan banyak sekali materi pelajaran yang telah dirangkum dengan padat dan jelas. Materi-materi semacam ini tentu akan jauh lebih mudah dipelajari.

Brainly juga menerapkan sistem ranking dan poin yang membuat kalian semakin bersemangat untuk belajar melalui aplikasi ini. Meski aplikasi bebas diakses oleh siapapun, sebaiknya hindari mengunggah pertanyaan yang kurang pantas atau sejenisnya karena dapat mengurangi poin yang sudah kalian dapat, atau bahkan akun kalian dapat di-banned  oleh Brainly. 

Quipper

aplikasi untuk belajar gratis

Ada satu lagi aplikasi untuk belajar gratis yang sangat recommended. Aplikasi tersebut bernama Quipper. Quipper kerap memanfaatkan popularitas para selebgram yang kemudian dijadikan sebagai brand ambassador. 

Konsep atau ide belajar yang ditawarkan oleh aplikasi yang satu ini kurang lebih sama dengan ketiga aplikasi belajar online di atas. Sebut saja ketersediaan puluhan ribu soal, tutor yang berpengalaman, dan materi yang bebas diunduh kapan saja.

Quipper dilengkapi dengan berbagai jenis fitur yang sangat membantu para users untuk meningkatkan prestasi akademik mereka. Salah satu fitur yang menarik dari aplikasi ini adalah Quipper School. Fitur ini dibuat khusus untuk membantu para users yang kesulitan mengerjakan PR.

Caranya bagaimana? Caranya sangat mudah, yaitu dengan memasukan kode PR yang diberikan oleh guru. Users hanya perlu mengerjakan PR mereka dari aplikasi ini. Tak hanya berisi fitur-fitur yang menarik saja yang bisa kalian jumpai di aplikasi ini. Aplikasi ini juga banyak artikel yang pastinya sangat bermanfaat bagi para siswa.Ada juga banyak tips belajar yang bisa kalian coba. 

Sebenarnya masih banyak aplikasi untuk belajar gratis lainnya yang patut kalian coba. Sebut saja Rumah Belajar, Meja Kita, Icando, IndonesiaX, Google for Education, Kelas Pintar, Microsoft Office 365, Cisco Webex, dan Sekolahmu. 

Tentu dengan hadirnya aplikasi-aplikasi di atas akan memudahkan kita untuk belajar secara gratis dan online. Aplikasi-aplikasi ini juga bisa kalian jadikan sebagai salah satu cara belajar efektif

Kira-kira dari keempat aplikasi untuk belajar gratis di atas, mana yang menjadi pilihan kalian? Keempat aplikasi di atas tentu memiliki keunggulan yang berbeda. Kalian dapat memilih aplikasi mana yang sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan kalian. Selamat belajar. 

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.