10 Cara Melatih Otak agar Fokus

Cara Melatih Otak agar Fokus dengan Digital Detox
istockphoto.com

Rutinitas yang kita kerjakan tentu memerlukan fokus atau meningkatkan konsentrasi. Apalagi jika rutinitas tersebut ada kaitannya dengan kegiatan belajar ataupun pekerjaan. Namun kadang kita sering kurang bisa fokus karena banyak hal. Tentu hal ini dapat mengganggu aktivitas kita. Dampak yang paling nyata adalah belajar menjadi kurang optimal atau pekerjaan tidak kunjung selesai. Nah, agar kita dapat kembali fokus, yuk kita coba beberapa cara melatih otak agar fokus berikut ini.

Cara Melatih Otak agar Fokus dengan Digital Detox

Cara Melatih Otak agar Fokus dengan Digital Detox
istockphoto

Digital Detox sendiri adalah suatu cara melatih otak agar fokus dengan cara membatasi akses media sosial. Dengan digital detox, kita akan mengontrol diri kita sendiri untuk membatasi durasi akses media sosial tiap harinya. Tanpa sadar, sebagian besar masyarakat dunia tanpa sadar selalu tergerak untuk mengakses media-media sosial. 

Awalnya memang sulit untuk membatasi durasi untuk mengakses media sosial. Namun jika kita memiliki komitmen dan disiplin yang tinggi, ‘terapi’ digital detox ini kemungkinan besar akan efektif. 

Tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk mengaplikasikan ‘terapi’ digital detox ini. Ada yang menggunakan cara membatasi durasi akses media sosial, menon-aktifkan notifikasi media sosial, dan bahkan meng-uninstall aplikasi-aplikasi media sosial di smartphone mereka.

Menyusun Daftar Tugas

Cara Melatih Otak agar Fokus
Gambar oleh Richard Park dari Pixabay

Cara melatih otak agar fokus yaitu dengan cara menyusun daftar tugas atau agenda yang akan dikerjakan untuk rentang waktu tertentu, mulai dari agenda harian, mingguan, hingga bulanan. Menurut hasil dari beberapa penelitian, tugas-tugas yang sudah dibuat dalam sebuah daftar dapat meningkatkan produktivitas.

Ada trik agar kita efektif dalam membuat daftar tugas, yaitu dengan mendahulukan yang menjadi prioritas. Soal di mana kita akan menulis daftar tugas, itu optional. Kita bisa menuliskan daftar tugas di atas sticky notes lalu menempelkannya di meja belajar. Atau dengan menulis to-do list kita di buku agenda kita. Atau bisa juga dengan memanfaatkan aplikasi yang terdapat pada ponsel pintar kita.

Baca juga:  Aplikasi untuk Belajar Gratis

Kumpulkan Tugas yang Serupa Lalu Kerjakan secara Bergantian

Nah, setelah membuat daftar tugas, kelompokan tugas-tugas yang serupa, lalu kerjakan secara bergantian. Cara ini juga sangat membantu kita untuk mengurangi kebiasaan buruk mengerjakan tugas lebih dari satu jenis, alias multitasking

Meski kesannya gesit dan cekatan, cara kerja multitasking ini sebenarnya cukup berisiko, kurang efektif, dan tidak efisien. Apalagi jika pekerjaan tersebut memerlukan tingkat konsentrasi yang tinggi. Tentu multitasking bukanlah pilihan metode yang solutif. 

Buatlah Target ‘SMART’

Dilansir dari portal berita online Kompas.com, buatlah target ‘SMART’ agar kita tetap dapa fokus dalam mengerjakan suatu pekerjaan. SMART sendiri memiliki singkatan SPECIFIC, MEASURABLE, ACHIEVABLE, RELEVANT, dan TIMELY. Dengan mengimplementasikan cara melatih otak agar fokus ini, pekerjaan akan selesai dengan hasil yang sempurna.

Cukup Istirahat

Cara Melatih Otak agar Fokus
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Cara melatih otak agar fokus selanjutnya adalah memastikan bahwa tubuh kita telah beristirahat dengan cukup. Sebuah hasil penelitian menyebutkan bahwa kurang tidur atau begadang hanya akan membuat otak kita kurang dapat fokus ketika melakukan suatu pekerjaan. 

Tak hanya itu, tidur di waktu-waktu yang tidak ideal juga dapat berpengaruh pada kemampuan daya ingat, baik daya ingat jangka panjang maupun daya ingat jangka pendek. Nah, agar kita dapat mengatur waktu tidur kita, pastikan kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang banyak mengandung kafein seperti kopi. 

Kita juga perlu menghindari mengakses smartphone kita saat akan menjelang tidur. Trik lainnya agar kita dapat tidur dengan cepat dan berkualitas adalah dengan menciptakan suasana kamar senyaman mungkin. Misal dengan mengatur pencahayaan di kamar, mandi air hangat sebelum tidur, dan lain sebagainya. 

Asupan Gizi Terpenuhi dengan Baik

Cara Melatih Otak agar Fokus
Gambar oleh Shutterbug75 dari Pixabay

Cara melatih otak agar fokus berikutnya adalah dengan memastikan bahwa tubuh telah menerima asupan gizi yang cukup dan lengkap. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk memperhatikan asupan gizi harian kita. Kandungan gizi yang masuk ke dalam tubuh kita nantinya akan diproses lalu didistribusikan ke dalam darah, termasuk darah yang beredar ke dalam otak.

Pastikan Perut tidak dalam Kondisi Lapar

Wajar rasanya jika banyak orang yang mengeluh sulit berkonsentrasi dengan alasan perut lapar. Statemen ini rupanya ada benarnya. Otak akan kurang fokus apabila perut dalam kondisi kosong.

Baca juga: Penyebab Sulit Memahami Pelajaran 

Mengisi perut dengan makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan seimbang menjadi salah satu cara melatih otak agar fokus yang sangat efektif. Pastikan makanan yang kita konsumsi mengandung nutrisi yang lengkap seperti lemak, karbohidrat, protein, mineral, dan lain sebagainya. 

Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro adalah sebuah cara melatih otak agar fokus yang sangat tepat. Dengan menerapkan metode Pomodoro ini, kita akan dituntut untuk memiliki pola belajar dan mengerjakan tugas secara teratur. 

Dalam mengaplikasikan metode ini, kita harus mengikuti alokasi waktu pengerjaan tugas yang telah ditentukan. Alokasi waktunya adalah sebagai berikut:

  • 25 menit pertama untuk mengerjakan tugas 
  • 5 menit setelahnya untuk beristirahat
  • 25 menit kemudian kembali mengerjakan tugas
  • 5 menit kemudian beristirahat

Begitu seterusnya hingga 4 kali putaran. Usai berhasil melewati 4 kali putaran, kita diperbolehkan untuk beristirahat selama 25 menit hingga 30 menit. Kita juga bisa gunakan alat bantu berupa aplikasi Pomodoro online yang bisa kita unduh di smartphone kita. 

Dengarkan Alunan Musik Klasik

Cara Melatih Otak agar Fokus

Mendengarkan musik klasik rupanya dapat cukup membantu kita untuk dapat fokus ketika kita sedang mengerjakan suatu tugas. Alunan musik klasik yang ritme-nya naik-turun ternyata dapat menstimulasi otak kita. Tak heran jika kita akan merasa sangat fokus ketika kita mengerjakan tugas dibarengi dengan alunan musik klasik di telinga kita. Selain indah, cara melatih otak agar fokus yang satu ini juga sangat enjoyable dan pastinya sangat efektif juga.

Olahraga dan Bergaul

woman 422546 1920
Gambar oleh Daniel Perrig dari Pixabay

Selain beberapa cara di atas, kita juga dapat mengaplikasikan cara melatih otak agar fokus yang satu ini. Benar sekali. Dengan cara olahraga dan bergaul. Olahraga sangat membantu kita untuk mengoptimalkan zat kimia pada otak serta melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita, termasuk otak kita. Bahkan banyak scientists yang berpendapat bahwa dengan rutin berolahraga, sel-sel baru di dalam otak akan lebih mudah terbentuk. 

Bagaimana, kira-kira cara mana yang akan kamu aplikasikan untuk tingkatkan daya konsentrasi? Dengan mencoba terapkan beberapa cara di atas, tentu kita akan lebih mudah untuk bisa menyelesaikan tugas sesuai dengan yang kita harapkan. Kita pun juga dapat aplikasikan cara belajar efektif yang sudah kita siapkan. Alhasil, tugas pun dapat terselesaikan dengan baik dan tepat waktu plus hasilnya pun memuaskan.

Ingat, apapun penyebab penurunan daya konsentrasi pada otak kita, mulai dari tugas yang menumpuk, pengaruh mood, hingga kurang tidur tentu akan memberi dampak langsung pada produktivitas.