skip to Main Content
7 Antivirus Terbaik Untuk PC Tahun 2020

7 Antivirus Terbaik Untuk PC Tahun 2020

Antivirus terbaik yang ada pada tahun 2020 ini cukup beragam, sehingga banyak orang menjadi bingung ketika akan memilih satu diantaranya. Memiliki antivirus ini sangatlah penting, karena dapat mencegah kerusakan software pada pc atau laptop.

Antivirus Terbaik
Ancaman Virus Komputer

Virus komputer ini terus mengalami perkembangan sehingga kamu dapat menemukan ratusan bahkan ribuan virus baru setiap harinya. Oleh karena itu, kamu harus menggunakan antivirus paling mutakhir dengan update-an terbaru untuk menanganinya.

Kerusakan yang disebabkan virus cukup beragam. Mulai dari kerusakan software, sulit melakukan booting, duplikasi data, kerusakan hardware bahkan pencurian data. Inilah beberapa alasan mengapa kamu perlu melakukan perlindungan pada pc pribadi masing-masing.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa antivirus yang ada saat ini sangatlah banyak. Kamu bisa memperoleh antivirus baik itu buatan lokal ataupun luar negeri. Berikut ini merupakan antivirus pilihan terbaik yang dapat kamu gunakan, yaitu:

ESET Antivirus

ESET Antivirus
Tampilan ESET antivirus

ESET merupakan salah pilihan antivirus yang dapat kamu gunakan dengan mudah. Karena tampilannya sangat sederhana sehingga kamu dapat mempelajarinya dalam waktu yang cepat.

Kemudahan ini juga dilengkapi dengan berbagai fitur yang sangat baik. Contohnya saja proses scanning yang cukup cepat, ukurannya ringan sehingga tidak menghambat proses booting serta aktivasi secara gratis.

Kamu dapat membayar biaya langganan kepada pihak ESET secara langsung. Namun, kamu bisa mencari kode aktivasi dari internet secara gratis. ESET memberikan dua pilihan antivirus yaitu NOD32 dan ESET Smart Security. Keduanya memiliki keunggulan yang sama. Namun, antivirus ini cukup sulit untuk di un-install karena harus masuk ke safemode terlebih dahulu.

Avast Antivirus Terbaik

Avast Logo
Avast Antivirus Logo

Antivirus satu ini sudah cukup dikenal oleh pengguna pc di seluruh dunia. Dapat dikatakan bahwa Avast merupakan antivirus yang paling banyak digunakan. Karena terdapat berbagai kelebihan di dalamnya seperti mesin scanning yang canggih, database virus yang sangat lengkap, plus terdapat fitur update driver pada antivirus ini.

Selain itu, antivirus ini sangat cocok digunakan oleh para gamer karena terdapat fitur “Game Mode” sehingga kamu tidak dapat diganggu oleh notifikasi apapun ketika bermain game. Walaupun demikian terdapat dua kekurangan pada Avast yaitu pilihan pengaturan yang cukup banyak dan ribet serta tautan iklan program Avast premium.

Kaspersky Antivirus

Kaspersky
Kaspersky Antivirus Logo

Antivirus ini berikut sudah tidak diragukan lagi akan kemampuannya dalam membasmi berbagai virus dan malware komputer. Pada awalnya, antivirus asal Rusia hanya mengeluarkan produk berbayar semata. Namun, sekarang kamu sudah dapat menikmati versi gratis untuk antivirus ini.

Keunggulan antivirus Kaspersky terdapat pada kemampuan scan dan database virusnya yang sangat lengkap. Sedangkan, kekurangannya terdapat pada perbedaan fitur pada versi gratis dan berbayar. Jadi, jika kamu ingin perlindungan yang maksimal maka mau tidak mau harus berlangganan versi berbayar.

AVG Antivirus Terbaik

Antivirus Terbaik
AVG Antvirus Logo

Antivirus terbaik berikutnya adalah AVG yang tentunya telah banyak dikenal oleh pengguna Indonesia. Antivirus ini terus mengalami perbaikan yang signifikan sehingga tetap menjadi salah satu pilihan bagi kamu yang membutuhan pengamanan terbaik.

Kelebihan utama pada antivirus satu ini adalah kemampuannya dalam melindungi pc dari virus dan malware lainnya. Selain itu, kamu tidak perlu melakukan registrasi apapun sehingga data pribadi tidak tersebar ke pihak AVG.

Walaupun demikian terdapat beberapa kelemahan di dalamnya seperti tampilan iklan untuk versi pro AVG, proses scanning cukup lama terlebih jika melakukan deep scanning. Selain itu, antivirus ini tidak begitu canggih menangkal phising ketika internetan serta fiturnya yang langsung menghapus file yang terkena virus. Karena beberapa file tersebut dapat diperbaiki sehingga tetap dapat digunakan.

Avira Antivirus

Avira Antivirus
Avira Antivirus Logo

Avira merupakan salah satu antivirus tertua yang pernah ada dan tetap eksis sampai saat ini. Hal ini dikarenakan kemampuannya yang sangat baik dalam memberikan proteksi dari virus dan malware lainnya. Selain itu, tampilan Avira mudah dipahami dan digunakan.

Avira memiliki tiga fitur unggulan utama yaitu PUS Shield yang berfungsi untuk mencegah virus dan malware, browser trackinng yang berguna untuk memberikan pengawasan dan melindungi komputer ketika internetan serta protection cloud yang bertugas untuk menganalisa semua file di pc secara menyeluruh.

Namun, terdapat dua kekurangan utama pada antivirus ini. Contohnya saja proses scanning yang cukup lama sehingga kamu harus menunggu berjam-jam sampai proses ini selesai. Selain itu terdapat iklan promosi dari Avira yang cukup mengganggu penggunanya.

Sophos Home Antivirus Terbaik

Sophos
Sophos Home Antivirus Logo

Sebagai salah satu antivirus terbaik di dunia, tentunya Sophos Antivirus memiliki beberapa keunggulan di dalamnya. Contohnya saja kemampuan scanning yang baik dalam mencegah virus dan malware, harga yang cukup ringan untuk versi premium, mudah digunakan, serta dapat dipakai untuk 10 komputer sekaligus. Sehingga antivirus ini cocok dipakai untuk perkantoran.

Walaupun demikian terdapat sedikit kekurangan di dalamnya. Contohnya saja proses scanning yang cukup lama karena tidak ditemukan fitur quick scan baik pada versi gratis dan premiumnya. Selain itu, kemampuan perlindungan untuk web phising dibawah rata-rata sehingga kamu harus berhat-hati ketika berselancar di dunia maya.

Bitdefender Antivirus

Antivirus Terbaik
Bitdefender Antivirus Logo

Bitdefender juga dapat dijadikan pilihan untuk antivirus di komputer pribadi masing-masing. Antivirus ini cukup banyak digunakan di dunia karena mudah ditemukan, fiturnya lumayan lengkap serta mudah digunakan.

Tampilan antivirus ini cukup sederhana sehingga mudah disetting dan dipahami. Walaupun demikian tingkat keamanannya cukup tinggi karena dapat melindungi gadget kamu dari malware, phising dan website berbahaya lainnya.

Akan tetapi, antivirus ini membutuhkan waktu yang relatif lama ketika dilakukan deep scanning, selain itu software ini hanya dapat digunakan untuk penggunaan pribadi dan tidak bisa diterapkan untuk pemakaian bisnis. Walaupun demikian, antivirus ini sangat direkomendasikan untuk dimiliki.

Itulah 7 antivirus terbaik yang dapat kamu install dan gunakan di pc atau komputer masing-masing. Setiap antivirus tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan. Jadi, dengan mengetahui hal tersebut kamu dapat memilih antivirus yang paling cocok dengan kebutuhan masing-masing.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top