Jarang yang Tahu! Inilah Sejarah Perusahaan Pakaian di Dunia

Kita seringkali melihat bagaimana para super model berjalan catwalk yang begitu glamor. Menampilkan berbagai model pakaian terbaru. Namun, kali ini kita bukan berbicara tentang para model yang itu. Tapi pada sejarah perusahaan pakaian yang berada di belakangnya.

Perusahaan pakaian memiliki sejarah yang cukup panjang dalam peradaban manusia. Tidak serta merta jadi begitu saja. Dimulai dari ide sederhana hingga berkembang seperti saat ini.

Inilah Sejarah Perusahaan Pakaian di Dunia

Sejarah Perusahaan Pakaian
Gambar oleh Anna Ventura dari Pixabay

Sejarah Perusahaan Pakaian Indonesia

Pada dasarnya, perusahaan konveksi baju sudah ada sejak lama. Sebelum adanya perusahaan, tentu sebuah baju dibuat dengan cara sendiri. Dengan alat yang sederhana dan berbagai bahan yang tentunya terbatas.

Apalagi di Indonesia. Kita tahu sendiri bagaimana kondisi Indonesia dalam masa penjajahan, apalagi Jepang. Hal itu membuat masyarakat Indonesia kesulitan akan pakaian ataupun sandang. Maka tidak heran cerita baju dari bahan bekas muncul.

Beberapa pelopor perusahaan baju di indonesia bahkan muncul ketika tahun 1994. Sehingga bisa dikatakan masih baru dan tidak begitu lama. Pada tahun 1994, di Bandung muncul Reverse yang dikelola oleh Dxxxt.

Kemudian muncul juga Riotic yang muncul di Bandung pula pada tahun 1996. Mereka menjual produk berupa kaset, merchandise band, T-shirt dan lain-lain. Semua itu mereka kembangkan hingga merak masuk pada sejarah perusahaan pakaian Indonesia.

Selanjunya muncul 347 Boardrider.co (347/EAT) yang mana berdiri juga pada tahun 1996. Mereka menjual produk baju dan indie Stuff. Selain itu, juga ada Ouval Research, Airplane, Harder, No Labels (NL’s), Monik, hingga Two Clothes.

Sehingga dapat disimpulkan jika sejarah perusahaan baju memang lahir pada tahun-tahun itu. mereka mengembangkan bisnis mereka hingga terkenal dan mendapatkan banyak keuntungan. Apalagi di masa-masa itu adalah masa yang bisa dikatakan masih stabil sebelum konflik 1999.

Setelah mereka berkembang, mereka tentu melebarkan sayap. Sehingga sudah memiliki distributor ke berbagai daerah. Mereka menganggap omset semakin banyak sehingga perlu pelebaran usaha, sehingga mendapatkan hasil yang lebih.

Maka tidak heran, usaha ini semakin hari semakin berkembang dan sangat kompetitif. Berbagai brand muncul dan menghiasi ekonomi masyarakat Indonesia. Maka dari itu, tidak salah jika perusahaan pakaian adalah satu perusahaan yang menguntungkan di dunia.

baca juga: 10 Cara Melatih Otak agar Fokus

Sejarah Proses Pemasaran Pakaian

Bordir
Lacemaking. – Scanned Engraving _ Bordir

Distributor dari perusahaan pakaian atau clothing namanya adalah distro (distributor). Mereka hanya bekerja menjual kembali produk dari perusahaan. Mereka memasarkan ke jaringan distro yang lebih kecil, sehingga pemasarannya semakin luas.

Dari proses itulah, timbul banyak orang yang tertarik terjun ke bisnis pakaian. Sehingga banyak dari masyarakat yang mendirikan sebuah perusahaan pakaian, yang mana perusahaan tersebut memiliki label dan brand sendiri-sendiri.

Di Indonesia, bisnis distro cukup berkembang saat ini. Apalagi jenis pakaian sablon.

Sejarah Perusahaan Pakaian di Dunia

Sejarah perusahaan pakaian di dunia tentu tidak lepas dari banyak aspek. Namun, dari banyak hal yang kami telusuri, tidak banyak sumber terkait sejarah perusahaan pakaian. Namun beberapa sumber mengatakan jika perusahaan pakaian lebih condong ke arah distro.

Sehingga, memang pakaian yang memiliki brand lah yang memiliki sejarah yang relatif banyak. Banyak menghasilkan perusahaan besar yang dapat mengeluarkan baju dengan kualitas yang maksimal, sehingga memiliki brand dan berdaya jual tinggi.

Secara nama, hal itu tidak begitu spesifik. Karena memang, sejarah perusahaan pakaian di dunia itu tidak terlalu banyak sumber yang bisa dibaca. Maka dari itu, perlu banyak kajian lagi, jika ingin ditelisik lebih jauh tentang sejarah pakaian dunia.

Orang-orang tidak memiliki daya tarik pada hal seperti ini, karena memang topik ini bukanlah topik sejarah yang perlu banget untuk dibahas. Sehingga bisa dikatakan, sejarah dari perusahaan pakaian dunia tidak terselidiki dengan jelas.

Namun jika kamu cari sejarah perusahaan pakaian atau konveksi baju di dunia, tentu masih banyak website yang menjelaskannya, meskipun memang tidak mendetail. Memang sekali lagi, kami sampaikan jika sejarah perusahaan pakaian dunia memang tidak begitu detail ada.

Kesimpulan

Demikian sedikit sejarah tentang perusahaan pakaian di dunia yang mungkin bisa kamu jadikan referensi. Memang sih, tidak begitu detail dan spesifik, karena memang minimnya sumber yang ada. Semoga informasi ini bermanfaat.