Perlengkapan yang Harus Ada di Kapal sesuai dengan Standar

Perlengkapan yang Harus Ada di Kapal sesuai dengan Standar

Kapal adalah alat transportasi air yang pastinya memiliki fungsi sebagai sarana menyebrang berbagai kondisi permukaan air bukan? Risiko besar menjadi salah satu tantangan dalam menggunakan kapal sebagai media transportasi ini. Untuk itu perlu melengkapi bagian kapal dengan perlengkapan yang harus ada di kapal sehingga memenuhi standar penggunaan dan standar keselamatan keamanan di kapal seperti yang ada di buku perlengkapan kapal. Hal ini juga bisa membuat fungsi kapal menjadi lebih baik lagi.

Untuk mengendarai kapal, tentunya diperlukan nahkoda yang sudah ahli di bidangnya. Masing-masing kapal pun memiliki fungsi yang berbeda sehingga perlengkapan yang harus ada di kapal ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya adalah kapal pengangkut barang, maka isi kabin dan kualitas kapalnya juga akan hanya diperuntukkan mengangkut barang. Dengan demikian, penggunaannya akan lebih maksimal.

Untuk menunjang itu semua, pastinya penting untuk mempehatikan berbagai perlengkapan yang harus ada di kapal. Perlengkapan ini bisa berguna untuk alat keselamatan, alat efisiensi laju kapal, hingga berbagai alat pendukung lainnya. Ketika sudah menggunakan berbagai perlengkapan sesuai dengan fungsinya, maka kapal bisa sesuai dengan standar yang berlaku dan menjadi salah satu alat transportasi yang mumpuni dan aman untuk digunakan. 

Mengenal Fungsi Perlengkapan Kapal

Sebelum melihat perlengkapan apa saja yang wajib ada di kapal, ada baiknya untuk mengetahui fungsi dari perlengkapan kapal itu sendiri. Perlengkapan ini pastinya memiliki fungsi yang berbeda-beda dan beraneka ragam sehingga disusun dengan fungi yang berbeda juga. Perlengkapan yang harus ada di kapal ini menunjukkan bahwa kapal harus sesuai dengan standar aturan yang berlaku untuk bisa menjamin keselamatan dan mengurangi risiko kecelakaan.

Jika melihat pada pasal 124 ayat (1) Undang-undang nomor 17 tahun 2008, perlengkapan kapal adalah bagian-bagian yang termasuk dalam perlengkapan navigasi, alat penolong, penemu (smoke detector) dan pemadam kebakaran, radio dan elektronika kapal, dan peta-peta serta publikasi nautika, serta fungsi perlengkapan pengamatan meteorologi untuk kapal dengan ukuran dan daerah pelayaran tertentu. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa perlengkapan kapal ini memiliki berbagai jenis di dalamnya. Lalu, apa saja perlengkapan yang harus ada di kapal ini?

Perlengkapan Navigasi Kapal

Perlengkapan yang Harus Ada di Kapal sesuai dengan Standar

Dalam melakukan operasi pada kapal, kapal harus memiliki alat navigasi yang berguna untuk menjaga kapal berada di posisi yang tepat. Penggunaan bermacam-macam peralatan navigasi pastinya menjadi hal yang wajib. Sehingga perlengkapan yang harus ada di kapal pastinya adalah alat navigasi. Alat navigasi sendiri memiliki berbagai jenis. Alat navigasi yang umum digunakan dalam perjalanan dengan menggunakan kapal sesuai standar adalah radar, sonar, kompas, barometer, fish finder, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan alat navigasi yang sesuai maka perjalanan akan lebih mudah dan mengurangi risiko untuk tersesat. Penggunaan alat navigasi ini sangat berperan penting dalam mencari berbagai titik daratan, arah menuju pulau, menuju dermaga dan pelabuhan, menghitung jarak, hingga mengurangi risiko untuk saling bertabrakan dengan benda atau kapal lain. Dengan menggunakan berbagai alat navigasi ini juga berguna untuk mengurangi risiko tersesat di lautan.

Baca juga: Bagian dari Kapal Layar

Perlengkapan Kapal untuk Berlabuh

Perlengkapan yang Harus Ada di Kapal sesuai dengan Standar

Kapal yang berlayar tentu saja akan berlabuh. Untuk bisa berlabuh dengan aman, pastinya harus menggunakan berbagai perlengkapan yang sesuai standar. Perlengkapan yang harus ada di kapal untuk berlabuh ini antara lain berbagai jenis jangkar kapal, mesin jangkar, band stopper, ceruk rantai, tali, dan lain sebagainya. Berbagai perlengkapan ini akan sangat berguna untuk mempermudah proses berlabuhnya kapal di dermaga dan mengurangi benturan.

Penggunaan beberapa perlengkapan ini akan mempermudah kapal untuk bisa menemi dan berlabuh dengan baik. Biasanya berbagai perlengkapan ini akan memiliki ukuran besar dan berat, hal ini tentu saja sejalan dengan tujuannya yaitu untuk menahan beban berat kapal sehingga tidak terbawa oleh gelombang air. Banyak kapal yang memilih menggunakan berbagai perlengkapan yang memang terbilang ribet tetapi lebih efisien dan memiliki guna yang baik dalam menambatkan kapal.

Perlengkapan Penolong dan Alat Keselamatan di Kapal

lifebelt 5110857 1920 1

Salah bagian dalam perlengkapan yang harus ada di kapal adalah alat keselamatan dan penolong. Setiap perjalanan pastinya memiliki risiko kecelakaan, untuk itu perlu diberi penolong pertama. Selain itu, dengan adanya perlengkapan penolong ini bisa membuat perjalanan menjadi lebih santai dan tidak was-was jika terjadi sesuatu. Sehingga, perlu dipahami tentang mitigasi keselamatan agar bisa langsung menggunakan berbagai perlengkapan penolong ini dengan mudah dan lancar.

Beberapa perlengkapan ini adalah rompi penolong yang berupa baju renang, ada juga pelampung yang berguna digunakan ketika ada yang tenggelam, selanjutnya adalah rakit tegar dan kembung yang bisa digunakan ketika emergency, tali temali yang berguna untuk menali dan mengikat berbagai hal, dan juga sekoci yang bisa digunakan untuk tetap bertahan di atas air.

Keberadaan alat penolong dalam kapal ini menjadi salah satu standar yang harus dipenuhi. Dengan demikian, perjalanan dalam kapal akan lebih baik dan berguna untuk keselamatan. Perlengkapan yang harus ada di kapal berupa penolong ini juga bisa ditambahkan dengan berbagai perlengkapan P3K berupa obat. Hal ini bisa dipakai ketika ada seseorang yang mengalami cidera atau sakit ketika berada di atas kapal.

Fungsi dari alat penolong tentu saja akan berguna ketika terjadi masalah sehingga harus menyelematkan. Selain itu, keberadaan alat penolong di kapal juga berguna untuk mencegah keterlamabatan dalam menangani masalah kecelakaan. Tindakan preventif ini memang perlu dilakukan mengingat risiko akan kecelakaan di kapal bisa terjadi kapan saja.

Perlengkapan Pemadam Kebakaran dalam Kapal

Salah satu perlengkapan yang harus ada di kapal adalah pemadam kebakaran. Alat pemadam kebakaran ini bisa kamu gunakan ketika adanya situasi darurat di atas kapal. Berbagai perlengkapan tentang pemadam kebakara harus diletakkan di berbagai tempat strategis, mulai dari mesin, dapur, lokasi dekat penumpang, dan berbgai lokasi yang krusial lainnya. Dengan demikian, alat akan bisa langsung diambil jika sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

Dengan memiliki alat pemadam kebakaran, maka risiko kebakaran yang lebih besar bisa dicegah. Kapal yang mengalami kebakaran akan sangat rentan tenggelam, sehingga segala bentuk kebakaran sekecil apapun harus dituntaskan agar tidak membentuk kebakaran yang lebih besar. Berbagai alat pemadam atau APAR (alat pemadam api ringan) yang mestinya ada di kapal misalnya water pressure, pemadam jinjing busa,  dry chemical, dan alat pemadam dengan pendinginan air (slang pemadam, hidrant, nozzle).

Perlengkapan Lain di Kapal

Bagi yang akan melakukan perjalanan dengan menggunakan kapal, pastikan kapal memiliki standar pelayaran yang baik dan mengikuti aturan tentang perlengkapan yang harus ada di kapal. Selain berbagai jenis perlengkapan di atas, ada lagi yang juga harus dipersiapkan, seperti blok dan takel dengan talinya. Ini digunakan untuk membuat proses mengangkaty beban di laut menjadi lebih ringan. Dengan demikian, perlengkapan ini sangat berguna bukan dalam proses penggunaan kapal di tengah laut?