7 Ide Pekerjaan Untuk Jurusan Teknik Sipil

7 Ide Pekerjaan Untuk Jurusan Teknik Sipil

Era pembangunan makin terus maju. Ini membuat pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil semakin dibutuhkan loh. Untuk para mahasiswa atau calon lulusan jurusan Teknik sipil.  Yang masih bingung memilih prospek pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil. Dapat simak pembahasan pada artikel ini.

Tak perlu ragu, Kamu dapat mencari pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil. Dengan gaji yang cukup tinggi, bahkan dapat pula untuk kamu yang fresh graduate.

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur

Perbedaan Teknik Sipil dan Arsitektur
pixabay.com

Sebelum membahas prospek pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil. Kamu perlu memahami tentang perbedaan ilmu Arsitektur dan Ilmu Teknik Sipil. Banyak yang salah paham tentang kedua ilmu ini karena, arsitektur dan Teknik sipil sama-sama membahas tentang pembangunan Gedung dan ilmu tentang kontruksi lainnya.

Tentu arsitektur dan Teknik sipil memiliki perbedaan. Ini terletak dari ilmu Teknik sipil yang lebih berfokus dalam pembelajaran system membuat struktur bangunan yang kuat, lebih ekonomis, dan sinkron dengan kondisi lahan yang akan digunakan.

Pada arsitektur sendiri kamu akan lebih terfokus pada pembuatan desain bangunan yang menarik. Intinya, pembuatan desain bangunan terlebih dahulu dikerjakan oleh seorang arsitek, dan untuk perencanaan pembangunan dilakukan dengan ilmu dari jurusan Teknik sipil.

Tentang Teknik Sipil

Ide Pekerjaan Untuk Jurusan Teknik Sipil
pixabay.com

Jika kamu memilih jurusan Teknik sipil, maka di sini kamu akan mempelajari tentang perhitungan matematika secara lebih detail dan lebih sistematis. Sangat berbeda seperti yang di pelajari zaman sekolah menengah, karena poin ini sangat penting untuk bidang kontruksi.

Pelajaran yang akan kamu dapatkan seperti Kimia, Matematika, Fisika, Desain, Struktur Beton, Pondasi, Perairan, Irigrasi, dan juga IT (Teknologi Informasi).

Pembangunan Gedung serta infrastrukstur juga di ikuti banyak hal yang mempengaruhinya. Termasuk faktor iklim, cuaca, struktur tanah, kemungkinan bencana seperti gempa bumi. Dalam bidang ini kamu harus memperhatikan tiap detailnya.

Berikut beberapa prospek pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil:

 7 Ide Pekerjaan Untuk Jurusan Teknik Sipil

Insinyur Sipil

Insinyur sipil ini memiliki tanggung jawab pada manajemen, desain, mensupervisi jalannya proyek kontruksi. Dan insinyur sipil diharuskan bekerja sama dengan teknisi sipil dan yang berada di bidang lain di sebuah proyek kontruksi.

Seperti pengerjaan proyek kontruksi jalan, jembatan, bendungan, irigasi, pembuatan rel kereta, Pelabuhan dan jenis kontruksi lainnya.

Menjadi insinyur sipil kamu akan dihadapkan dengan membuat keputusan-keputusan yang penting. Memperhatikan dugaan-dugaan masalah yang mungkin dapar muncul saat berjalannya suatu proyek. Insinyur sipil juga dituntut untuk dapat memecahkan masalah dengan solusi yang ia berikan. Kisaran gaji yang didapatkan menjadi insinyur sipil mulai dari Rp 4.000.000,00 hingga Rp 7.000.000,00

Teknisi Sipil

Tugas dari teknisi sipil yaitu meliputi membuat rancangan, perencanaan, mengawasi jalannya kontruksi, hingga mengawasi struktur serta fasilitas di bawah pegangan para staf Teknik. Para teknisi sipil juga diharuskan membantu insinyur sipil dalam menjalankan proyek kontruksi.  Pendapatan untuk pekerjaan ini sekitar Rp 4.000.000,00 – Rp 6.000.000,00.

Baca juga: Pekerjaan Lapangan Untuk Wanita

Konsultan Kontruksi

Nah ide prospek pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil ini. Yaitu menjadi seorang konsultan kontruksi. Seorang konsultan kontruksi bekerja sebagai pemberi saran dalam pembangunan proyek. Saran yang diberikan meliputi memberi gagasan desain, hingga proses Teknik pembangunan proyek. Gaji yang didapatkan dari seorang konsultan kontruksi mulai Dari Rp 4.000.000,00 – Rp 6.000.000,00.

BUMN serta Pegawai Pemerintah

Lulusan Teknik sipil juga dapat bekerja menjadi pegawa pemerintah. Kamu dapat mencoba melamar pekerjaan di PMU-Bina Marga, Badan Perencanaan Pembangunan untuk Daerah dan Nasional, kementrian ESDM, serta Dinas Tata Kota dan Pertamanan.

Kamu juga dapat bekerja di Badan Usaha Milik Negara atau BUMN untuk bidang Teknik. Contohnya di Cipta Karya, PLN, Telkom, Hutama Karya, dll. Posisi yang dapat ditempatkan yaitu sebagai pengawas serta penyidik property dan juga infrastruktur pemerintah.

Insinyur Sumber Daya Perairan

Sebenarnya pekerjaan yang satu ini tidak jauh beda dengan insinyur sipil. Namun insinyur ini lebih mendalami untuk pembangunan yang mengoptimalkan pada sumber daya perairannya. Guna menghindari terjadinya kesalahan yang memiliki dampak seperti pencemaran.

Memperhatikan kualitas dari saluran air sangat penting dalam pembangunan. Karena air merupakan sumber penting dalam hidup. Insinyur sumber daya perairan sangat diperlukan dalam sebuah proyek. Pendapatan yang bisa didapatkan sekitar Rp 4.000.000,00 hingga Rp 7.000.000,00.

Pengawas Kontruksi

Pekerjaan untuk jurusan Teknik sipil ini meliputi keseluruhan pembangunan. Pekerjaan ini perlu memperhatikan semuanya. Mulai dari pemutusan kualitas dari struktur, penyesuaian dengan regulasi yang sesuai ketentuan. Pekerjaan ini juga memeriksa keseluruhan bangunan. Mulai dari fisik bangunan, system, listrik, hingga sumber perairan. Itulah mengapa kontruksi masuk dalam pekerjaan berbahaya. Karena banyak aspek yang perlu diperhatikan. Gaji yang diterima berkisar Rp 4.000.000,00 – Rp 6.000.000,00.

Baca juga: Alat Pelindung Diri Untuk Kontruksi

Menganalisis Kontrol Kualitas

Tugas pada pekerjaan untuk jurusan kontruksi yang terakhir. Memiliki tanggung jawab dalam menguji dan menetapkan kualitas dari bahan baku yang akan dipakai. Yang akan di check pada pekerjaan ini yaitu bagian-bagian alat pembangunan.

Menentukan komponen alat pembangunan yaitu harus sesuai dengan standar. Dan yang paling penting karena faktor keamanan saat berjalannya pembangunan. Gaji pada bidang ini sekitar Rp 4.000.000,00 – Rp 5.000.000,00.

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.