5 Jenis Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia

Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia

Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia – Ada begitu banyak jenis pekerjaan di dunia ini. Dan setiap pekerjaan memiliki kelebihan dan resikonya sendiri. Dari pekerjaan kantoran, bahkan hingga pekerjaan lapangan yang memiliki resiko tinggi. Salah satu contohnya yaitu pekerjaan kontruksi yang sering terjadi kecelakaan kerja tiap harinya. Itulah mengapa kontruksi masuk dalam pekerjaan yang berbahaya.

Di belahan dunia ini ada pekerjaan unik namun begitu berbahaya, yang memiliki resiko cedera hingga berujung kematian. Berikut kita akan membahas jenis-jenis pekerjaan berbahaya yang ada di dunia:

Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia

Lineman

Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia

Bersumber dari CNN Amerika Serikat, linemen mempunyai pendapatan sekitar 60.000 USD pertahunnya dengan resiko pekerjaan saat memperbaiki kabel-kabel listrik dengan tegangan yang cukup tinggi di kondisi cuaca yang beragam. Pekerjaan linamen ini dapat saja mendapatkan halangan saat pekerja seperti cuaca ekstrem, angin kencang, dan banyak lagi.

Jumlah kematian yang ditimbulkan dari pekerjaan ini adalah 21,5 korban per 100.000 lineman. Ini sangat berbahaya karena pekerjaan sebagai lineman dapat menangangi tegangan listrik sampai 500.000 volt.

Pilot Bush

Pekerjaan Berbahaya yang Ada di Dunia

Ada orang-orang yang menyukai tantangan di tempat-tempat terpencil bahkan itu menjadi profesi impiannya. Mengendarai pesawat di daerah yang belum banyak dikunjungi seperi gunung es atau padang gurun di Alaska menjadi hal yang sangat menarik bagi Sebagian orang penyuka tantangan.

Pekerjaan ini sangat cocok untuk orang-orang yang sangat menyukai tantangan, yaitu menjadi pilot bush (pilot semak). Tapi tentu resiko dari pekerjaan ini sangat berbahaya walaupun sangat terlihat menakjubkan.

David Skelhon seorang pilot bush berpendapat, bahwa landasan untuk terbang di kondisi wilayah padang gurun utara tidak mempunyai jalan aspal dan Menara control seperti landasan pesawat pada umumnya.

Resiko yang dihadapi oleh seorang pilot bush tidak sama dengan seorang pilot pesawat pada umumnya. Mereka diharuskan membawa peralatan, sumber daya masuk, dan keluar dari lokasi yang terpencil. Disini dapat saja bahaya muncul seperti harus berhadapan dengan binatang-binatang liar di lokasi, perkiraan cuaca yang tidak menentu, tempat landasan yang berbahaya dan tidak aman, dan bahaya lainnya.

Bersumber dari Business Insider, pekerjaan pilot bush resiko tingkatan kematian yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan pekerja lineman. Yaitu 287 dari 100.000 pilot. Karena tingkat bahayanya yang tinggi banyak pilot yang mengundurkan diri karena menghindari resiko pekerjaan yang tinggi.

Baca juga: Pekerjaan Untuk Jurusan Teknik Sipil

Smokejumper

Smokejumper

Menjadi petugas pemadam kebakaran merupakan pekerjaan yang patut mendapat apresiasi karena pekerjaan ini termasuk sebagai profesi yang memiliki resiko kecelakaan yang tinggi. Kabar baiknya jumlah kematian dari pemadam kebakaran ini mengalami pengurangan karena adanya peningkatan dari kebijakan keselamatan yang lebih modern dan peralatan pemadam kebakaran yang lebih memadai.

Namun ada pemadam kebakaran yang memiliki resiko lebih besar dari padam pemadam kebakaran yang ada pada umumnya loh. Pekerjaan ini lebih sering disebut Smokejumper, menjadi seorang smokejumper kamu akan dihadapi pada situasi terjun menggunakan parasut dari pesawat guna memadamkan api besar di lokasi yang sulit, Seperti hutan-hutan terpencil tanpa peralatan pemadam yang berteknologi lebih maju.

Smokejumper hanya bekerja ditempat yang daerahnya tidak bisa dijangkau melalui jalan darat. Para smokejumper ini diwajibkan mendapatkan pelatihan untuk memanjat sebuah mesin yang disebut mutilator. Multilator ini merupakan simulator dari parasut yang khusus dirancang untuk landasan jatuh langsung ketanah melalui jarak 35 dengan beragam kecepatan.

Penjinak Ranjau

Penjinak Ranjau

Sekitar 50 hingga 60 negara  ternyata masih mempunyai ranjau yang terbenam di tanah, yang bisa saja membunuh orang-orang yang menginjaknya. Dikutip dari Australian Broadcasing Corporation.

Organisasi kemanusiaan internasional mempekerjakan beberapa orang penjinak ranjau darat. Namun di beberapa tempat terdapat orang local yang ingin bergabung untuk mendapatkan uang. Rata-rata ranjau darat merupakaan bagian dari persenjataan standar. Ranjau darat bisa di netralisir dengan cara-cara dasar dalam Teknik menjinakkan ranjau. Ranjau dapat diledakkan menggunakan satu batang dinamit.

Jenis alat peledak improvisasi yang terdapat di Irak ternyata lebih susah untuk dijinakkan. Terjadi di tahun 2016, seorang penjinak ranjau veteran selama 30 tahun menjadi penjinak ranjau harus menjadi korban saat mencoba untuk menjinakkan IED (alat peledak improvisasi) yang berlokasi di Irak.

Pembongkar Kapal

Pembongkar Kapal

Amerika Serikat mempunyai undang-undang untuk membantu dan melindungi para pekerja dari eksploitasi pemimpin mereka. Sehingga para pekerja lebih terlindungi dan lebih aman saat bekerja. Umumnya, ada prosedur keselamatan kerja di lokasi kerja. Pekerja akan diberikan alat pelindung yang lengkap, dan perusahaan akan bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan kerja.

Namun pekerja di negara lain yang tidak beruntung, seperti di Bangladesh yang dikarenakan faktor kemiskinan yang tinggi. Sehingga terpaksa beberapa orang rela bekerja di tempat yang berbahaya dengan resiko kematian yang tinggi. Dan tidak ada yang bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan kerja, salah satunya adalah pekerjaan Ship Breakers. Pekerja ship breakers ditugaskan untuk membongkar bangkai kapal secara manual. Pekerja mengangkut baja atau benda-benda lainnya yang dapat dipergunakan lagi.

Yang membuat pekerjaan ini masuk dalam pekerjaan berbahaya yang ada di dunia karena, para pekerja dapat saja terkontaminasi dengan zat berbahaya yang ada pada bangkai kapal itu.

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.