Beberapa Obat Stroke di Apotek Rekomendasi Dokter

Beberapa Obat Stroke di Apotek Rekomendasi Dokter

Penyakit stroke menjadi salah satu penyakit yang cukup mematikan. Penyakit ini dapat menyerang seluruh fisik manusia karena sel otak yang seharusnya bekerja mengalami kelumpuhan atau mati. Dengan demikian, sel yang terputus ini tidak akan berfungsi dan menyebabkan organ tubuh yang terhubung di dalamnya tidak bekerja. Ada berbagai obat stroke di apotek yang tersedia tentu saja dengan rekomendasi resep dari dokter.

Sakit stroke pastinya akan sangat mengganggu aktivitas penderitanya. Gangguan pada pergerakan tubuh ini pastinya akan membuat seorang tidak bisa bergerak dengan bebas sehingga tubuh tidak bergerak atau bekerja dengan baik. Ada berbagai penyebab penyakit stroke ini, salah satunya adalah pola hidup yang tidak sehat. Dengan pola hidup yang tidak sehat, bisa memicu seseorang untuk menderita sakit stroke ini lebih besar dan menyebabkan kematian lebih besar pula.

Pola hidup ini mulai dari gaya hidup, pola makan, hingga merokok. Makanan penyebab stroke biasanya didominasi oleh berbagai makanan yang tidak sehat. Makanan yang tidak sehat ini misalnya makanan yang mengandung kolestrol, gula tinggi, minyak jenuh, dan lain sebagainya. Jika makanan ini terendap di tubuh dalam waktu yang lama, bisa menyebabkan pembuluh darah tersumbat. Sehingga memicu stroke muncul, bahkan penyakit lain yang lebih mematikan seperti jantung. 

Penyebab sakit ini juga bisa terjadi karena kurangnya gerak fisik tubuh atau kurang olahraga fisik. Dengan demikian, berbagai lemak yang ada di dalam tubuh tidak terbakar dengan baik. Jika muncul berbagai tanda-tanda stroke, kamu bisa meringankannya dengan berbagai obat stroke di apotek untuk mencegah stroke fatal terjadi. Tentu saja penggunaan obat ini harus disertai dengan resep dokter agar tidak terjadi salah dosis atau salah obat.

Gejala yang paling umum dari penyakit ini adalah anggota tubuh yang tidak bisa bergerak sebagai mana mestinya. Pergerakan ini melemah karena syaraf atau otot yang menggerakannya tidak lagi terhubung ke otak karena sel otaknya sudah mati. Pastinya akan sangat mengganggu sekali bukan? Ketika muncul gejala ini, segera datang ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih lanjut dan cara mengatasinya. Biasanya ada beberapa obat stroke di apotek yang bisa dikonsumsi.

Baca juga: Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Pola Makan yang Tidak Sehat

Obat ini bisa menjadi obat pendamping atau juga sebagai peringan gejala stroke agar penyakit ini tidak semakin parah. Dengan demikian, penderita stroke bisa dicegah dengan menggunakan resep obat yang tepat. Apa saja pilihan obat stroke di apotek yang bisa didapatkan? Dan bagaimana cara kerjanya? Yuk simak informasi berikut ini!

Obat Stroke di Apotek dengan Pendampingan Dokter

Penyakit stroke ini rata-rata menyerang orang dewasa yang berusia lebih dari 50 tahun. Walaupun demikian, orang dengan usia lebih mudah juga bisa terkena penyakit ini jika pola hidupnya tidak sehat. Jika penderita stroke mulai mengalami tanda-tanda ini, maka segera datang ke dokter. Ada beberapa obat stroke di apotek yang bisa digunakan untuk meredakan gelaja ini dengan pendampingan dan resep dokter yang valid.

Tissue plasminogen activator (tPA), Mencegah Gumpalan Darah

Obat stroke ini merupakan salah satu jenis obat kimia yang memiliki cara kerja untuk langsung menghancurkan adanya gumpalan darah yang menyumbat pembuluh darah. Biasanya tPA ini dikonsumsi oleh penderita stroke jenis iskemik atau stroke yang disebabkan oleh sumbatan pembuluh darah. Obat ini bisa didapatkan di apotek tentu saja dengan resep dokter dan tidak boleh sembarangan untuk dikonsumsi.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pola Makan agar Tetap Sehat dan Panjang Umur

Jenis obat ini menjadi salah satu obat stroke di apotek yang digunakan untuk keadaan darurat. Pemberian obat ini harus diminum maksimal 4.5 jam setelah adanya serangan stroke. Semakin cepat diberikan, maka semakin baik sebelum terjadi penyumbatan darah yang lain di dalam tubuh. Obat ini diklaim mampu meringankan gejala stroke akibat sumbatan pembuluh darah dan bisa mengurangi risiko keparahan. Tentu saja akan bermanfaat sebagai obat penyembuhan stroke lebih cepat.

Obat Stroke Pengencer Darah

Bagi penderita sakit stroke, ada jenis obat pengencer darah yang juga berguna untuk mengurangi sumbatan darah di pembuluh darah. Darah yang terlalu kental bisa menyumbat dan menyebabkan gejala stroke. Dua jenis obat ini yaitu antiplatelet dan antikoagulan.

Antiplatelet Pencegah Gumpalan

Salah satu obat stroke di apotek yang berguna untuk mengencerkan darah adalah antiplatelet. Obat ini memiliki fungsi untuk pencegahan dalam pembentukan gumpalan darah yang berada di pembuluh darah. Biasanya obat ini akan bekerja dengan cara menjadikan platelet atau sel darah tidak menempel satu sama lain. Dengan mengurangi risiko penempelan antar sel ini, maka gumpalan darah pastinya tidak terbentuk.

Baca juga: Ketahui Berbagai Nutrisi Otak untuk Penderita Stroke

Jenis obat antiplatelet ini ada berbagai macam. Beberapa jenis obat ini yang cukup banyak dibutuhkan adalah aspirin dan clopidogrel. Untuk memperoleh obat ini, pastinya harus mendapatkan resep dokter. Biasanya resep ini didapatkan setelah konsultasi atas penyakit stroke iskemik dan juga serangan jantung. Pastinya harus pendampingan dokter.

Antikoagulan Penghambat Gumpalan 

Jika penderita stroke mengalami tanda-tanda gejala stroke, maka bisa mengonsumsi obat jenis antikoagulan ini. Obat ini memiliki fungsi sebagai penghambat adanya gumpalan darah. Obat ini diminum bertujuan untuk mencegah. Penggunaan obat ini dipakai untuk penderita sakit stroke iskemik dan juga stroke ringan. Beberapa contoh obat stroke di apotek jenis ini adalah warfarin dan herparin yang bisa diperoleh di apotek dengan resep dokter.

Obat Penuruh Tekanan Darah

Stroke bisa dipicu lebih besar karena tekanan darah yang tinggi. Maka perlu untuk mengatasinya agar mencegah naiknya tekanan darah. Obat stroke di apotek ini berguna untuk mencegah stroke terjadi dengan parah. Dengan resep obat yang pas untuk mencegah hipertensi ini sangat tepat untuk mencegah stroke. Apa saja obat ini. Beberapa contoh obat ini ACE Inhibitor, Calcium channel blockers, Beta blocker, dan Diuretik. Juga penting untuk jaga pola makan dan pola hidup.

Baca juga: Contoh Minuman Bersoda Tinggi Penyumbang Stroke

Menurunkan Kolestrol Pencegah Stroke

Obat penurun kolestrol ternyata bisa berguna untuk obat stroke lho. Obat stroke ini bisa didapatkan di apotek. Kolesterol menjadi salah satu pemicu yang sangat besar dalam menyebabkan sakit stroke, maka penting untuk mengatasi stroke ini untuk mencegah penyakit ini lebih parah lagi. Kolestrol biasanya akan menggumpalkan darah karena lemak jenuh yang menghambat di saluran pembuluh darah ini.

Ada beberapa jenis obat kolestrol untuk pencegah stroke, beberapanya di antaranya adalah Simvastatin, Atorvastatin, Lovastatin, Pravastatin, dan Rosuvastatin. Obat ini bisa didapatkan di apotek terdekat dengan pengawasan dari dokter dan resep dokter yang tepat.

Obat Herbal untuk Stroke

Beberapa waktu belakangan ini, obat herbal menjadi salah satu obat yang ampuh untuk menyembuhkan stroke. Obat stroke di apotek ini bisa didapatkan dengan mudah, bahkan bisa didapatkan dengan racikan sendiri. Beberapa rekomendasi obatnya gingseng india, bawang putih, kunyit, daun pegagan, dan bilberry.

Baca juga: Waspadai Bahaya Junk Food untuk Wanita

Jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat agar stroke tidak terjadi dalam tubuh. Ketika mendapatkan gejala yang tidak menyenangkan ini, maka obat stroke di apotek bisa diperoleh dengan mudah. 

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.