Waspadai dan Hindari 7 Makanan Penyebab Stroke

Waspadai dan Hindari 7 Makanan Penyebab Stroke

Stroke adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Penyakit ini dinilai sebagai jenis penyakit yang cukup mematikan. Survei yang dilakukan menyebutkan bahwa penyakit ini juga masuk ke dalam penyakit yang paling mematikan di Indonesia.

Salah satu penyebabnya adalah makanan dan pola hidup yang tidak sehat. Makanan penyebab stroke yang paling banyak memicu adalah makanan berlemak dan kolesterol yang tinggi. Hal ini membuat pembuluh darah di dalam tubuh mengalami penyumbatan dan membuatnya terhambat.

Stroke, Penyakit Mematikan

Makanan Penyebab Stroke

Pada tahun 2014, penyakit stroke dinilai menjadi penyakit dengan risiko kematian sangat tinggi. Dalam setahun, setidaknya ada kematian sejumlah lebih dari 41.000 orang meninggal dan 21.1 persennya disebabkan oleh stroke. Angka ini memang sedikit mengkhawatirkan, sehingga perlu menjaga pola hidup yang baik.

Makanan penyebab stroke harus dihindari untuk mencegah penyakit ini makin menjadi parah. Pola hidup yang sehat juga harus dilakukan dengan maksimal, dengan hidup yang sehat maka stroke tidak menjadi ancaman.

Pemenuhan nutrisi dan gizi ke dalam tubuh manusia harus seimbang dan teratur, dengan demikian pola hidup dan pola makan yang sehat bisa teratasi. Dengan pola hidup yang tidak sehat, stroke bisa menyerang siapa saja.

Baca juga: Ketahui Berbagai Penyakit Akibat Pola Makan yang Tidak Sehat

Jika dulu penyakit ini banyak menyerang orang usia lanjut, maka saat ini penyakit ini bisa juga menyerang orang yang masih muda. Hal ini pastinya berbahaya dan meningkatkan risiko kematian lebih dini. Pola hidup dan pola makan yang tidak sehat dari orang zaman sekarang ini menunjukkan bahwa penyakit bisa datang kapan saja jika tidak diimbangi dengan pola hidup sehat.

Jika terjadi gejala penyakit stroke, langsung datang dan konsultasi ke dokter. Meminum berbagai obat stroke juga bisa dilakukan untuk mengurangi gejala penyakit ini dan mencegah lebih parah. Ada berbagai jenis obat yang tentunya hanya boleh dikonsumsi dengan resep dokter. Untuk itu, jangan sampai terkena stroke karena sangat berbahaya. Lakukan olahraga rutin dan berbagai makanan penyebab stroke yang pastinya bisa memicu penyakit ini timbul dan menyerang tubuh.

Daftar Makanan Penyebab Stroke

Salah satu penyebab utama penyakit stroke ini adalah pola hidup yang tidak baik. Pola yang tidak baik ini bisa terjadi karena pola makan tidak sehat dengan banyak konsumsi makanan penyebab stroke, kurang olahraga, kebiasaan merokok dan minum alkohol. Jangan sampai tubuh mengalami kehilangan fungsinya sehingga membuat tidak bergerak dan bekerja.

Jika kamu merupakan orang yang sibuk, tetaplah mengkonsumsi vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh tetap terjaga. Atur pola makan agar tidak terjadi obesitas ataupun kekurangan nutrisi di dalam tubuh.

Berbagai makanan penyebab stroke ini menjadi barang yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Dengan demikian, maka pola makan yang sehat bisa lebih mudah untuk dilakukan.

Pola makan yang tidak sehat juga bisa terjadi karena pengaturan jam makan yang tidak diatur dengan benar, sehingga menyebabkan organ pencernaan tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu memperhatikan kebutuhan tubuh agar bisa memenuhi kebutuhan ini. Apa saja makanan penyebab stroke yang berbahaya?

1. Makanan Terlalu Banyak Gula

Gula dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk energi dan menjadi penambah tenaga di dalam tubuh. Dengan kadar yang tepat, gula memanglah bermanfaat untuk tubuh. Sayangnya, konsumsi gula tidak boleh berlebihan.

Baca juga: Pentingnya Menjaga Pola Makan agar Tetap Sehat dan Panjang Umur

Konsumsi gula harus dilakukan dengan porsi yang secukupnya sesuai dengan batasan yang ada. Meskipun sulit, hal ini harus dilakukan karena terlalu banyak gula bisa menyebabkan diabetes dan berujung pada penyakit stroke.

Makanan penyebab stroke ini bisa menyebabkan penyumbatan aliran darah di dalam pembuluh karena darahnya yang terlalu kental dan mengandung gumpalan. Berbagai makanan yang mengandung banyak gula ini biasanya ditemukan di dalam beberapa jenis fast food dan junk food.

Saat ini, konsumsi makanan ini sangat tinggi dan diminati. Banyak orang yang menyukai aneka macam junk food secara berlebihan dan kurang memperhatikan efek dari konsumsi makanan dengan kadar gula yang tinggi ini. Tentunya sangat berbahaya bukan?

Baca juga: Waspadai Bahaya Junk Food untuk Wanita

Berbagai contoh makanan dan minuman dengan kadar gula tinggi ini misalnya berbagai minuma segar kekinian, minuman instan, cake, olahan cokelat, dan lain sebagainya. Kamu masih bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan ini asalkan dalam kadar dan komposisi yang tepat. Jangan sampai over dan berlebihan sehingga menyebabkan kadar gula di dalam tubuh meningkat drastis.

2. Olahan Makanan Daging Merah

Daging merah adalah sumber protein yang baik dan cocok untuk membentuk otot dalam tubuh. Meski demikian, daging jenis ini kadar lemak jenuhnya paling tinggi. Dengan mengkonsumsi makanan ini secara berlebihan, pastinya akan membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan nutrisi, apalagi kandungan lemak di dalamnya berbahaya sebagai makanan penyebab stroke. Daging merah yang harus dihindari ini antara lain daging kerbau, kambing, dan sapi. 

Jumlah konsumsi jenis daging merah ini pastinya harus dibatasai. Jika dalam sehari saja mengkonsumsi hingga 6 ons, besar kemungkinan untuk menderita stroke lebih besar. Kandungan lemak yang ada di dalamnya bisa membuat aliran darah di dalam pembuluh darah tidak lancar. Hal ini pastinya akan membuat aliran darah ke otak dan ke seluruh tubuh juga terhambat. Selain kandungan lemak jenuh, kandungan kolesterol di dalam daging merah juga sangat tinggi.

3. Makanan Gorengan yang Harus Dihindari

Siapa yang tidak suka gorengan? Makanan ini sudah seperti makanan cemilan sehari-hari yang bisa diperoleh dengan mudah bukan? Ternyata di balik kemudahan dan nikmat di dalamnya ini mengandung risiko penyakit stroke yang tinggi lho. Gorengan mengandung banyak minyak yang memiliki kandungan lemak trans sangat tinggi. Lemak trans yang tinggi jika dikonsumsi terus menerus bisa menyebabkan penumpukan di dalam tubuh dan menjadi kolesterol yang tinggi.

Selain kolesterol yang tinggi, dengan adanya penumpukan lemak trans di dalam tubuh juga bisa menyebabkan penyakit liver. Jika hal ini terjadi, pastinya penumpukan kolesterol juga bisa terjadi di dalam pembuluh darah dan menyebabkan stroke. Stroke ini dipicu karena adanya penyumbatan aliran darah dari berbagai saluran untuk mencapai ke otak. Sumbatan ini membuat darah tidak bisa mengalir sebagaimana mestinya.

Makanan penyebab stroke ini menjadi salah satu makanan yang wajib dihindari. Beberapa contoh gorengan yang banyak ditemui ini misalnya bakwan, tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, risoles, dan lain sebagainya. Cobalah mengganti cemilan ini dengan berbagai buah atau biskuit yang rendah gula untuk menjaga pola makanan yang lebih sehat.

4. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji dan instan menjadi salah satu pilihan yang banyak dipilih karena bersifat ringkas dan cepat dikonsumsi. Makanan ini banyak dijumpai di berbagai tempat seperti minimarket dan berbagai restoran. Meski simpel dan sederhana, ternyata jika makanan kalengan cepat saji ini tidak baik untuk tubuh. Makanan instan ini memiliki dampak yang buruk bagi tubuh sehingga harus dihindari kecuali di dalam waktu yang terbatas.

Makanan olahan yang diawetkan dalam kaleng ini bisa langsung diolah dengan mudah. Meski demikian, di dalamnya pasti mengandung pengawet yang cukup banyak dan membuat risiko stroke makin besar jika dimakan terus menerus. Berbagai makanan instan cepat saji ini harus dihindari karena tidak baik untuk tubuh. Salah satu makanan cepat saji yang populer adalah mie instan.

Baca juga: Beberapa Obat Stroke di Apotek Rekomendasi Dokter

Mie instan menjadi salah satu makanan yang sudah sangat familiar. Dengan konsumsi yang berlebihan, pastinya akan membuat risiko stroke makin besar. Makanan instan lain yang juga bisa menjadi makanan penyebab stroke jika dikonsumsi berlebihan adalah berbagai makanan kaleng, misalnya sarden dan kornet. Makanan ini apabila dimakan dalam jumlah yang besar akan menjadi kolesterol di dalam tubuh manusia.

Minuman instan yang berbahaya lainnya adalah berbagai minuman soda dalam kemasan. Minuman ini memang sangat segar untuk dinikmati ketika hari sedang panas. Tetapi, jika dikonsumsi dalam jumlah yang besar, pastinya akan memicu risiko stroke yang lebih besar.

Soda dalam kemasan ini mengandung banyak pemanis buatan dan membuat risiko penyakit diabetes. Insulin yang terkandung di dalamnya jika terlalu banyak bisa membuat peradangan dan menghambat aliran oksigen ke dalam otak. Penyumbatan yang disebabkan soda ini bisa menimbulkan serangan stroke yang sangat fatal jika tidak segera ditangani.

5. Makanan dengan Lemak Jenuh

Makanan penyebab stroke selanjutnya yang banyak mengandung risiko penyakit stroke adalah makanan dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Makanan yang mengandung lemak jenuh bisa menyebabkan meningkatnya kolestrol jahat atau LDL di tubuh semakin meningkat. Jika diabaikan, lemak dan kolestrol ini menjadi plak yang menumpuk di saluran pembuluh darah, bahkan bisa ke jantung dan otak. Pastinya ini akan sangat membahayakan bukan?

Kamu harus menghindari berbagai makanan dengan kandungan lemak jenuh secara berlebihan. Beberapa makanan yang banyak mengandung lemak jenuh ini antara lain daging-dagingan merah, susu dan berbagai olahannya, dan makanan yang mengandung minyak berlebihan. Untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dan lemak jenuh di dalam tubuh, banyaklah minum air putih untuk mengurangi kandungan lemak yang berbahaya.

Baca juga: Ketahui Berbagai Nutrisi Otak untuk Penderita Stroke

6. Makanan dengan Kandungan Garam yang Tinggi

Makanan dengan kandungan garam yang tinggi bisa jadi penyebab stroke lho. Garam mengandung natrium dan jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat tekanan darah akan naik. Tekanan darah naik atau hipertensi menjadi salah satu penyebab yang membuat stroke ini bisa muncul. Berbagai makanan harus diperhatikan jumlah kadar garam yang masuk ke dalam tubuh agar tidak overdosis kandungan garam. Idealnya konsumsi garam dalam sehari tidak boleh lebih dari satu sendok teh.

7. Minuman Beralkohol yang Wajib Dihindari

Selain makanan penyebab stroke, ada juga minuman yang bisa memicu penyakit stroke bisa muncul. Minuman ini tentu saja minuman beralkohol. Konsumsi minuman beralkohol dengan kadar yang tinggi dan menjadi kebiasaan menjadi salah satu penyebab yang sangat fatal dalam menyebabkan penyakit stroke. Hal ini pastinya akan sangat berbahaya bukan? 

Ternyata minuman beralkohol bisa membuat tekanan darah naik dengan cepat. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka bisa menyebabkan pembekuan darah dan menyumbat aliran darah pada pembuluh darah. Pembekuan darah ini pastinya menghambat darah masuk ke otak dan menyebabkan otaka kehilangan fungsinya, maka inilah yang menyebabkan stroke.

Baca juga: Contoh Minuman Bersoda Tinggi Penyumbang Stroke

Demikian tadi beberapa makanan penyebab stroke yang wajib dihindari. Terapkan pola hidup sehat yang berkualitas agar menjamin kesehatan ya!

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.