Kuliner Khas Ambon yang Populer dan Wajib Dicoba

Kuliner Khas Ambon yang Populer dan Wajib Dicoba
picssr.com/LauraJacobsen

Kamu tertarik untuk datang ke Ambon yang merupakan salah satu kota terkenal di Indonesia? Kota dengan sejuta pesona dan potensi ini pastinya menarik untuk dikunjungi dan bisa menjadi destinasi wisata favorit unggulan untuk kamu jelajahi. Ada banyak sekali spot wisata yang menarik. Selain itu, ada juga berbagai kuliner khas Ambon yang bisa kamu cicipi selama menikmati perjalanan di sana.

Ambon terkenal dengan wisata sejarahnya yang sangat banyak dan beragam. Selain itu, jika kamu ke Ambon, jangan lupa untuk mampir ke berbagai pantai yang ada di Maluku karena menawarkan berbagai pemandangan yang sangat eksotis. Dalam berbagai berita Maluku, pantai yang disajikan ini bahkan masuk ke dalam urutan berbagai pantai paling cantik di dunia lho.

Kembali membicarakan masalah kuliner khas Ambon. Setelah seharian mengelilingi wisata di Ambon, akan lebih baik jika langsung menyantap berbagai kuliner yang lezat di sana. Ada berbagai kuliner khas Ambon yang bisa kamu coba dengan mudah. Beragam kuliner ini juga masuk dalam berbagai berita Ambon yang populer sehingga wajib untuk kamu coba. Apa saja kuliner khas Ambon yang harus dicoba ketika datang ke Ambon?

Rekomendasi Kuliner Khas Ambon yang Populer

Papeda yang Gurih, Kuliner yang Wajib Dicoba di Ambon

Papeda
picssr.com/LauraJacobsen

Salah satu kuliner khas Ambon yang wajib dicoba ketika datang ke sini adalah Papeda. Papeda merupakan olahan sagu yang dimakan sebagai pengganti nasi. Makanan pokok masyarakat Maluku Utara biasanya adalah papeda. Maka tak heran jika kamu ke sini harus mencoba makan papeda. Papeda yang disajikan untuk pengganti nasi ini biasanya akan diolah menjadi semacam bubur dan bisa dinikmati bersama berbagai olahan makanan yang lain.

Kuliner khas Ambon satu ini memiliki bentuk dan tekstur yang unik. Bentuknya yang kenyal sangat identik dengan sagu. Kamu bisa memakannya dengan masakan ikan kuah kuning yang sangat gurih. Ikan ini biasanya menggunakan jenis ikan tongkol yang diolah dengan berbagai jenis rempah-rempah hingga menghasilkan warna kuning dengan aroma yang sangat harum.

Baca juga: Waspadai Bahaya Junk Food untuk Wanita

Cara memakan kuliner khas Ambon satu ini juga sangat unik lho. Kamu akan mendapatkan sepiring papeda yang dilengkapi dengan sendok berbentuk menyerupai sumpit. Selanjutnya dituang kuah ikan kuning dan disantap dengan cara diulir dengan menggunakan sumpit tadi. Menyenangkan sekali bukan? Kamu harus mencoba papeda ini untuk menikmati cita rasa yang gurih di dalamnya.

Ikan Asap Khas Ambon

Ikan Asap Khas Ambon
wahyuuapphotography

Jika kamu datang ke Ambon, pastinya tidak boleh melewatkan kuliner khas Ambon satu ini. Ikan asap yang bernama ikan komu asar ini menjadi salah satu makanan khas dari Ambon dan Maluku yang rasanya sangat lezat. Bahan baku yang digunakan untuk memasak ikan ini adalah ikan tongkol, cakalang, dan tuna yang memiliki tekstur daging tebal dan tidak mudah hancur.

Kuliner khas Ambon satu ini diberi nama sebagai ikan komu asar ikan asap karena cara opengolahannya yang menggunakan teknik pengasapan. Biasanya, ikan ini akan ditusuk dengan potongan kayu atau bambu. Selanjutnya adalah dibungkus menggunakan daun pisang agar memberikan cita rasa yang khas. Setelah itu, ikan akan diasapi selama kurang lebih satu jam dengan menggunakan asap yang konsisten. Kayu yang digunakan untuk bahan bakar pengasapan ini pastinya menggunakan jenis kayu tertentu agar menghasilkan aroma yang lezat.

Kamu bisa menikmati kelezatan ikan asap ini dengan nasi putih hangan dan sambal colo-colo khas dari Maluku. Jika kamu ingin mencicipi makanan satu ini, kamu bisa datang ke berbagai rumah makan atau warung sekitar yang menyediakan olahan ikan asap ini.

Sambal Colo-Colo, Pedasnya Khas

Kuliner Khas Ambon yang Populer dan Wajib Dicoba
sajiansedap.grid.id

Salah satu kuliner khas Ambon yang wajib untuk dicoba selanjutnya adalah sambal colo-colo. Sambal ini terkenal denagn cita rasanyanya yang sangat pedas. Rasa pedas ini sangat cocok untuk dinikmati bersama berbagai makanan dari Ambon lainnya. Salah satu makanan yang cocok disantap bersama sambal colo-colo adalah olahan ikan asap dan juga papeda. Pendamping makanan satu ini memang cocok untuk berbagai ragam jenis makanan karena rasanya yang khas.

Bahan yang digunakan untuk membuat sambal colo-colo ini sangat sederhana. Berbagai bahan ini terdiri dari cabe rawit, bawang merah, tomat, dan tambahan daun seledri. Semua bahan ini dicampur tanpa diulek sehingga membuatnya nampak utuh satu sama lain. Setelah dicampur, sambal ini akan ditaburi dengan garam dan perasan air jeruk nipis.

Perasa jeruk nipis ini yang membuat rasa sambal colo-colo akan makin segar dan nikmat untuk dimakan bersama berbagai hidangan lain. Bagi kamu yang menyukai rasa pedas, pastinya tidak boleh untuk ketinggalan sambal satu ini karena rasanya yang sangat enak.

Dengan berbagai kuliner khas Ambon yang unik, pastinya akan menggugah selera bagi siapa saja mencicipinya. Kamu bisa menjumpai berbagai makanan di berbagai warung dan rumah makan di Ambon.

Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.