Jenis Jangkar Kapal yang Wajib Diketahui

Jenis Jangkar Kapal yang Wajib Diketahui

Pengait kapal menjadi salah satu komponen atau bagian kapal yang wajib ada. Dalam penggunaannya, pengait ini biasa disebut dengan jangkar kapal. Maka nama pengait kapal ini lebih banyak disebut dengan jangkar. Secara umum pastinya semuanya sudah tahu jika jangkar ini memiliki fungsi untuk menambatkan kapal pada dasar laut atau ketika sedang bersandar di dermaga. Dengan demikian maka kapal akan diam di tempatnya dan tidak terbawa oleh arus gelombang air laut.

Biasanya nama pengait kapal ini disusun dengan berat yang proporsional sehingga mempu menjaga kapal agar tidak bergerak meskipun arus laut bergerak menghantam dinding kapal. Dulunya, pengait atau jangkar kapal ini dibuat dengan menggunakna bahan karung. Karung ini diisi dengan berbagai material yang berat, misalnya adalah kayu log atau juga pasir. Selain kedua material ini, karung juga bisa diisi dengan menggunakan timah. Tujuannya tetap saja untuk menahan perahu ini sehingga tidak bergerak terbawa gelombang laut.

Untuk mengoperasikan atau menggunakan jenis jangkar kapal ini akan alat  yang berguna untuk menurunkan dan menaikkan jangkar dari dasar laut. Nama mesin untuk menarik pengait kapal ini adalah mesin penarik yang dipasang di forecastle deck di mana nantinya ada tuas yang digunakan untuk menarik dan mengangkat jangkar tersebut. Secara umum, ada dua jenis jangkar kapal yang biasanya digunakan untuk melaut. Apa saja sih?

Jenis Jangkar atau Pengait Kapal

anchor 839346 1920

Dalam dunia perkapalan, jenis jangkar ini biasanya dibagi menjadi dua jenis. Kedua jenis ini dibagi pada perbedaan saat meletakan jangkar ini di tengah laut. Nama pengait kapal ini biasanya menjadi penting karena perlu dikenal agar tidak menggunakan jenis pengait yang salah. Pembagian keduanya antara lain sebagai berikut:

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Peletakan

Jika dilihat pada peletakannya, jangkar atau nama pengait kapal ini memiliki beberapa jenis. Jenisnya antara lain sebagai berikut:

Danforth Stock Anchor

Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Peletakan

Jika kamu mencari jenis jangkar atau pengait yang memiliki kekuatan yang tinggi, kamu bisa memilih jenis ini. Pengait kapal atau jangkar jenis ini memiliki kualitas cengkeraman yang sangat kuat dalam menahan kapal dari gerak gelombang air laut dibandingkan jenis jangkar yang lainnya. Alasan mengapa jangkar ini memiliki kekuatan yang lebih baik karena mempunyai tongkat jangkar. Tongkat jangkar ini bisa berguna untuk menancapkan badan dan lengan pengait ke dasar laut dengan baik.

Biasanya jenis jangkar ini banyak dipakai pada dunia industry kapal. Penggunaan jangkar jenis ini banyak dipakai pada kapal yang memiliki panjang lebih dari 100 kaki. Maka tak heran jika harus menggunakan jangkar yang kuat untuk menahan beban kapal. Pengait kapal ini bisa kamu temukan dengan mudah pada bagian gelandang orlop perahu dan bisa dioperasikan oleh teknisinya.

Selain karena kekkuatannya, salah satu kelebihan lain dari penggunaan jangkat ini adalah bisa dioperasikan di daerah yang berpasir dan berlumpur sehingga bisa menancap dengan kuat. Sayangnya, justru tidak cocok jika dasar lautnya bukan berupa pasir atau lumpur. Alasannya adalah tiang jangkar tidak bisa tertancap pada hawse pipe di kapal. Sehingga, meskipun memiliki kekuatan yang bagus, jangkar ini lebih banyak digunakan untuk cadangan saja.

Pengait Kapal Jenis Mushroom Anchor

Mushroom Anchor
indiaMART

Bentuk jangkar ini memiliki kemiripan dengan jamur sehingga disebut dengan mushroom anchor. Maka tak heran jika nama pengait kapal ini lebih dikenal dengan nama jangkar jamur. Penggunaan jensi jangkar ini biasanya dipakai pada kapal yang ukurannya lebih kecil karena ukuran jangkarnya yang tidak besar. Dengan demikian, kamu akan lebih sering menemukan jangkar ini pada berbagai kapal penyebrangan yang mengambil rute jalur pendek.

Biasanya jenis perairan yang dilalui oleh kapal dengan jangkar ini adalah lokasi yang banyak mengandung lumpur. Perairan yang mengandung lumpur ini sangat cocok dan pas digunakan untuk menancapkan jangkar tersebut. Bentuknya yang memiliki kemiripan dengan kepala jamur atau jamur di bagian bawahnya ini akan sangat kuat menancap di bagian lumpur.

Baca juga: Buritan Kapal dan Konstruksi Haluan

Stockless Anchor di Kapal

Stockless Anchor di Kapal
www.suzuki.co.id

Jangkar atau pengait kapal ini biasanya lebih banyak dipakai pada kapal yang ukurannya besar. Biasanya nama pengait kapal ini dikenal dengan istilah jangkar utama karena memang paling banyak digunakan dalam dunia perkapalan. Jangkar ini akan ditempatkan pada sisi kanan dan kiri kapal ketika sedang tidak digunakan. Masing-masing sisi harus diberi jangkar dengan jumlah dan berat yang seimbang agar tidak mempengaruhi keseimbangan kapal.

Bermacam-macam peralatan kapal termasuk jangkar kapal dapat di beli melalui distributor peralatan kapal. Distributor peralatan kapal juga dapat di cari melalui internet. Dan melakukan transaksi secara online dengan aman.


Jenis Jangkar Kapal Berdasarkan Bentuk dan Fungsi

Dalam jangkar, pembagian selanjutnya adalah jenis pengait berdasarkan bentuk dan fungsinya. Nama pengait kapal ini pastinya juga menyesuaikan dengan jenis bentuk dan fungsinya sehingga bisa berguna sebagaimana mestinya. Berikut pembagiannya:

Scream Anchor pada Kapal

Dalam dunia kapal, jenis jangkar ini pastinya sudah tidak asing lagi. Jenis jangkar ini biasanya memiliki ukuran yang berbeda dan disertai dengan satu buah jangkar arus. Scream anchor ini biasanya memiliki guna untuk mendukung jangkar haluan atau pengait arus ketika berada di perairan yang memiliki gelombang air laut yang kuat. Dengan demikian, fungsinya lebih besar berpengaruh pada peran tambahan saja.

Jangkar Kapal AC14

Salah satu jenis jangkar yang juga populer dalam dunia perkapalan adalah jangkar kapal AC14 di mana fungsinya adalah untuk berbagai hal. Penggunaan jangkar jenis ini digunakan pada jenis kapal aquaculture dan beberapa kapal komersil. Nama pengait kapal ini juga dikenal lebih luas bagi dunia perkapalan karena memiliki nilai efisien yang lebih tinggi daripada jenis jangkar yang lain. Penggunaan jangkar ini juga bisa disesuaikan dengan beratnya sehingga bisa digunakan sesuai dengan situasi dan kondisinya.

Baca juga: Buku Perlengkapan Kapal

Jangkar Kapal Hall

Bagi beberapa kapal, jenis pengait ini banyak digunakan dalam jenis kapal komersil dan kapal pengangkut. Nama pengait kapal ini sesuai dengan fungsinya yaitu diletakkan mulai dari hall kapal. Bentuk dari jangkar jenis ini memiliki wujud menyerupai piring dan di atasnya terdapat komponen tambahan yang membentuk trisula. Dengan demikian maka proses penambatan akan lebih kuat dan kokoh di dalam dasar laut ini.

Jangkar Kapal Spek

Perkembangan jangkar sendiri sangatlah beragam. Salah satunya adalah dengan munculnya jenis jangkar kapal spek. Penggunaan jangkar atau pengait jenis ini hampir mirip dengan jensi jangkar hall. Dalam jangkar hall berbentu piringan terbuka, tetapi jenis jangkar kapal spek satu ini lebih tertutup. Biasanya digunakan untuk berbagai jenis kapal komersil dan kapal pengangkut yang memiliki beban sedang.

Jangkar Kapal Danforth

Jenis jangkar ini memiliki kekuatan cengkraman yang baik karena dibuat dari baja. Penggunaan jenis jangkar ini ada di beberapa jenis kapal boat dan juga kapal komersil. Dengan menggunakan jenis jangkar ini, bisa berguna untuk menahan beban kapal dari gelombang air laut. Nama pengait kapal ini sesuai dengan bahan yang digunakan.

Jangkar Kapal Stevin

Jenis jangkar ini banyak dipakai pada perjalanan di kawasan offshore karena berguna untuk menahan arus dengan beban yang berat. Pengait kapal jenis ini masuk ke dalam kategori high holding power anchor sehingga kuat menahan berat.