Contoh Bio Instagram Bisnis dan Tips Membuat Bio yang Efektif

Contoh Bio Instagram Bisnis dan Tips Membuat Bio yang Efektif

Sudahkah Anda memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media digital marketing untuk ide bisnis online Anda? Jika sudah, Anda telah melakukan hal yang benar. Pastinya menjadi langkah yang tepat jika Anda telah menggunakan media sosial Instagram sebagai bagian dari bisnis Anda. Apalagi akun Instagram yang Anda gunakan adalah akun Instagram bisnis. Contoh bio Instagram bisnis adalah elemen yang paling penting di sini. 

Definisi Bio pada Instagram Bisnis

Contoh Bio Instagram Bisnis dan Tips Membuat Bio yang Efektif

Contoh bio Instagram bisnis di sini berupa profil yang Anda buat untuk Instagram bisnis. Profil merupakan identitas sekaligus gambaran singkat seputar bisnis yang Anda tengah jalankan. Profil atau bio yang tertera di sebuah akun Instagram bisnis diibaratkan sebagai brand bisnis yang sedang dipromosikan. Artinya, bio di sini adalah tulang punggung Instagram bisnis. 

Contoh bio Instagram bisnis juga menjadi satu-satunya peluang untuk menghubungkan link situs atau website toko online atau jenis bisnis lainnya. Dengan adanya link ini, followers atau pengguna Instagram lainnya dapat terkoneksi dengan website bisnis Anda hanya dengan sekali klik saja. 

Bio pada contoh bio Instagram bisnis dapat berisi profil tentang bisnis, produk, atau jasa secara singkat. Bagian ini sebaiknya dibuat semenarik mungkin agar siapapun yang mengakses Instagram bisnis tertarik dengan produk, jasa, atau brand yang sedang ditawarkan. 


Cara Pembuatan dan Contoh Bio Instagram Bisnis

Mengetahui pentingnya sebuah bio, rasa-rasanya Anda harus meluangkan waktu secara khusus untuk membuat bio agar isi bio pada akun Instagram bisnis Anda benar-benar menggambarkan brand Anda (branding). Bila perlu,  seringlah melihat beberapa contoh bio Instagram bisnis  milik orang lain yang sudah lebih dulu sukses dalam hal branding. 

Anda bisa jadikan beberapa contoh bio Instagram bisnis ini sebagai referensi yang bisa Anda pelajari sebelum Anda mulai membuat bio sungguhan untuk akun Instagram bisnis. Dengan cara ini, bio yang telah Anda buat nantinya benar-benar akan menggambarkan profil bisnis yang akurat dan tentunya menarik. 

Lantas, jika kita mengacu pada contoh bio Instagram yang benar, apa saja yang perlu kita cantumkan ketika kita akan mulai membuat sebuah bio pada akun Instagram bisnis kita? Sebelum Anda mulai membuat bio yang sesuai dengan ekspektasi, Anda wajib perhatikan beberapa komponen utama pada bio Instagram bisnis. 

1. Nama 

Pada bagian ini, Anda wajib mencantumkan nama brand Anda. Tak hanya itu saja, kolom yang berisi maksimal 30 karakter ini, boleh Anda tambahkan informasi lainnya. Misal, Anda ingin tambahkan satu atau dua kata berupa frasa kata kunci yang mempromosikan nama brand bisnis Anda. 

Pastikan informasi yang Anda tambahkan ini mudah diingat oleh followers atau pengguna Instagram lain. Akan jauh lebih baik lagi jika kata kunci yang Anda tambahkan ini membantu para followers atau pengguna Instagram lebih mudah menemukan brand yang Anda usung. 

2. Username

Masih mengacu pada contoh bio Instagram bisnis, selain kolom nama, komponen lainnya yang tak kalah penting adalah username. Username di sini adalah identitas Anda di akun Instagram Anda. Pastikan bahwa username yang digunakan bersifat konsisten; artinya username yang digunakan sebaiknya sama dengan username Anda di media-media sosial lainnya. Tujuannya adalah agar pengguna Instagram akan lebih mudah menemukan brand Anda. Atau, setidaknya pengguna dapat dengan mudah menandai Anda hanya melalui  username di media sosial. 

Baca juga: Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis

3. Website 

Seperti yang diulas pada contoh bio Instagram bisnis di atas, kolom website adalah satu-satunya bagian pada Instagram yang bisa ditautkan dengan alamat situs atau website yang berisi informasi detail seputar produk atau jasa yang kita promosikan. 

Tak hanya dapat ditautkan pada alamat situs atau website, melainkan bisa juga dikoneksikan dengan jenis konten lainnya yang berisi informasi terbaru seputar jasa atau produk Anda. Konten bisa berupa iklan, video, blog,  dan jenis konten lainnya. Sangat disarankan untuk menggunakan pemendek URL agar Anda bisa memperoleh data statistik pengunjung secara real-time. 

4. Bio

Nah, Bio, sesuai dengan beberapa contoh bio Instagram bisnis yang ada, berisi gambaran brand; lebih tepatnya gambaran tentang siapa Anda dan apa tujuan Anda membuat brand ini, serta informasi-informasi unik lainnya seputar brand yang Anda usung. 

Dalam membuat bio, pastikan Anda menggunakan kalimat-kalimat semenarik mungkin agar banyak pengguna Instagram tertarik ketika mengakses Instagram Anda. Lantas, bagaimana cara mengisi kolom bio agar hasilnya sesuai dengan contoh bio Instagram bisnis yang ada di internet? Simak tipsnya berikut ini. 


Contoh Bio Instagram Bisnis yang Menarik

Menggunakan Emoji 

Seperti di contoh bio Instagram bisnis yang biasa dijumpai di internet, ada tips yang bisa kita coba agar tampilan bio kita tampak lebih menarik. Tipsnya adalah dengan menambahkan emoji. Tujuan penggunaan emoji pada kolom bio adalah sebagai penarik pengguna. Memang terkesan kekanak-kanakan, tapi dampak positifnya besar sekali. 

Kelebihan lainnya dari menggunakan emoji pada kolom bio adalah emoji dapat menggantikan kata-kata yang tak bisa dituliskan karena jumlah karakter yang terbatas. Emoji dapat mewakili ekspresi yang ingin kita sampaikan kepada siapapun yang membaca bio Instagram bisnis kita. Bahkan emoji di sini dapat mewakili identitas brand Anda.

Bio pada brand Forever 21 adalah contoh bio Instagram bisnis yang efektif menaikkan jumlah followers instagram bisnis baru tanpa harus menggunakan jasa followers; hanya dengan menggunakan sejumlah emoji saja. 

Screenshot 343

Tapi Anda perlu hati-hati dalam menggunakan emoji untuk bio Instagram bisnis Anda. Penggunaan emoji yang berlebihan dan minim informasi hanya akan membuat para pengunjung Instagram bisnis Anda tidak mengerti apa isi bio Anda. 

Agar aman, gunakan emoji untuk kebutuhan tertentu saja. Misal, penggunaan emoji pin lokasi untuk menunjukan lokasi Anda yang bisa diakses via Google Map. Atau gunakan emoji bergambarkan amplop untuk menunjukan alamat email. 

Menggunakan Hashtag Bermerk

Tips yang satu ini tak hanya membuat bio Anda tampak menarik dan keren, melainkan sangat efektif untuk tingkatkan rate jumlah followers baru tanpa harus beli followers seperti yang dilakukan kebanyakan pelaku bisnis online. 

Hashtag bermerk tentu dapat membantu akun Instagram bisnis Anda lebih mudah untuk dijangkau oleh lebih banyak pengguna Instagram. Contoh bio Instagram bisnis yang mengaplikasikan tips ini adalah GoPro. 

Jika Anda sudah melihat bio GoPro di internet, Anda dapat melihat bukti efektivitas dalam menciptakan feeds yang menarik secara visual. Pengguna pun akan menjadi lebih mudah tertarik untuk mencoba menggunakan brand atau produk GoPro.

Menggunakan trik call-to-action (seperti yang ada di contoh bio Instagram bisnis milik Airbnb), menyertakan informasi kontak (alamat email, kontak Whatsapp, dll), dan menonjolkan sisi kelebihan brand adalah 3 tips lainnya yang Dapat Anda praktikan agar bio Instagram bisnis Anda jauh lebih menarik, informatif, dan pastinya targeted di mata pengguna Instagram. 

Demikian informasi singkat mengenai beberapa cara agar tampilan bio pada akun Instagram bisnis lebih menarik dan efektif seperti yang sering kita lihat di beberapa contoh bio Instagram bisnis di internet.