skip to Main Content
Tips Cara Merawat Komputer Dengan Baik

Tips Cara Merawat komputer dengan baik

Cara merawat komputer dengan baik merupakan sebuah keharusan, karena hal ini dapat menjaga performa komputer tersebut dengan jangka waktu yang lama. Selain itu, tidak hanya komputer, setiap barang baik elektronik perlu dilakukan perawatan agar kondisinya selalu bagus performa terjaga dan tidak mudah rusak.

Cara Merawat PC
Merawat PC dengan Baik

Perawatan ini sangat diperlukan karena setiap barang elektronik seperti pc dan gadget lainnya dilengkapi dengan komponen yang sensitif. Jadi, jika komputer kamu terkena air, debu atau material lainnya maka kinerjanya akan melambat atau bahkan rusak.

Daya tahan setiap komputer tentunya berbeda-beda bergantung kepada bahan materialnya, merek serta cara perawatan. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar komputer kamu dapat beroperasi dengan baik.

Tips perawatan Komputer gaming atau Pc desktop

Merawat komputer ataupun laptop perlu dilakukan secara berkala khusunya komputer atau pc gaming secara menyeluruh, Menyeluruh yang dimaksud tidak hanya pada hardware tapi juga software. Oleh karena itu, kamu harus melakukan beberapa hal di bawah ini agar pc tersebut selalu terjaga performanya.

1. Menjaga Supply Udara

Heatsink koputer desktop
Heatsink Pada Prosesor

Supply udara pada komputer ataupun laptop sangatlah penting. Karena setiap gadget tersebut akan mengeluarkan hawa panas ketika digunakan untuk beberapa waktu. Ketika supply udara berjalan dengan baik maka suhu komputer kamu menjadi teratur.

Jika pc atau komputer terus mengalami suhu yang tinggi (overheat) maka terdapat risiko kerusakan pada hardware seperti tiba-tiba mati, blue screen atau lainnya. Kerusakan hardware tentunya harus dihindari karena biaya perbaikannya cukup mahal.

Cara mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan heat sink yang baik. Selain itu, bersihkan kipas ketika merawat laptop atau pc secara teratur. Kamu juga perlu mengganti thermal paste pada prosesor. Hal ini perlu dilakukan pada tahun kedua pada komputer atau laptop yang telah kamu beli.

2. Menggunakan Antivirus Sebagai Cara yang ampuh menjaga komputer kamu

Antivirus
Pilihan Antivirus

Selain hardware, kamu juga harus menjaga kesehatan software pc yang dimiliki. Tentu percuma jika komponen luarnya bagus dan kinclong namun isinya pernuh dengan virus komputer. Oleh karena itu, kamu perlu menggunakan antivirus terbaik yang ada saat ini.

Setiap antivirus memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Oleh karena itu, kamu perlu mengumpulkan berbagai informasi sebelum memilih antivirus yang paling cocok dengan kebutuhan.

3. Merawat pc atau komputer dengan Update Software dan Driver

Kebanyakan para pengguna Pc komputer tidak memperhatikan software ataupun driver yang digunakan. Padahal kedua hal ini sangat penting karena dapat membantu pc yang dimiliki agar selalu bekerja dengan optimal. Karena ada kalanya software yang kamu install tidak dapat digunakan jika OS yang dimiliki tidak di update terlebih dahulu.

Salah satu cara merawat komputer ataupun pc adalah melakukan update secara berkala, setidaknya sekali dalam dua bulan. Karena dalam waktu tersebut pihak windows, mac ataupun lainnya telah melakukan update terbaru. Update ini berfungsi untuk mengatasi bug, memperbaiki kinerja software, meningkatkan perlindungan dan lainnya.

4. Memakai Software Optimisasi

Advance SystemCare
iObit Advance SystemCare Logo

Cara merapihkan dan perawatan komputer lainnya adalah dengan menggunakan software optimisasi. Software ini cukup baik dan berperan penting dalam memperbaiki berbagai masalah dalam pc kamu. Software ini dapat memeriksa dan memperbaiki junk file, registry error dan berbagai hal lainnya.

Software ini juga memberikan notifikasi jika terdapat kendala pada pc tersebut setiap booting. Jadi, jika kamu ingin pc atau laptop yang dimiliki dapat beroperasi dengan optimal maka gunakanlah software ini. Kamu bisa menggunakan salah satu dari software optimisasi dibawah ini, yaitu:

5. Uninstall Software yang Tidak Digunakan

Sebagian besar orang akan menggunakan suatu software ketika dibutuhkan. Contohnya saja mahasiswa yang biasa menggunakan program olah data ketika skripsian. Namun, ketika bekerja software ini tidak digunakan kembali karena tidak berhubungan dengan pekerjaan tersebut.

Ketika hal ini terjadi, maka lebih baik jika software tersebut dihapus secara permanen dan simpan saja mentahan (installan-nya) untuk menghemat pemakaian RAM pc. Kamu juga perlu melakukan hal yang sama pada software lainnya yang tidak digunakan kembali.

6. Tips Perawatan Komputer Dengan Memakai UPS

Cara Merawat PC
Contoh UPS

UPS atau yang biasa dikenal sebagai stabilizer merupakan perangkat tambahan yang sangat diperlukan bagi kamu pengguna komputer. Peralatan ini dibutuhkan untuk menstabilkan arus listrik yang masuk ke pc. Selain itu kebanyakan UPS memiliki fitur penyimpan daya sementara. Jadi, ketika terjadi pemadaman listrik komputer kamu tidak langsung mati.

Hal ini tentu sangat bermanfaat, karena jika pc atau komputer yang dimiliki tiba-tiba mati dan terjadi cukup sering maka akan terjadi kerusakan di masa depan baik pada hardware atau software. Namun, produk UPS ini cukup beragam sehingga kamu harus memperhatikan kapasitas penyimpanan daya, merek dan harga sebelum membeli UPS ini nantinya.

7. Ketika Hujan Deras Jangan Gunakan Komputer

Petir
Bahaya Petir Ketika Hujan Deras

Cara satu ini merupakan bentuk pencegahan kerusakan pc yang diakibatkan arus pendek atau sambaran petir. Karena ketika terjadi hujan deras dan diikuti dengan sambaran petir, maka ada kemungkinan perangkat pc yang kamu gunakan akan terkena sambaran petir tersebut.

Peluang terkena masalah ini akan semakin meningkat jika kamu menggunakan WiFi ataupun modem. Oleh karena itu, bagi pengguna pc, komputer ataupun laptop sebaiknya menghindari pemakaian gadget tersebut ketika hujan deras. Upaya lainnya adalah dengan memasang penangkal petir di kediaman masing-masing dan memasang UPS pada perangkat pc yang dimiliki.

Nah, itulah 7 cara merawat PC atau komputer yang dapat kamu terapkan dengan baik. Cara-cara di atas sangat mudah dilakukan namun memiliki peran yang penting. Karena dengan melakukan hal tersebut pc yang kamu miliki tidak hanya bekerja optimal namun juga tahan lama.

This Post Has 0 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top