Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis

Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis
istockphoto

Hai sobat, sudah tahukah kamu cara menambahkan lokasi di bio Instagram bisnis? Instagram memang menjadi salah satu media sosial paling populer saat ini. Bahkan popularitasnya jauh di atas Facebook dan Twitter yang memiliki ratusan juta pengguna yang tersebar di seluruh dunia. 

Media sosial Instagram banyak diakses oleh semua kalangan usia, profesi, dan gender. Fiturnya yang sangat lengkap dan selalu update menjadikan media sosial ini begitu digemari oleh masyarakat dunia. 

Instagram: Media Sosial paling Efektif untuk Lakukan Digital Marketing

Sedikit berbeda dengan beberapa media sosial lain, Instagram merupakan sebuah media sosial yang paling banyak digunakan, dengan konsep atau ide berbagi foto dan video sebagai feeds utamanya. Dengan konsep semacam ini, para pengguna Instagram bebas mengunggah foto atau video ke akun Instagram mereka.

Foto atau video yang telah diunggah kemudian akan mendapatkan love atau komentar dari para followers akun Instagram tersebut. Pada media sosial Instagram, kita akan menemukan banyak pilihan filter, mulai dari filter editing foto hingga filter dengan visual yang lucu. Filter ini biasanya digunakan oleh para pengguna Instagram agar tampilan foto yang mereka unggah terlihat lebih menarik.

Selain filter, Instagram juga memiliki fitur Instagram Stories, Live Instagram, dan IG TV yang masing-masing dapat dimanfaatkan sebagai media untuk eksis di dunia maya. Nah, sebelum kita membahas lebih detail soal cara menambahkan lokasi di Bio ke sebuah akun Instagram bisnis, yuk kita bahas terlebih dahulu pemanfaatan media sosial untuk perintisan suatu bisnis. 

Instagram dan Bisnis Online 

Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis
istockphoto

Instagram saat ini memang sering dimanfaatkan sebagai media untuk mendukung perkembangan sebuah bisnis. Apalagi kini telah hadir Instagram bisnis yang memang dibuat secara khusus untuk mempromosikan bahkan menjual suatu produk atau jasa.

Untuk memiliki sebuah akun Instagram bisnis sangatlah mudah. Cukup dengan mengubah setting-an akun Instagram kita menjadi sebuah akun Instagram bisnis di mana kita bisa mempraktikan cara menambahkan lokasi di bio yang sebentar lagi akan kita bahas. 

Bagian profil pada akun Instagram tentu bisa ditambahkan banyak hal seperti biografi, link sebuah website, dan juga lokasi rumah kita. Nah, penambahan lokasi pada profil atau bio Instagram rupanya memberi banyak manfaat. Apalagi jika akun Instagram kita adalah akun Instagram bisnis. 


Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis

Cara Menambahkan Lokasi di Bio Instagram Bisnis
verticis.com.br

Hanya dengan meng-klik lokasi yang ada di bio sebuah akun Instagram, lokasi atau alamat bisnis kita akan langsung tampak dan dapat diakses via Google Maps. Lantas, bagaimana cara menambahkan lokasi di bio sebuah akun Instagram bisnis?

Buka Profil – Edit Profil – Opsi Kontak 

Cara menambahkan lokasi di bio instagram bisnisyang pertama adalah membuka aplikasi Instagram via smartphone Android atau iPhone. Lalu pilih ‘Edit Profil’. Lalu kita akan menjumpai ada beberapa opsi; salah satunya adalah ‘Opsi Kontak’. 

Alamat Bisnis – Opsi Kontak 

Cara menambahkan lokasi di bio instagram bisnis selanjutnya yaitu dengan memilih ‘Alamat Bisnis’ setelah kita klik ‘Opsi Kontak’. 

Kota – Alamat – Kode Pos

Setelah itu, tuliskan nama lokasi yang ingin kita masukan. Lantas, klik bagian ‘Kota’ untuk menentukan nama kota di mana kita membuka bisnis kita atau kota tempat tinggal kita. Kita juga bisa menuliskan alamat lengkap rumah kita dengan cara klik ‘Alamat’.Akan jauh lebih baik lagi jika kita tambahkan kode pos kita dengan cara klik ‘Kode Pos’.

Klik Tanda Checklist (✔️)

Setelah beberapa step di atas telah berhasil dilakukan, cara menambahkan lokasi di bio Instagram bisnis berikutnya adalah dengan mengklik ikon checklist (v) yang terletak di sudut kanan atas. Lalu, klik tanda checklist sekali lagi untuk penyimpanan.

Kita juga boleh menambahkan opsi kontak penting lainnya seperti nomor telepon, alamat email, dan kontak penting lainnya. Caranya dengan klik ‘Tambahkan Tombol Tindakan’. Dengan menambahkan beberapa kontak penting semacam alamat email dan nomor telepon, para followers atau sesama pengguna Instagram lainnya dapat mengirimi kita email atau menelpon ke nomor kontak yang telah tercantum di dalam bio. 

Cara menambahkan lokasi di bio Instagram bisnis yang terakhir adalah dengan klik tanda checklist sekali lagi sebagai bentuk persetujuan kita sekaligus sebagai tanda bahwa kita telah setuju untuk menyimpan beberapa informasi penting tadi ke akun Instagram bisnis kita. 

Untuk mengecek apakah penambahan lokasi, alamat email, dan nomor kontak yang baru saja kita lakukan telah tersimpan atau tidak, bisa kita lakukan dengan melihat profil akun Instagram bisnis kita. 

Apabila di bagian terbawah profil Instagram kita telah tertulis alamat lengkap rumah atau toko online atau perusahaan kita, tandanya penambahan lokasi telah berhasil. 

Bagaimana, ternyata tidak sulit bukan cara menambahkan lokasi di bio Instagram bisnis kita? Jika kita ingin melakukan koreksi, kita bisa melakukanya dengan cara yang sama seperti saat kita mempraktikan cara menambahkan lokasi di bio. 


Syarat Membuat Lokasi di Bio Sebuah Akun Instagram Bisnis

Rupanya membuat lokasi di bio sebuah akun Instagram bisnis itu tak semudah kita mempraktikan cara menambah lokasi di bio loh. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Syaratnya yaitu dengan mengubah akun Instagram kita menjadi sebuah akun bisnis. 

Tujuannya sangat jelas, yaitu agar kita jauh lebih mudah untuk memanfaatkan berbagai fitur yang memang dibuat khusus untuk keperluan bisnis. Nah, bagi kamu yang belum beralih ke akun bisnis, ada baiknya untuk segera mengganti akun Instagram pribadi kamu menjadi akun bisnis. Ada banyak fitur bermanfaat yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan traffic dan jumlah followers kamu.

Cara Menambah Followers 

Meski ada cukup banyak cara menaikan followers Instagram bisnis kita, misal dengan memanfaatkan jasa beli followers, kita tetap dapat menaikkan jumlah followers kita dengan mengoptimalkan kualitas feeds yang kita posting secara rutin.

Setelah berhasil mempraktikan cara menambahkan lokasi di bio sebuah akun Instagram bisnis, siapa di sini yang sangat penasaran dengan cara menaikan jumlah followers di sebuah akun Instagram bisnis? Sudah pasti pada penasaran, bukan? Caranya cukup mudah, yaitu:

  • Dengan menggunakan hashtag yang tepat di postingan atau Instagram stories
  • Menyimpan Instagram Stories di Fitur Highlights agar mudah diakses oleh sesama pengguna Instagram kapan saja
  • Tag lokasi ketika melakukan postingan
  • Menggunakan filter Instagram yang tepat, baik untuk postingan foto maupun video
  • Mengatur postingan seperti kapan sebaiknya posting feeds baru, berapa lama rentang waktu tiap postingan
  • Membangun interaksi dengan followers para kompetitor kita
  • Menggunakan jasa endorsement dari influencers yang memiliki jumlah followers banyak
  • Lakukan trik dengan cara berbagi giveaway
  • Memilih username yang relevan dengan ide bisnis kita; gunakan nama username yang mudah diingat dan menarik pastinya
  • Pasang foto profil yang relevan dengan ide bisnis kita
  • Membuat tampilan feeds Instagram semenarik mungkin
  • Rutin melakukan posting
  • Melengkapi bio Instagram bisnis
  • Isi postingan dengan konten yang menarik, bermanfaat, dan berkualitas. 
Garuda WebDev
Bekerja sebagai SEO Expert di Garuda Web Development. Sebuah layanan jasa pembuatan website dan SEO Profesional.