Buku Perlengkapan Kapal untuk Keperluan Melaut

Buku Perlengkapan Kapal untuk Keperluan Melaut

Kapal saat ini menjadi salah satu alat transportasi yag tentu saja bisa digunakan untuk melewati perairan. Tidak semua orang bisa mengoperasikan kapal dan harus ditangani oleh pihak yang ahli di bidangnya. Walaupun demikian, kamu juga harus mengetahui dasar-dasar tentang kapal jik akan berlayar atau menggunakan kapal sebagai alat transportasi. Dengan mempelajari buku perlengkapan kapal ini nantinya bisa menjadikan bayangan bagaimana persiapan ketika akan menumpang perahu atau kapal untuk menyebrang.

Pengertian Kapal, Mengenal Perlengkapan Kapal

Buku Perlengkapan Kapal untuk Keperluan Melaut

Kapal secara umum pastinya dikenal sebagai media atau apung yang bisa mengapung dan berlayar di atas permukaan air dan bisa bergerak. Ada berbagai jenis kapal yang bisa digunakan dalam kegiatan yang berbeda. Mulai dari kapal komersil, kapal angkut, kapal perang, hingga kapal selam. Dalam buku perlengkapan kapal ini tentunya masing-masing kapal memiliki fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga perlu memperhatikan apa saja yang dibutuhkan dalam perjalanan menggunakan kapal ini.

Jika melihat pada UU no 17 tahun 2008 tentang pelayaran, kapal berarti “kendaraan air dengan bentuk dan jenis tertentu, yang digerakkan dengan tenaga angin, tenaga mekanik, energi lainnya, ditarik atau ditunda. Termasuk kendaraan yang berdaya dukung dinamis, kendaraan di bawah permukaan air, serta alat apung dan bangunan terapung yang tidak berpindah-pindah.” Sehingga dari pengertian ini dapat dikatakan bahwa kapal bisa digunakan untuk mengangkut berbagai komponen.

Perlengkapan dan Bagian dalam Kapal

Dalam buku perlengkapan kapal yang biasanya digunakan, perlengkapan dan bagian kapal menjadi salah satu hal yang mendukung keberlangsungan kapal bisa beroperasi dengan baik dan benar. Ketika kapal sudah memiliki berbagai perangkat ini, pastinya akan menjadikan kapal berguna sebagaimana mestinya dan akan mengikuti standar dalam penggunaan kapal.

Secara umum, perlengkapan kapal ini bisa dalam bentuk perlengkapan navigasi, berbagai jenis alat penolong atau P3K, penemu dengan menggunakan basis asap (smoke detector) dan pemadam kebakaran darurat yang mudah digunakan. Selain itu, perlengkapan kapal yang biasanya tercantum dalam buku adalah jenis radio dan elektronika kapal yang mendukung perjalanan kapal. Jangan lupakan juga dengan peta dan alat navigasi yang akan membantu dalam proses pelayaran.

Alat navigasi yang biasanya ada di dalam kapal ini misalnya adalah RADAR, fish finder, kompas, peta, sonar, hydrometerm, barometer, dan klinometer. Dengan kelengkapan ini, pastinya akan membuat standarisasi dalam proses perjalanan kapal akan lebih aman dan sesuai dengan prosedur. 

Selain alat navigasi, perlengkapan yang harus ada dalam kapal ini adalah alat penolong. Beberapa alat penolong yang wajib ada dalam kapal yang sesuai dengan standar adalah pelampung, rompi pelampung, berbagai jenis rakit darurat, tali ikat, dan sekoci yang digunakan untuk masa darurat. Dengan memenuhi standarisasi alat penolong sesuai dengan buku peralatan kapal ini akan menjadikan kapal lebih aman jika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Perlengkapan kapal lain yang juga wajib ada adalah media pemadam kebakaran. Berbagai peralatan yang sesuai standar antara lain pemadam busa, water pressure, dan sry chemical. Bisa juga ditambahkan dengan nozzle, hydrant air dan juga selang pemadam, ditambahkan dengan pasir dan sekop juga akan sangat membantu memadamkan api jika terjadi kebakaran di atas kapal. Kelengkapan alat ini pastinya harus dipenuhi untuk menjamin keselamatan bersama.

Perlengkapan Tambahan pada Kapal

Selain beberapa perlengkapan di atas, dalam buku perlengkapan kapal ada beberapa peralatan yang bisa ditambahkan dalam kapal agar membuat fungsi kapal makin baik. Hal-hal yang bisa ditambahkan ini antara lain berbagai jensi sarana tambat labuh. Sarana labuh ini misalnya adalah dampra, tali tambat, dan alat penembak tali.

Adapun beberapa alat-alat berlabuh jangkar yang digunakan ketika akan mengeluarkan jangkar di tengah laut atau pinggir dermaga. Peralatan ini antara lainu ceruk rantai,rantai/tali jangkar, bosa dasar, mesin jangkar, jangkar, dan band stopper. Selain itu, perlu ditambahkan takel, tali, dan blok untuk mengangkat beban agar lebih ringan dan mudah. Perlengkapan tambahan ini dapat di beli pada toko perlengkapan kapal online maupun offline.

Baca juga: Bagian dari Kapal Layar

Perlengkapan Navigasi pada Kapal

Dalam buku perlengkapan bagian kapal yang biasa dilakukan, navigasi menjadi salah satu perlengkapan sekaligus peralatan yang sangat dibutuhkan dan pasti ada dalam berbagai jenis kapal. Beberapa navgasi ini ada yang umum digunakan, ada pula yang merupakan navigasi khusus. Apa saja ya?

1. Gyro Compass

Gyro Compass
www.indiamart.com

Salah satu alat navigasi yang populer adalah gyro compass. Alat ini biasanya dipakai untuk mencari arah atau haluan kapal yang benar. Jika dibandingkan dengan kompas magnetic pastinya sangat berbeda. kompas jenis ini tidak memiliki hambatan pada medan magnet yang berada di luar. Dengan demikian bisa digunakan untu menemukan lokasi atau titik utara dengan lebih akurat. Dengan menggunakan alat ini, pastikan bahwa sistem repeater pada kapal sudah ada dalam sistem kemudi darurat. 

2. Radar pada Kapal

Radar pada Kapal
www.jejaktapak.com

Bagi perjalanan menggunakan kapal pastinya radar menjadi salah satu komponen kapal yang sangat penting dan berguna dalam menentukan titik lokasi yang akan dituju. Melalui buku perlengkapan kapal yang biasanya digunakan, radar selalu wajib ada dalam kapal yang akan digunakan untuk berlayar. Kapal biasanya akan menggunakan S-band dengan sistem radar frekuensi X-band yang berfungsi untuk navigasi lebih akurat.

Informasi yang disampaikan dalam radar ini akan meliputi jarak kapal dengan benda asing di sekitar, jarak dengan daratan, jarak yang akurat dengan kapal lain yang ada di sekitarnya, hingga berbagai rintangan yang ada di sekitarnya untuk menghindari tabrakan. Radar ini bekerja dengan menggunakan antena yang bisa berputar dengan konsep titik koordinat.

3. Kompas Magnetik untuk Perjalanan di Kapal

Kompas Magnetik untuk Perjalanan di Kapal
id.china-compass.net

Melihat pada buku perlengkapan kapal ini, biasanya kapal harus memiliki kompas magnetic yang berguna untuk mengukur ketepatan arah mata angin. Biasanya kompas akan mengacu pada magnet bumi yang memperlihatkan posisi utara selatan dan berbagai arah lain sengan lebih akurat. Perlengkapan ini menjadi hal yang penting, khususnya untuk suatru voyage. 

4. Mode Kapal dengan Auto Pilot

Meski kapal memiliki nahkoda yang akan mengemudikan kapal, tetapi suatu kapal perlu memiliki fitur auto pilot. Fitur ini bisa digunakan untuk membantu para pengemudi untuk memgendalikan kapal sehingga perjalanan akan lebih mudah ditangani. Dengan menggunakan auto pilot ini pastinya akan mempermudah nahkoda untuk melakukan berbagai aktivitas operasi kapal yang lain dan tidak akan memecah konsentrasi pada proses pengendalian kapal.

5. ARPA dalam Kapal

Menurut buku perlengkapan kapal sesuai dengan standar, kapal harus memiliki sistem ARPA yang baik. ARPA ini adalah alat bantu radar otomatis yang bisa berguna untuk memperlihatkan posisi kapal di lautan. Alat ini bisa juga digunakan untuk melihat kapal lain di sekitar kita. Tujuannya tentu saja untuk menghindari tabrakan antar kapal. Kamu bisa juga menggunakan ARPA untuk memantau kondisi sekitar dan melakukan monitoring.

Demikian tadi beberapa komponen yang biasanya disebutkan dalam buku perlengkapan kapal sehingga menjadi memenuhi standar. Masih ada berbagai komponen lain yang juga bisa kamu kenali dengan seksama.