Bermain Game COC (Clash of Clans) 2020

Game COC

Bermain game COC atau yang dikenal dengan Clash of Clans tetaplah seru dan menyenangkan bahkan untuk saat ini. Karena, kamu akan menemukan banyak elemen menarik selama bermain layaknya game legendaris lainnya.

Walaupun termasuk game lama untuk android dan iOS, game satu ini tetap hidup dan memiliki pemain yang lumayan banyak. Walaupun tidak sebanyak dahulu ketika game ini berada pada posisi puncak ketenaran.

Game ini sekilas mirip dengan The SIMS dan Age of Empire, karena kamu harus membangun desa kemudian di upgrade setinggi mungkin. Namun, perbedaan dasarnya adalah game ini hanya dapat dimainkan secara online.

Bermain Game COC 2020
COC Opening Screen

Karena kamu dapat menyerang desa lain untuk mencuri sumberdayanya. Selain itu, kamu bisa bergabung dengan clan untuk mengikuti Clan Wars, saling berbagi sumberdaya, pasukan dan lainnya.

Bermain game COC sangatlah seru karena kamu dapat melakukan banyak hal di dalamnya. Seperti upgrade bangunan, spell, pasukan, menyusun pertahanan dan lainnya. Namun, terdapat beberapa hal yang harus kamu ketahui agar dapat memainkan game ini dengan baik.

Baca juga : Bermain Mobile Legend (Bang Bang), Cara Mudah Menjadi PRO

Cara Bermain Game COC

Bagi sebagian orang menyusun bangunan dan pertahanan mungkin cukup membosankan dan memakan banyak waktu. Namun, ketika memainkan game satu ini Anda wajib melakukan hal tersebut. Karena desa dengan susunan bangunan dan pertahanan yang baik akan sulit ditembus oleh lawan.

Bermain Game COC
Contoh Desa Pada Game COC

Terdapat beberapa tips dasar dalam memainkan game COC yang dapat kamu coba, antara lain:

1. Letakkan Town Hall di Tengah Formasi

Town hall merupakan bangunan yang paling penting dalam game COC. Ketika menyerang, kamu akan diberi grade berdasarkan bintang.

  • Minimal 50% bangunan lawan hancur = Bintang 1
  • Hancurkan Town Hall lawan = Bintang 2
  • 100% bangunan lawan hancur = Bintang 3

Setidaknya dibutuhkan satu bintang untuk memenangkan permainan. Semakin banyak bintang yang diperoleh maka tropi dan bonus loot yang diperoleh akan semakin banyak.

Karena TH memiliki peran sangat penting, oleh karena itu letakkanlah TH di tengah-tengah formasi. Hal ini penting karena lawan akan kesulitan memperoleh bintang ketika menyerang.

2. Upgrade Troops & Defence Ketika Bermain COC

Bermain Game COC dengan Barbarian
Barbarian

Upgrade bangunan, pasukan dan spell sangatlah penting. Karena semakin tinggi levelnya maka damage dan efeknya akan semakin tinggi. Selain itu waktu membuat spell dan troop akan berkurang drastis.

Tetapi, setiap upgrade membutuhkan banyak modal dan waktu. Karenanya, kamu harus memiliki prioritas utama untuk melakukan upgrade ini.

3. Jangan Terburu-buru Upgrade Town Hall

Anda sebenarnya bisa menaikkan level TH dengan cepat namun hal ini tidak dianjurkan. Karena ketika TH naik level maka lawan yang akan dihadapi semakin sulit. Desa sendiri juga mudah dihancurkan jika tidak meningkatkan level pertahanan semaksimal mungkin dari awal.

Tentu terdapat keuntungan ketika level TH naik seperti bisa upgrade bangunan ke tahap lebih tinggi, memiliki bangunan baru dan lainnya. Tapi, pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan upgrade TH. Lebih baik upgrade TH menjadi prioritas terakhir setelah upgrade semua hal penting lainnya.

4. Ikut Clan dan Berparpisipasi Secara Aktif

Salah fitur yang paling menyenangkan ketika bermain game COC adalah bergabung dengan klan. Klan merupakan kelompok antar player yang memiliki tujuan dan keinginan yang sama. Kamu dapat bergabung dengan bebas atau membuat klan sendiri.

Menjadi bagian dari suatu klan memiliki kelebihan tersendiri. Contohnya saja kamu bisa sharing troop dan spell, ikut clan wars yang memiliki hadiah gold, elixir dan dark elixir yang sangat banyak.

Jadi, dengan mengikuti klan kamu bisa upgrade desa lebih cepat daripada bermain solo. Namun, menemukan klan yang cocok tidaklah mudah. Kamu bisa menjadi anggota bajing loncat sampai menemukan klan yang cocok.

5. Sumberdaya Ketika Bermain Game COC

Elixir dan Gold COC
Gold dan Elixir COC

Sumberdaya pada game ini adalah gold, elixir dan dark elixir. Ketiganya sangat berguna untuk membuat bangunan ataupun untuk upgrade troop, hero serta spell.

Kamu akan dibekali bangunan untuk memperoleh sumberdaya ini. Semakin tinggi levelnya maka jumlah yang diperoleh dan ditampung akan semakin banyak.

Selain itu, kamu juga butuh bangunan penyimpanannya. Bangunan ini usahakan berada di tengah formasi bangunan dan lengkapi dengan berbagai jebakan agar tidak mudah dicuri oleh musuh.

Baca juga : 5 macam cit point blank terbaru

Mengenal Heroes Saat Bermain Game COC

hero coc 2
4 Heroes Clash of Clans

Bermain game COC akan semakin menyenangkan jika kamu berhasil membuat karakter hero yang ada. Saat ini terdapat 4 hero yaitu Barbarian King, Archer Queen, Arc Warden dan Royal Champion. Sedangkan Battle Machine hanya dapat dimainkan pada mode lainnya.

Setiap hero punya special skill tersendiri, karena itu gunakanlah dengan bijak. Memperoleh hero ini juga tidaklah mudah, karena baru bisa dibuat pada TH level tertentu.

Kamu dapat menyerang desa dengan menggunakan kombinasi hero dan troop yang ada. Troop yang menyerang bisa dari darat ataupun udara. Perlu diperhatikan juga bahwa setiap troop punya karakteristik tersendiri seperti goblin yang akan mendahulukan mencuri sumberdaya atau naga yang menyerang dari udara.

Setiap troop dilatih dan upgrade dengan menggunakan elixir, sedangkan beberapa troop menggunakan dark elixir. Upgrade special troop dan hero sangatlah sulit dilakukan. Karena proses upgrade menggunakan dark elixir yang sulit diperoleh.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika akan bermain game COC. Nah, dengan mengetahui hal tersebut kamu dapat memainkan game ini lebih biak dari sebelumnya.