Apa itu Video Marketing - Manfaat dan Cara terbaik Melakukannya

Apa itu Video Marketing? Manfaat dan Cara terbaik Melakukannya

Dalam strategi bisnis online, video marketing menjadi salah satu alat paling efektif saat ini. Apalagi sejak kecepatan akses internet menjadi semakin baik. Orang-orang bahkan cenderung lebih menyukai menonton video dalam menyerap informasi. Karena, ini memang paling memudahkan. Pertanyaannya, apa itu video marketing? Mengapa ini penting?

Video marketing adalah alat untuk menjangkau calon pelanggan menggunakan media berbentuk video.Ini merupakan bagian dari strategi internet marketing yang pernah dibahas sebelumnya.

Baca tulisan sebelumnya:

Definisi Pemasaran Video

Jika sebuah foto saja bisa bernilai ribuan kata, lalu berapa hebat harga dari sebuah video? Itulah dasar video marketing. Sebuah strategi pemasaran berwawasan visioner yang mengintegrasikan video kreatif dalam upaya ke dalam upaya pemasaran bisnis Anda.

Video marketing dapat digunakan untuk apa saja, mulai dari membangun hubungan pada pelanggan, hingga mempromosikan brand, layanan, atau produk bisnis Anda.

Selain itu, video marketing dapat berfungsi sebagai media untuk mempresentasikan bagaimana caranya, mempromosikan review pelanggan, acara streaming atau siaran langsung, dan mengirimkan konten viral (menarik animo publik).

Apa itu Video Marketing dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara umum, cara kerja video marketing cukup sederhana: Anda membuat video yang, dengan cara tertentu, mempromosikan perusahaan atau bisnis Anda, mendorong terjadinya penjualan, meningkatkan kesadaran/animo publik terhadap produk atau jasa Anda, atau membuat calon pelanggan Anda tertarik untuk tahu banyak tentang Anda.

Dalam praktiknya, ini menjadi sedikit lebih rumit. Seperti banyak strategi pemasaran jenis lain, Video marketing haruslah didorong oleh pemahaman dan data, jadi Anda harus mampu memantau berbagai metrik dan melacak kecendrungan calon pelanggan atau target market Anda.

Untuk mengembangkan strategi Video Marketing, ini adalah hal-hal yang penting untuk dipersiapkan:

  • Alokasi sumber daya. Anda harus mengeluarkan anggaran untuk produksi video – setidaknya, dalam menyediakan peralatan yang layak, perangkat lunak pengeditan yang baik, dan mentor atau konsultan video marketing (atau, membentuk tim, ini lebih baik) – dan hal utama waktu untuk membuatnya.
  • Membuat cerita. Bercerita tidak pernah sepenting dalam video, jadi dapatkan ide dari berbagai hal: Cerita apa yang ingin Anda sampaikan? Cari tahu bagaimana Anda dapat menyampaikannya dengan baik?
  • Engage. Tidak cukup jika hanya membuat menceritakan tentang kisah Anda; Anda sebaiknya melibatkan audiens saat melakukannya. Bagaimana cara membuat cerita menjadi menarik? Apa yang memungkinkan Anda dapat mengaitkan audiens dalam hal ini?
  • Tetap singkat. Tidak ada batasan durasi yang ditetapkan untuk Video Marketing (meskipun mungkin ada rekomendasi), tetapi aturan umumnya video yang lebih pendek menjadi lebih baik. Kejam dalam cara pengeditan. Potong, potong, potong semua benda asing yang tidak penting. Rentang perhatian untuk fokus tampilan video bikin lebih kecil, jadi manfaatkan apa yang Anda dapatkan lakukan.
  • Publikasi. Publikasikan video Anda jauh melalui berbagai media yang memungkin untuk ditonton orang – posting juga di situs web Anda, unggah ke YouTube, dan di semua saluran media sosial. Kemudian, dorong melalui promosi, promosi, promosi.
  • Analisa. Lacak metrik dan statistik video Anda. Jika Anda memproduksi beberapa Video ini akan membuat Anda dapat melihat video mana yang berkonstribusi paling baik – dan mengapa.

Contoh Video Marketing

Video marketing ada di jagad Internet. Internet dengan kecepatan yang bagus ini telah memungkinkan Video Marketing dapat dilakukan dengan baik. Lihatlah beberapa merek favorit Anda, Facebook Anda, beranda YouTube, di halaman penelusuran Google dan inilah dia: Video Marketing sukses telah menemukan jalannya untuk tampil mempesona dihadapan Anda.

Lalu renungkan… Berapa banyak Anda telah menghabiskan uang untuk berbelanja karena terpengaruh oleh Video Marketing itu.

Ingin melihat beberapa hasil video terbaik dalam strategi pemasaran saat ini? Lihatlah daftar contoh Video Marketing yang hebat berikut ini. Seperti diantaranya;

Manfaat Video Marketing

Contoh Video Marketing yang baru dibahas di atas mungkin mulai dapat memberi gambaran tentang apa itu Video Marketing. Jika dilakukan ini pasti memberi dampak yang positif. Dan berikut ini adalah contoh kecil dari manfaat video marketing.

Mari kita lihat contoh yang mudah diukur melalui: statistik, angka, dan data – ini:

  • Video sangat efektif membantu Anda terhubung dengan audiens. Saat ini, begitu banyak upaya/strategi marketing perusahaan dirancang. Khususnya untuk membantu membangun kepercayaan publik. Video adalah jembatan yang sangat strategi untuk melakukan itu. Video marketing dapat menghubungkan apa yang Anda ingin sampaikan, dimana memungkinkan calon pelanggan mengintip di balik tirai dan mulai mengenal produk atau jasa Anda.
  • Video merupakan tambang emas untuk upaya SEO, membantu membangun backlink berkualitas ke untuk situs Anda, meningkatkan potensi suka dan mendorong orang-orang untuk berbagi kembali (ini dapat memengaruhi peringkat pencarian), dan jelas dapat pula mengarahkan traffic ke situs Anda. Dan jangan lupa bahwa, YouTube milik Google, jadi pastikan untuk mengirim video Anda ke Youtube dan buat tag, tag, tag dalam bentuk kata kunci / frase keyword utama situs bisnis Anda!
  • Video mampu meningkatkan retensi informasi. Jika calon pelanggan Anda hanya mendengar sesuatu, maka informasi itu cenderung bertahan sekitar 10% pada tiga hari kemudian; sebaliknya, jika apa yang mereka dengar disertai dengan citra visual yang relevan, mereka akan mempertahankan informasi yang diserap rata-rata 65% pada tiga hari kemudian.
  • Pada 2017, konten video hampir mendominasi lalu lintas online. Diperkirakan mendapai 74%. Calon pelanggan Anda suka video. Itu berarti Video Marketing yang baik dapat menarik pengunjung baru.
  • Baris subjek email yang menyertakan kata “video” terus mengalami peningkatan hingga 19% dalam tingkat terbuka, dan 65% peningkatan klik-tayang.
  • Empat kali lebih banyak calon pelanggan suka menonton video review produk, daripada membaca konten artikel deskripsi produk.
  • Apakah kamu suka dengan uang? Lihat Video Neil Patel berikut ini: pelanggan 64-85% lebih mungkin melakukan pembelian. Lalu pertimbangkanlah..

Tantangan Video Marketing

Ini adalah masalah umum dalam hal apa pun, biaya adalah tantangan paling serius bagi video marketing. Seperti:Biaya pembelian peralatan, penydiaan perangkat lunak untuk pengeditan dan, dari perspektif pengguna akhir, biaya data untuk publikasi video online.

Saat ini, sebagian besar tantangan itu ada dalam pikiran ANda. Memang, Anda membutuhkan biaya untuk memberi peralatan bagus, hingga perangkat lunak untuk editing video. Dan platform pengiriman Video lebih terjangkau daripada sebelumnya. Tapi, tetap tidak gratis. Anda juga membutuhkan tim marketing berpengalaman dalam video. Itu lah bentuk hambatan dalam kepala Anda.

Disisi lain, fakta dilapangan, bukankah Anda melihat banyak bocah-bocah bermodal handphone ala kadarnya lalu membuat video dan bisa viral. Beberapa kemudian melangkah menjadi youtuber dan mendapat penghasilan dari sana. Itu dari Video yang mereka buat.

Jika ingin beralasan, maka tantangan terbesar dalam dunia Video Marketing yakni lebih pada ide. Yakni bagaimana membangun strategi Video Marketing yang solid dan efektif. Gagasan tentang cara membuat konten video yang ingin dikonsumsi banyak orang. Selanjutnya, cara bagaimana membuat video yang menarik untuk dibagikan dan bisa viral.

Sisanya, konten video marketing harus memiliki pemahaman yang kuat tentang metrik berbasis data. Dan bagaimana video tersebut mampu menjadi pesan yang kuat sekaligus membangun citra positif bisnis Anda.

Cara Terbaik Membuat Konten Video Marketing

Ketika Anda yakin bisa lolos dari tantangan tersebut diatas, maka kita memasuki tahap tentang cara terbaik membuat konten video marketing.

Ini memang tidak mudah! Tapi bukan berarti tidak bisa. Hal utama yang diperlukan adalah Anda memulai. Mulai merekam gambar video. Lalu mulai melakukan editing. Anda bisa memulai dari aplikasi editing video gratis yang bahkan dapat dilakukan menggunakan handphone.

Semuanya bermuara pada ide dan strategi: Jika Anda ingin video marketing itu berhasil. Dan itu bisa didapat melalui latihan-latihan dan latihan. Anda memulai, lalu belajar merencanakan, menguji, menganalisis, dan menguji lagi. Begitulah caranya.

Catatan penting; Tujuan video marketing anda adalah untuk menceritakan sebuah kisah dan melibatkan pelanggan, tetapi, dari sudut pandang pemasaran, video Anda juga harus sejajar dengan saluran penjualan.

Apa tujuan dari setiap video? Siapa audiensnya? Bagaimana video dapat mencapai tujuan marketing Anda?

Pertanyaan tersebut diatas bisa menjadi dasar cara membuat konten video marketing Anda. Nanti proses dan pengalaman yang Anda dapat akan membuka mata Anda untuk hal yang lebih mendalam lagi. Kunci cuma memulai dan belajar melalui berbagai sumber.

Bukankah saat ini ada banyak video tutorial untuk membuat video di Youtube? Hohoho…

Demikian.. Semoga artikel tentang apa itu video marketing ini mampu memberi sedikit gambaran dan memicu kreativtias Anda.

Tinggalkan komentar